Tak hanya wortel, ada beragam pilihan makanan yang mengandung vitamin untuk mata. Selain vitamin A, jenis makanan ini juga diketahui tinggi kandungan zinc, lutein, dan asam lemak omega-3, yang tentunya baik untuk kesehatan mata.

Mata memiliki fungsi yang begitu penting bagi manusia. Oleh karena itu, kesehatannya harus selalu dijaga dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin untuk mata.

6 Jenis Makanan Kaya Vitamin untuk Mata - Alodokter

Dengan memenuhi asupan vitaminnya, mata dapat menjalankan fungsinya secara optimal serta terlindungi dari berbagai kerusakan dan risiko penyakit mata terkait usia, seperti katarak, degenerasi makula, dan glaukoma.

Beragam Makanan yang Mengandung Vitamin untuk Mata

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung beragam nutrisi dan vitamin untuk mata, di antaranya:

1. Ubi jalar

Sama seperti wortel, sayur dan buah yang berwarna jingga atau kuning seperti ubi jalar, juga memiliki banyak kandungan beta karoten. Senyawa alami ini bermanfaat untuk mendukung kemampuan melihat di malam hari dan saat pencahayaan redup.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Anda bisa mengonsumsi ubi jalar dengan cara direbus atau dipanggang sebagai camilan sehat.

2. Sayuran hijau

Berbagai jenis sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, sawi, dan kale, mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk mata. Sayuran tersebut juga diketahui mengandung lutein dan zeaxanthin yang berperan sebagai antioksidan.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa nutrisi tersebut penting untuk melindungi sel-sel mata dari paparan radikal bebas penyebab berbagai penyakit mata, seperti degenerasiĀ makula.

3. Ikan

Beragam jenis ikan laut, seperti ikan tuna, salmon, dan tongkol, juga termasuk makanan yang kaya akan vitamin untuk mata. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang berperan dalam meningkatkan fungsi penglihatan dan kesehatan retina mata serta mencegah mata kering.

4. Jeruk dan stroberi

Jeruk dan stroberi kaya akan kandungan vitamin C yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin ini diketahui mampu mengurangi bahaya oksidasi yang dapat meningkatkan risiko terkena degenerasi makula dan katarak.

Guna mengurangi risiko tersebut, Anda bisa mulai rutin mengonsumsi buah-buahan ini, baik secara langsung maupun sebagai campuran salad buah.

5. Kacang almond

Kacang almond merupakan sumber vitamin E yang baik bagi tubuh. Sama halnya seperti vitamin C, kandungan vitamin E dapat memperlambat degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Selain kacang almond, jenis kacang-kacangan dan biji-bijian lain juga kaya akan vitamin E, misalnya biji bunga matahari, kacang tanah, dan hazelnut.

6. Telur

Telur, terutama bagian kuningnya, juga mengandung nutrisi yang baik untuk mata, seperti vitamin A, zinc, lutein, dan zeaxanthin. Semua nutrisi tersebut bermanfaat untuk melindungi kornea mata, meningkatkan kesehatan retina mata, dan menurunkan risiko penyakit mata akibat penuaan.

Cara sederhana untuk mendapatkan manfaat telur adalah dengan merebusnya dan memasukkannya ke dalam menu makanan harian sebagai lauk.

Tak cukup hanya memenuhi asupan vitamin untuk mata, ada beberapa hal yang juga dapat Anda lakukan guna menjaga kesehatanĀ mata, yaitu menggunakan kacamata hitam saat di luar ruangan, menghentikan kebiasaan merokok, dan membatasi waktu di depan layar komputer atau gadget.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk memeriksakan kondisi mata secara rutin ke dokter setidaknya 1 atau 2 tahun sekali. Dengan begitu, penyakit mata pun bisa terdeteksi sejak dini. Selain penanganan yang tepat, dokter juga dapat memberikan anjuran vitamin untuk mata sesuai kebutuhan Anda.