Tak hanya lezat dan menyegarkan, manfaat buah stroberi ternyata tidaklah sedikit. Beragam kandungan nutrisi yang ada di dalam buah berwarna merah ini baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga mencegah kanker.

Stroberi merupakan salah satu jenis buah beri yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini berwarna merah terang dan memiliki perpaduan rasa manis dan asam. Selain dikonsumsi secara langsung, buah stroberi juga dapat diolah menjadi berbagai jenis produk makanan, seperti selai, sirop, dan kue.

7 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan yang Sayang bila Dilewatkan - Alodokter

Kandungan Nutrisi dalam Stroberi

Di dalam 100 gram stroberi, terkandung sekitar 32 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

Tak hanya itu, stroberi juga mengandung magnesium, kalium, zat besi, dan beragam jenis antioksidan, seperti antosianin dan ellagitannins.

Manfaat Stroberi untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, ada beberapa manfaat stroberi yang dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin, yaitu:

1. Menyehatkan saluran cerna

Stroberi merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan serat prebiotik. Kandungan serat ini diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan menyehatkan saluran cerna.

Tak hanya itu, stroberi juga mengandung antosianin, salah satu jenis antioksidan yang mampu mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar.

2. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Tak hanya menyehatkan saluran pencernaan, kandungan serat di dalam stroberi juga mampu mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol serta mencegah penyempitan pembuluh darah.

Hal ini didukung oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi stroberi secara rutin selama 3 minggu mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (HDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh (LDL).

3. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah stroberi bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Ini berkat kandungan kalium, flavonoid, dan polifenol di dalam stroberi yang mampu menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, buah ini baik dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi.

4. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat stroberi selanjutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena stroberi memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak memicu peningkatan kadar gula darah secara drastis. Berkat manfaatnya tersebut, buah stroberi aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

5. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, stroberi mampu menjaga tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan mengontrol kadar gula darah tetap stabil.

Kombinasi ini menjadikan stroberi bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

6. Menangkal efek radikal bebas

Stroberi merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan ini memiliki peran penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas, yang dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif.

Kandungan antioksidan dalam stroberi juga bermanfaat untuk meredakan peradangan serta menjaga kesehatan kulit dan tulang.

7. Menurunkan berat badan

Stroberi dapat menjadi salah satu pilihan makanan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Hal ini karena stroberi rendah kalori dan mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi Anda saat menjalani diet.

Tak hanya itu, stroberi juga tinggi serat yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk ngemil atau makan berlebih pun akan berkurang.

Namun, tak hanya dengan mengonsumsi stroberi, Anda juga perlu berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari serta menghindari konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak untuk menjaga atau menurunkan berat badan.

Meski manfaat stroberi cukup banyak, Anda tetap perlu memperhatikan kebersihan dan cara mengolahnya. Pilihlan stroberi yang kondisinya baik dan terlihat segar. Jangan lupa juga untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Anda dapat mengonsumsi stroberi secara langsung, mengolahnya menjadi jus, atau mencampurnya dengan salad buah. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan berprotein tinggi.

Jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai manfaat stroberi atau jumlah konsumsi yang sesuai kondisi tubuh Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.