Ini Manfaat Udang Sesuai Kandungan Nutrisinya

Udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang penuh kandungan nutrisi. Setidaknya ada 4 jenis nutrisi sebagai manfaat udang untuk kesehatan.

Umumnya, udang dikonsumsi dengan menghilangkan cangkang, kepala, ekor, dan pembuluh darah hitam yang berada di punggungnya. Udang dapat disajikan dengan digoreng, dikukus, dibakar ataupun dijadikan salad dan bahan dasar makanan lain.

ini manfaat udang sesuai kandungan nutrisinya - alodokter

Tidak sedikit kandungan nutrisi yang terdapat di dalam udang seperti protein, kalsium, yodium, dan asam lemak omega 3. Kandungan merkuri yang berisiko pada udang juga tergolong rendah, jika dibandingkan dengan makanan laut lainnya.

Manfaat udang dengan kandungan nutrisi tersebut antara lain:

  • Protein untuk membentuk sel tubuh

Protein merupakan komponen yang diperlukan untuk membentuk sel tubuh. Selain itu, manfaat protein juga  untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim, hormon, dan zat kimiawi tubuh lainnya. Protein tidak disimpan tubuh, sehingga asupan protein sangat penting setiap hari.

Jumlah protein yang dibutuhkan berbeda-beda. Untuk remaja pria dan pria dewasa yang aktif, umumnya dibutuhkan sajian protein hampir  200 gram sehari dibagi tiga sajian. Sementara itu, remaja wanita, wanita aktif dan kebanyakan pria butuh dua kali sajian per hari, total berjumlah 170 gram. Sedangkan anak-anak, kebanyakan wanita dewasa dan umumnya lansia hanya memerlukan dua kali sajian protein per hari sebanyak 140 gram.

  • Kalsium untuk tulang, gigi dan kinerja tubuh lain

Kalsium disebut sangat penting untuk tulang dan gigi, namun sebenarnya fungsi kalsium masih banyak lagi. Kalsium akan memengaruhi kinerja otot, hormon, fungsi saraf, dan kemampuan pembekuan darah. Beberapa penelitian juga menyebutkan manfaat kalsium dalam membantu mengatasi kondisi tekanan darah tinggi, sindrom pramenstruasi, dan kenaikan berat badan.

Meski tulang tampak keras, namun sebenarnya tulang termasuk jaringan hidup yang senantiasa berganti. Tulang yang baru akan dibentuk untuk menggantikan tulang yang sebelumnya. Asupan kalsium yang dibutuhkan setiap hari yaitu sekitar 1000-1300 miligram untuk memenuhi kebutuhan tubuh usia 9 tahun ke atas, kecuali remaja wanita usia 9 hingga 18 tahun perlu sekitar 814 miligram sehari. Kekurangan asupan tersebut dapat membuat tubuh mengambil cadangan kalsium, namun dapat menimbulkan efek tulang yang lebih rapuh dan lemah.

  • Yodium untuk mendukung produksi hormon

Yodium merupakan salah satu elemen kimiawi yang dibutuhkan tubuh, namun harus diperoleh dari asupan makanan. Meski sedikit, namun peran yodium sangat penting, terutama untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon. Kekurangan yodium dapat memicu penyakit gondok, ketidaksuburan, penyakit autoimun, dan meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Sumber utama yodium kini banyak diperoleh dari garam. Selain itu, rumput laut dan manfaat udang dapat dikonsumsi untuk memperoleh asupan yodium.

  • Asam lemak omega-3 untuk menekan risiko sakit jantung

Secara umum, kadar asam lemak omega-3 pada udang yang tinggi itu menguntungkan, karena diperkirakan dapat membantu menurunkan risiko sakit jantung dengan cara menekan kadar trigliserida. Selain itu, asam lemak ini juga berpotensi mencegah radang sendi, depresi, Alzheimer, asma, serta mendukung perkembangan bayi.

Meski demikian, kandungan kolesterol dalam udang tergolong tinggi, yaitu bisa mencapai 250 miligram tiap 100 gram udang. Untuk penderita kolesterol tinggi, dianjurkan untuk mengonsultasikan dengan dokter atau ahli nutrisi untuk porsi yang tepat agar tidak berefek buruk. Selain itu, konsumsi udang berpotensi menimbulkan reaksi alergi bagi sebagian orang.

Manfaat udang dengan kandungan nutrisinya yang tinggi sangat baik dalam mendukung kesehatan. Tetap perhatikan porsi dan kondisi kesehatan saat mengonsumsinya.