Manfaat jus wortel untuk kesehatan sangat beragam. Minuman ini baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, meningkatkan proses metabolisme dan daya tahan tubuh, serta memelihara fungsi otak. Manfaat ini berkat kandungan nutrisi yang melimpah dalam segelas jus wortel.

Wortel merupakan sayuran sarat vitamin yang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C,  vitamin E, serta vitamin K. Sayuran berwarna jingga ini merupakan sumber karotenoid atau beta karoten, kalium, serat, serta antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Petik Segudang Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan - Alodokter

Daftar Manfaat Jus Wortel

Selain diolah menjadi campuran sup, salad, atau lalapan, wortel juga bisa diracik menjadi minuman menyehatkan, seperti jus. Selain sehat dan lezat, jus wortel juga memiliki rasa yang unik, warna yang menggugah selera, dan kaya akan kandungan nutrisi, namun rendah kalori.

Berikut ini adalah daftar manfaat jus wortel untuk kesehatan:

1. Meningkatkan kesehatan mata

Jus wortel adalah sumber beta karoten yang baik. Di dalam tubuh, beta karoten akan diolah menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. Vitamin ini mampu melindungi mata dari beragam gangguan, seperti degenerasi makula, katarak, glaukoma, dan xerophthalmia.

Jus wortel juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan alami yang bisa melindungi retina dan lensa mata.

2. Membuat kulit menjadi sehat

Dalam 100 gram wortel, terdapat setidaknya 6 mg vitamin C. Vitamin ini adalah salah satu sumber antioksidan dan dapat membantu kulit pulih lebih cepat dari luka dan cedera. Jus wortel baik dikonsumsi setiap hari bagi Anda yang memiliki masalah kulit, seperti kulit kering atau psoriasis.

3. Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan nutrisi pada jus wortel juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda sedang mengalami flu, konsumsilah jus wortel agar Anda cepat pulih dan bisa kembali melanjutkan aktivitas sehari-hari.

4. Memperkuat fungsi otak

Selain baik untuk mata, beta karoten yang terkandung dalam wortel juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Rutin mengonsumsi beta karoten bahkan dikatakan mampu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko terjadinya kepikunan atau demensia.

5. Membantu menjaga berat badan

Dalam 100 gram wortel terdapat sekitar 3 gram serat yang cukup mengenyangkan untuk perut. Bila ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mencoba mengonsumsi jus wortel, lho. Sebab, jus ini rendah kalori namun kaya akan asupan nutrisi.

6. Mengontrol tekanan darah dan kolesterol

Wortel mengandung kalium yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah. Dalam 100 gram wortel, setidaknya terdapat 300 gram kalium.

Kalium dari wortel mampu menyeimbangkan kadar garam (natrium) dan cairan tubuh, sehingga bisa mengontrol tekanan darah.

Jus wortel baik untuk dikonsumsi, terlebih jika Anda sering mengonsumsi makanan yang asin. Selain itu, rutin mengonsumsi jus wortel juga dipercaya bisa mengontrol kadar kolesterol.

7. Mengurangi risiko terkena kanker

Kanker berkembang ketika sel-sel dalam tubuh mengalami perubahan sifat menjadi ganas dan berkembang biak tidak terkendali. Kandungan antioksidan yang ada pada wortel inilah yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari ancaman berbagai jenis kanker, seperi kanker payudara dan kanker prostat.

Jika ingin mengonsumsi jus wortel, pilihlah wortel yang matang, mulus, dan segar. Cara membuat jus wortel cukup mudah untuk Anda lakukan di rumah. Anda hanya tinggal mencuci dan mengupas wortel, potong wortel kecil-kecil, dan taruh ke dalam blender. Setelah itu, tambahkan air minum dan haluskan wortel hingga menjadi jus.

Untuk menambah asupan serat dan nutrisi lainnya, Anda juga bisa menambahkan  sayur-sayuran atau buah-buahan lain sesuai selera. Agar lebih sehat, sebaiknya jangan menambahkan gula ke dalam jus wortel atau jus sayur tersebut.

Jika malas membuat sendiri, Anda bisa membeli jus wortel dalam kemasan. Pilihlah produk yang baru dibuat. Sebab, jus wortel kemasan yang terlalu lama disimpan di lemari pendingin bisa saja telah terkontaminasi bakteri.

bisa menyebabkan karotenemia, yaitu tingginya kadar karoten di dalam darah. Karotenemia ditandai dengan warna kulit yang menguning. Untuk mengetahui jumlah asupan jus wortel yang sesuai dengan kondisi Anda, beronsultasilah dengan dokter.