Kertas Minyak Saja Belum Cukup untuk Merawat Wajah Berminyak

Kertas minyak sebenarnya dapat digunakan untuk segala tujuan dan keperluan. Tetapi dalam keseharian, kertas minyak kerap dijadikan sahabat dalam menjaga penampilan, terutama bagi wanita dan pria dengan kulit wajah berminyak.

Kertas minyak berperan menyerap kelebihan minyak dari wajah. Beberapa produk kertas minyak dilengkapi dengan asam salisilat dan mineral untuk membantu mencegah terbentuknya komedo dan jerawat.

kertas minyak-alodokter

Secara alamiah, kulit memproduksi minyak untuk menjaga agar kulit tetap lembap dan bebas dari kotoran berlebih. Dalam kadar normal, minyak alami ini justru membantu membuat wajah agar tidak kering dan keriput. Tetapi produksi minyak yang berlebih pasti akan menyebabkan kulit wajah tampak mengkilap dan berminyak.

Produksi minyak alami yang juga dipengaruhi oleh cuaca, mood, dan hormon, ternyata memiliki tingkat yang berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Orang-orang dengan produksi minyak berlebih pada wajah membutuhkan perawatan ekstra pula.

Kepraktisan Kertas Minyak

Kertas minyak adalah salah satu produk yang menjadi teman bagi orang yang berwajah cenderung berminyak. Penggunaan kertas minyak dianggap lebih praktis karena dapat digunakan untuk menyerap kelebihan minyak tanpa perlu membersihkan wajah dahulu. Tinggal ambil selembar kertas minyak dan tekan pada bagian-bagian wajah yang paling sering berminyak, seperti pada area kening, hidung, dan dagu. Keuntungan lain adalah kertas minyak tidak menyebabkan kulit menjadi terlalu kering. Beberapa jenis produk kertas minyak juga dilengkapi dengan bedak sehingga menjadikannya lebih praktis.

Akan tetapi, meski praktis, penggunaan kertas minyak tetap tidak akan mengurangi produksi minyak pada wajah. Oleh karenanya, penggunaan kertas minyak perlu disertai dengan produk-produk lain yang mendukung terjaganya kulit berminyak tetap sehat. Berikut adalah produk-produk yang sebaiknya dimiliki orang-orang dengan wajah berminyak juga.

Pembersih wajah

Membersihkan wajah tiap pagi dan tiap malam adalah cara terbaik untuk merawat kulit wajah berminyak. Seorang ahli dermatologi menyarankan agar pemilik wajah berminyak menggunakan pembersih yang lebih lembut dibandingkan sabun yang komposisinya lebih keras. Sabun dengan kandungan yang lebih keras ini justru berisiko meningkatkan produksi minyak. Selain itu sabun biasa tidak memiliki pH yang seimbang dan cenderung mengandung alkalin dalam kadar tinggi sehingga dapat menyebabkan kulit lebih berisiko terpajan bakteri.

Namun jika pembersih ini tetap tidak dapat mengurangi kelebihan produksi minyak di wajah, maka Anda bisa mencoba menggunakan pembersih yang mengandung benzoyl peroxide, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta hidroksi yang banyak terdapat di dalam pembersih antijerawat. Jika Anda juga menggunakan toner atau penyegar setelah menggunakan pembersih wajah, maka sebaiknya gunakan hanya pada daerah yang benar-benar berminyak. Selain itu lebih baik gunakan toner yang bebas alkohol. Teteskan pada kapas khusus kosmetik dan usapkan dengan lembut pada wajah. Di samping itu,  meski air hangat dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering, tapi hindari mencuci wajah dengan air yang terlalu panas karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Masker wajah

Kenakan masker pada area-area wajah yang berminyak untuk membantu membersihkan pori dan mengeringkan minyak. Namun hindari mengoleskannya terlalu sering, terutama pada area yang tidak berminyak, karena justru dapat menyebabkan kulit kering.

Pelembap

Seseorang dengan wajah berminyak cenderung menghindari pemakaian pelembap karena khawatir menyebabkan kulitnya makin tampak berminyak. Padahal seorang dermatologis menyarankan bahwa wajah berminyak juga butuh pelembap. Untuk menghindari kulit tampak berminyak, gunakan pelembap yang tidak mengandung minyak dan aplikasikan secara tipis pada bagian-bagian sering munculnya minyak.

Tabir surya

Tabir surya juga sering dihindari karena selain membuat wajah tampak berminyak, produk ini dianggap dapat menyebabkan pori kulit tersumbat. Agar kulit wajah tetap terlindung, gunakan tabir surya dalam bentuk gel yang lebih sedikit berisiko menyebabkan kulit menjadi berminyak. Anda juga bisa menggunakan tabir surya dalam bentuk bedak.

Akhirnya, untuk menjaga agar kulit wajah tidak terlalu berminyak, selain selalu menyediakan kertas minyak, hindari mencuci muka terlalu sering, hindari menggunakan kosmetika yang terlalu tebal, serta sebaiknya ganti handuk yang Anda gunakan untuk mengeringkan wajah tiap hari untuk mencegah penumpukan kotoran pada pori. Jika produk yang dijual bebas tidak dapat membantu Anda menangani kulit berminyak, periksakan diri ke dokter kulit untuk mendapatkan saran perawatan lebih intensif, seperti peeling atau laser.