Cara Mengurangi Minus Mata dengan Operasi

Mata minus merupakan gangguan penglihatan yang dapat menyebabkan aktivitas terganggu. Ternyata terdapat cara untuk mengurangi minus mata sehingga tidak tergantung pada alat bantu.

Penggunaan kacamata ataupun lensa kontak hanya dapat membantu memperbaiki penglihatan pada pengidap mata minus, tapi tidak mengobati minus pada mata. Pil dan vitamin tertentu terkadang direkomendasikan sebagai cara mengurangi minus mata. Tetapi, belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas produk-produk ini.

mengurangi rabun jauh-alodokter

Akhirnya, operasi yang dilakukan dengan mengubah bentuk kornea sering dipilih untuk mengurangi minus mata. Di bawah ini adalah operasi sebagai cara mengurangi minus mata yang paling umum.

  • LASIK (laser-assisted in-situ keratomileusis): prosedur ini dilakukan dokter mata dengan memotong lapisan pada kornea dengan laser tanpa panas. Untuk memperbaiki kualitas penglihatan, dokter akan mengangkat lapisan dari tengah kornea untuk kemudian diubah bentuknya.
  • LASEK (laser-assisted subepithelial keratectomy): prosedur ini menyerupai LASIK namun dilakukan oleh dokter hanya pada bagian luar kornea atau epitelium.
  • LTK (laser thermal keratoplasty): LTK merupakan tindakan untuk memperbaiki penglihatan tanpa melakukan sayatan pada mata. Prosedur yang hanya dapat diterapkan pada pasien dengan minus mata ringan ini dilakukan dengan memfokuskan lingkaran kecil sinar laser di sekitar tepi luar kornea. Sinar laser ini kemudian menyasar pusat kornea sehingga membentuk kubah yang kemudian diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penglihatan pasien. Selain itu, karena mata minus umumnya bertambah seiring usia, maka LTK mungkin perlu diulang tiap beberapa tahun sekali. Meski demikian, prosedur yang hanya memerlukan beberapa menit ini tidak akan mengembalikan penglihatan pasien seperti semula, tapi hanya akan mengurangi ketergantungan pasien pada kacamata.
  • PRK (Photorefractive keratectomy) adalah prosedur yang menyerupai LASEK dengan membentuk ulang kornea tanpa mengangkat epitelium. Setelah menjalani prosedur, pasien perlu mengenakan perban lensa kontak selama beberapa hari.
  • CK (conductive keratoplasty) dijalankan menggunakan energi frekuensi radio untuk memanaskan titik-titik panas di sekeliling kornea, sehingga mengubah kelengkungan kornea. Hasil dari prosedur ini tidak bersifat permanen.

Namun seperti halnya prosedur medis lain, operasi-operasi di atas juga dapat membawa komplikasi seperti berikut: mata kering, infeksi, luka pada kornea, gangguan penglihatan seperti efek di sekitar cahaya terang, hingga hasil yang belum sesuai harapan atau justru lebih dari yang dibutuhkan. Pada kasus yang sangat jarang, prosedur perbaikan penglihatan juga dapat menyebabkan hilangnya penglihatan. Pastikan Anda mengetahui dan mendiskusikan informasi-informasi ini kepada dokter, sebelum menjalani prosedur.

Daripada mengobati, tentu lebih baik jika melakukan pencegahan dengan menjaga kesehatan mata. Jika mata Anda masih tergolong normal, mencegah mata minus atau mencegah minus mata bertambah parah dapat dilakukan dengan cara alami seperti:

  • Memeriksakan mata secara teratur serta kondisi kronis yang berhubungan dengan penglihatan, seperti diabetes dan hipertensi.
  • Istirahatkan mata secara teratur di sela pekerjaan Anda, terutama jika Anda berada di depan komputer sepanjang hari.
  • Pakai kacamata antisinar UV matahari untuk melindungi mata saat beraktivitas lama di luar ruangan.
  • Konsumsi makanan sehat dan segar, serta kaya buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan mata, terutama sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam ataupun buah-buahan berwarna cerah.
  • Gunakan pencahayaan yang baik untuk beraktivitas seperti membaca.
  • Hindari merokok.
  • Gunakan kacamata yang tepat untuk membantu penglihatan bila Anda sudah memerlukannya.

Tidak ada satu metode yang pasti tepat untuk semua orang. Selain itu, daripada mencari cara mengurangi mata minus, ada baiknya melakukan perubahan gaya hidup sehari-hari untuk menjaga agar kondisi mata tetap sehat.