Kelapa, Buah Multiguna yang Berisikan Air Penuh Manfaat

Air kelapa biasa dimanfaatkan sebagai minuman alami yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang, terutama setelah olahraga dan pada masa pemulihan setelah sakit. Selain itu, air kelapa juga dijadikan minuman ringan di saat santai sebagai pelepas dahaga yang menyehatkan.

Sebenarnya, hanya sedikit bukti ilmiah yang menyatakan bahwa air kelapa bermanfaat bagi kesehatan. Namun, tidak ada salahnya menilik lebih jauh nutrisi-nutrisi yang terkandung pada air kelapa ini.

kelapa - alodokter

Konon, air kelapa dianggap mirip dengan plasma darah sehingga pada Perang Dunia II, air ini digunakan sebagai cairan yang dimasukkan langsung ke dalam tubuh melalui infus sebagai pengganti darurat ketika tidak ada cairan saline. Saline adalah larutan yang biasa digunakan sebagai cairan infus. Namun, saat ini air kelapa sudah tidak digunakan sebagai pengganti saline lagi.

Apa Bedanya Air Kelapa dengan Jus Buah pada Umumnya?

Air kelapa kerap dianggap sama dengan jus buah, tetapi air yang didapat dari dalam buah kelapa ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan jus, antara lain:

  • Mengandung lebih banyak kalsium, magnesium, kalium, dan natrium.
  • Dalam satu porsi mengandung karbohidrat sama atau lebih rendah dibandingkan jus.
  • Memiliki kandungan kalori yang sama atau lebih rendah dibandingkan jus.
Air kelapa juga mengandung kadar gula yang pas sehingga cocok dijadikan sebagai minuman ringan, terutama yang tidak ingin mengonsumsi terlalu banyak gula. Kadar gula pada air kelapa lebih rendah dibandingkan dengan sebagian jus buah atau air soda. Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak elektrolit yang dibutuhkan tubuh.

Dengan kandungan-kandungan nutrisi tersebut, air kelapa dapat membantu meringankan berbagai gangguan kesehatan, misalnya kandungan elektrolit membantu meringankan gejala gastroenteritis (flu perut). Gejala-gejala flu perut yang dimaksud meliputi diare, mual, muntah, dan kram perut.

Bosan dengan Air Putih? Mari Coba Air Kelapa

Sebagian atlet kerap memanfaatkan air kelapa untuk mengganti cairan tubuh setelah pertandingan, bahkan sebelum pertandingan untuk menambah tenaga. Sebuah penelitian ada yang menyatakan bahwa air kelapa mungkin lebih baik dari air putih pengganti cairan tubuh.

Meskipun demikian, kembali lagi kepada individu masing-masing. Ada atlet yang lebih suka mengonsumsi air putih atau minuman olahraga karena rasanya yang lebih enak. Lagipula, air kelapa hanya dapat merehidrasi tubuh bila diminum dalam jumlah cukup banyak. Kebanyakan orang tidak mampu atau tidak terlalu menyukai minum air kelapa dalam jumlah banyak. Di samping itu, penelitian lain ada yang membuktikan bahwa minum air kelapa dalam jumlah banyak dapat menyebabkan perut terasa tidak nyaman, mual, dan kembung.

Jika Anda mengonsumsi 100 ml air kelapa berarti Anda telah mendapatkan asupan vitamin C sebanyak 2,4 mg, kalium 250 mg, kalsium 24 mg, folat 3 mcg, magnesium 25 mg, natrium105mg, fosfor 20 mg, dan zat besi 0,3 mg.

Meskipun memiliki banyak kebaikan, tetap tidak disarankan terlalu sering mengonsumsi air kelapa. Alasannya, minuman ini mengandung 60 kalori dari tiap 311 gram yang diminum. Jadi, jika Anda sering meminumnya dengan takaran terlalu banyak dalam satu hari, maka asupan kalori harian Anda bisa melebihi yang dibutuhkan.

Sebagian besar orang dewasa biasanya tidak berolahraga terlalu berat sehingga air putih biasa kemungkinan cukup untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat berolahraga. Namun bila Anda menyukai rasanya, air kelapa mengandung lebih banyak nutrisi dengan tingkat kalori yang rendah, menjadikannya sebagai minuman alami yang cocok ditambahkan ke dalam diet sehat Anda.