Menghalau Flu dengan Makanan Sederhana

Sakit flu sering kali menyebabkan penderitanya menjadi tidak berselera makan. Tapi sebenarnya ada cara jitu untuk menghadapinya. Melalui asupan makanan dan minuman yang tepat, gejala flu dapat lebih mudah diatasi.

Saat flu, tubuh makin membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang, termasuk vitamin dan mineral. Sebab tubuh membutuhkan energi yang banyak untuk menciptakan sel imunitas dalam jumlah besar demi melawan virus yang masuk ke tubuh.

menghalau flu dengan makanan sederhana - alodokter

Memanfaatkan Asupan Nutrisi

Meski selera makan Anda terganggu, pastikan asupan nutrisi dan cairan tubuh tetap terjaga. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan makan lebih sering, namun dalam porsi yang lebih kecil.

Beberapa jenis makanan yang dapat memberikan tubuh energi ekstra guna meringankan gejala-gejala flu, antara lain:

  • Minum air putih secukupnya untuk menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi jus buah. Minum perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit.
  • Teh hangat yang ditambahkan dengan madu dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, sekaligus melegakan saluran pernapasan yang tersumbat.
  • Minuman yang terbuat dari jahe dapat membantu mencegah tubuh dari dehidrasi, sekaligus meredakan mual serta rasa tidak nyaman pada perut.
  • Jeruk dan lemon banyak mengandung flavonoid yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh yang akan membantu melawan virus saat flu.
  • Biskuit tawar atau sedikit asin, dan roti merupakan makanan yang mudah dicerna sekaligus membantu saluran pencernaan menjadi lebih stabil.
  • Pisang yang kaya kandungan potasium dan mudah dicerna dapat membantu menurunkan suhu tubuh, sekaligus mengembalikan kadar elektrolit tubuh.
  • Sup yang dibuat dari kaldu ayam akan membantu meringankan gejala flu. Kandungan asam amino dari kaldu ayam dapat melegakan pernapasan serta radang pada tenggorokan.
Yang tidak kalah penting, Anda harus memberikan kesempatan tubuh untuk beristirahat dengan cukup. Saat flu, pastikan tubuh memperoleh porsi tidur  mencukupi, tidak kurang dari tujuh jam pada malam hari.

Sebagian besar orang yang menderita flu merasa cukup mengobati diri sendiri tanpa harus berkonsultasi dengan dokter. Namun jika Anda mengalami gejala flu dan merasa kemungkinan risiko mengalami komplikasi, seperti radang paru-paru, bronkitis, infeksi sinus, infeksi telinga, atau berpotensi memicu asma, segera temui dokter untuk mengambil tindakan lanjut yang diperlukan.