Tak hanya rasanya yang lezat, manfaat kacang almond bagi kesehatan juga tidak main-main. Kacang yang kerap dijadikan camilan ini dikenal baik untuk menurunkan berat badan serta mencegah berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit jantung.

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang pohon yang mengandung banyak nutrisi dan rendah karbohidrat. Cara menikmati kacang almond pun beragam, mulai dari dipanggang, dijadikan taburan kue kering, atau diolah menjadi susu almond.

6 Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan - Alodokter

Pengolahan dengan cara dipanggang sangat disarankan jika Anda ingin mengonsumsi kacang almond sebagai camilan sehat. Karena bisa dikonsumsi tanpa tambahan garam, kacang almond baik dan aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Kandungan Nutrisi Kacang Almond

Di dalam 100 gram kacang almond panggang, mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 20 gram protein
  • 16 gram karbohidrat
  • 11 gram serat
  • 258 miligram magnesium
  • 456 miligram fosfor
  • 684 miligram kalium
  • 19 miligram vitamin E

Kacang almond juga kaya akan lemak sehat dan antioksidan serta memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan jenis kacang lainnya.

Berbagai Manfaat Kacang Almond

Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, ada beberapa manfaat kacang almond bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan risiko penyakit kanker

Kandungan antioksidan di dalam kacang almond dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kanker, seperti kanker usus besar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi kacang almond dapat mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh, yang menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker.

Namun, penelitian klinis lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung fakta terkait manfaat tersebut.

2. Mengelola kadar kolesterol darah

Manfaat kacang almond yang satu ini dapat diperoleh karena kacang almond kaya akan vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang mampu melindungi sel darah dari kerusakan sekaligus mencegah penyumbatan arteri akibat kolesterol.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa konsumsi kacang almond dapat mempertahankan kadar kolesterol baik atau HDL dan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

3. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan magnesium yang tinggi dalam kacang almond diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kacang almond tampak mengalami penurunan tekanan darah.

4. Mencegah penyakit jantung

Almond merupakan salah satu jenis kacang yang dapat meningkatkan lemak baik dalam tubuh dan baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang almond dengan pola makan tertentu, mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

5. Mengendalikan kadar gula darah

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kacang almond memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal ini menjadikan kacang almond baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2, karena tidak menyebabkan lonjakan gula dalam darah.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi kacang almond, dapat memiliki kadar gula darah yang lebih terkontrol.

6. Menurunkan berat badan

Meskipun kalori pada kacang almond cukup tinggi, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang almond dalam jumlah maksimal 100 gram tidak menyebabkan peningkatan berat badan.

Kandungan serat yang tinggi di dalam kacang almond juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi nafsu makan dan tentunya menurunkan berat badan. Selain itu, mengonsumsi almond secara rutin juga dapat mengurangi lemak perut.

Meski demikian, jangan hanya mengandalkan kacang almond untuk menurunkan berat badan. Terapkan pula pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara rutin.

Risiko Alergi Kacang Almond yang Perlu Diwaspadai

Meski banyak manfaat kacang almond yang bisa diperoleh, Anda tetap harus waspada terhadap risiko terjadinya alergi. Jika Anda memiliki riwayat alergi kacang almond atau kacang pohon lainnya, seperti mete dan walnut, hindari setiap jenis makanan yang mengandung kacang tersebut.

Reaksi alergi yang timbul sangat beragam, mulai dari gatal-gatal, ruam, dan pembengkakan di bagian tubuh tertentu, hingga gejala yang lebih parah, seperti sesak napas atau penyumbatan jalan napas akibat pembengkakan karena reaksi alergi.

Meski jarang, alergi juga dapat menimbulkan reaksi berbahaya yang dapat mengancam nyawa, yaitu syok anafilaktik.

Bila tidak memiliki alergi kacang almond, Anda dapat mengonsumsinya sebagai sumber gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Meski demikian, batasi konsumsi kacang almond sekitar 28 gram atau segenggam per hari. Selain itu, hindari konsumsi kacang almond mentah karena berisiko menimbulkan keracunan.

Manfaat kacang almond bagi kesehatan sangatlah beragam. Namun, Anda juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Untuk mengetahui porsi kacang almond yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, berkonsultasilah dengan dokter. Dengan demikian, manfaat kacang almond yang dapat Anda peroleh akan maksimal dan risiko efek sampingnya minimal.