Tak hanya dalam bidang kuliner, manfaat soda kue untuk kesehatan pun beragam. Selain itu, soda kue mudah diperoleh dan harganya juga terjangkau, sehingga Anda dapat dengan mudah memanfaatkannya. Ketahui apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari soda kue.  

Soda kue atau dikenal juga dengan nama natrium bikarbonat merupakan bahan pengembang yang sering digunakan dalam proses pembuatan kue.

6 Manfaat Soda Kue untuk Kesehatan - Alodokter

Selain itu, soda kue juga telah lama dikenal manfaatnya untuk kesehatan, yaitu meredakan asam lambung. Ini karena kandungan zat basa pada soda kue cepat bereaksi terhadap asam lain di sekitarnya. Sifat basa tersebut juga dapat memberikan manfaat lain bagi kesehatan.

Manfaat Soda Kue untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ada beberapa manfaat soda kue untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh, yaitu:

1. Membersihkan plak gigi

Plak gigi tampak seperti lapisan licin dan tipis berwarna kuning atau putih yang terdapat di antara gigi atau di sepanjang batas gusi pada gigi. Sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan soda kue saat menyikat gigi dapat membersihkan plak dan mencegah radang gusi akibat plak gigi.

Sifat abrasif pada soda kue bermanfaat untuk mengikis plak, sedangkan sifat antibakteri dan antimikroba di dalamnya dapat digunakan untuk melawan bakteri penyebab masalah pada gigi dan mulut.

Untuk menghilangkan plak pada gigi, Anda bisa menaburkan sedikit soda kue pada pasta gigi sebelum menggosok gigi.

2. Sebagai alternatif obat kumur

Setelah menyikat gigi, Anda dianjurkan untuk berkumur dengan obat kumur. Obat kumur dapat menjangkau sudut mulut dan sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Nah, soda kue dapat Anda gunakan sebagai alternatif obat kumur. Penelitian menunjukkan bahwa soda kue dapat menghilangkan sisa makanan di sela gigi dan menyegarkan napas.

Meski demikian, penelitian lain mengemukakan bahwa soda kue tidak secara signifikan menurunkan kadar bakteri dalam mulut, tetapi meningkatkan pH saliva yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Untuk mendapatkan manfaat ini, larutkan 1/2 sendok teh soda kue ke dalam setengah gelas air hangat, lalu berkumur setidaknya selama 10–15 detik.

3. Menghalau bau badan

Tahukah Anda keringat sebenarnya tidak berbau? Bau badan dihasilkan dari keringat yang bercampur dengan bakteri. Bakteri ini kemudian mengubah keringat menjadi asam. Karena sifatnya yang basa, soda kue dapat dimanfaatkan untuk menetralkan bau badan.

4. Meredakan gatal akibat gigitan serangga

Soda kue dapat digunakan untuk meredakan gatal akibat gigitan serangga dan sengatan lebah. Anda hanya perlu mencampurkan soda kue dengan sedikit air, kemudian oleskan ke area tubuh yang gatal.

5. Mengatasi jerawat

Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa mencampurkan 2 sendok teh soda kue dan sedikit air. Oleskan larutan tersebut hanya pada area yang berjerawat, lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih dan oleskan pelembap.

Mengoleskan soda kue ke seluruh wajah tidak dianjurkan, karena justru dapat menghilangkan lapisan minyak alami yang berfungsi untuk melindungi kulit.

6. Mengatasi jamur di kuku dan kaki

Jamur biasanya tumbuh di area tubuh yang tingkat pH-nya asam. Misalnya, pada kaki yang berkeringat setelah memakai sepatu seharian.

Merendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan soda kue dapat mencegah pertumbuhan jamur. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kuku kaki yang menguning akibat infeksi jamur.

Selain itu, soda kue juga kerap digunakan untuk menghaluskan rambut, pembersih wajah, atau sebagai scrub untuk menghaluskan kulit. Namun, belum ada bukti ilmiah mengenai manfaat soda kue untuk hal tersebut.

Sebaliknya, Anda justru tidak disarankan menggunakannya secara rutin dan dalam jumlah banyak pada kulit maupun rambut, sebab soda kue dapat membuat kulit kering, kemerahan, dan iritasi, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh manfaat soda kue atau ingin menggunakan soda kue untuk mengobati kondisi tertentu, konsultasikan ke dokter guna memastikan keamanannya.