Ada berbagai manfaat baking soda, mulai dari menjaga kesehatan mulut hingga membersihkan lapisan pestisida pada sayur dan buah. Agar sisa baking soda di rumah Anda tidak terbuang sia-sia, yuk, ketahui apa saja manfaatnya!

Baking soda atau natrium bikarbonat sering kali digunakan untuk membuat adonan kue mengembang dengan cara menghasilkan karbondioksida. Namun, tahukah Anda? Manfaat baking soda tak hanya itu, melainkan juga bisa digunakan untuk mendukung kesehatan.

5 Manfaat Baking Soda yang Jarang Diketahui - Alodokter

Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan dan Kebersihan

Berikut adalah beragam manfaat baking soda yang perlu Anda ketahui:

1. Menjaga kesehatan mulut

Berkumur dengan setengah sendok teh baking soda yang dicampur dengan setengah gelas air hangat diketahui dapat membantu menyegarkan napas. Selain itu, pasta gigi yang mengandung baking soda juga diyakini dapat membantu memutihkan gigi serta melindungi gigi dan gusi dari kerusakan.

Hal ini berkat kandungan baking soda yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya.

2. Meredakan asam lambung

Manfaat baking soda selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi rasa panas di dada akibat asam lambung. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dingin dan minumlah secara perlahan.

3. Meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga

Baking soda dipercaya dapat membantu meredakan gatal akibat sengatan serangga. Anda bisa membuat salep baking soda sendiri dengan mencampurkan baking soda ke dalam air, kemudian aduk hingga merata dan oleskan pada area kulit yang digigit serangga.

4. Mencegah dan mengatasi keracunan jengkol

Beberapa penelitian menemukan bahwa pemberian baking soda diketahui dapat mengatasi keracunan jengkol dengan membantu meningkatkan proses pembuangan asam jengkolat. Namun, manfaat baking soda yang satu ini masih membutuhkan lebih banyak penelitian.

5. Membersihkan pestisida pada sayur dan buah

Selain bermanfaat untuk tubuh, Anda dapat menggunakan baking soda sebagai pembersih yang efektif, misalnya untuk menghilangkan lapisan pestisida pada sayur dan buah. Caranya, Anda bisa merendam sayur dan buah dalam larutan soda kue dan air selama sekitar 12–15 menit.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mendapatkan Manfaat Baking Soda

Meski memiliki banyak manfaat, baking soda tidak boleh digunakan secara sembarangan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan baking soda:

  • Hindari menggunakan baking soda pada gigi dalam waktu yang lama. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan erosi pada enamel gigi.
  • Hindari mengonsumsi baking soda setidaknya 2 jam setelah minum obat, sebab bahan ini dapat mengurangi kemampuan tubuh menyerap beberapa jenis obat.
  • Jangan gunakan baking soda lebih dari 2 minggu, kecuali atas anjuran dokter.
  • Jangan berikan baking soda pada anak di bawah usia 6 tahun, kecuali atas saran dokter.

Agar bisa mendapatkan manfaat baking soda dengan aman dan maksimal, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, apalagi jika Anda sedang menjalani perawatan medis tertentu.