Nitrit Oksida

Pengertian Nitrit Oksida

Nitrit oksida adalah zat berbentuk gas yang dihirup dengan bantuan alat pernapasan (ventilator) sebagai pengobatan bayi yang lahir secara prematur dengan gagal nafas akibat hipertensi pulmonal (hipetensi paru). Gas ini bekerja dengan mengendurkan otot polos agar pembuluh darah dapat melebar, khususnya pembuluh darah di paru-paru. Pengobatan ini hanya diberikan dengan pengawasan dokter di ICU melalui hidung atau mulut bayi.

Nitrit Oksida - Alodokter

Nitrit oksida sendiri memainkan peran penting dalam tubuh. Dengan melebarnya pembuluh darah, aliran oksigen ke jaringan pun akan meningkat. Selain itu, nitrit oksida berfungsi untuk mengatur pengikatan dan pelepasan oksigen ke hemoglobin, serta membunuh serangkaian parasit, virus dalam sel, dan sel tumor dengan menghambat kerja enzim tersebut di mitokondria (pabrik pembuatan sel dalam tubuh).  Nitrit oksida juga dapat menstimulasi pembuatan sel yang baru.

Nitrit oksida adalah gas yang dihirup dan hanya diberikan di rumah sakit dengan pengawasan dokter.

Tentang Nitrit Oksida

Golongan Preparat inhalasi
Kategori Obat resep
Manfaat Digunakan untuk bayi prematur dengan gagal nafas akibat hipertensi pulmonal.
Dikonsumsi oleh Bayi berusia kurang dari 14 hari.
Bentuk obat Gas yang dihirup

Peringatan:

  • Bagi wanita yang memiliki kondisi tertentu sebelum dan saat hamil (termasuk alergi) atau sedang menyusui, disarankan untuk konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan nitrit oksida.
  • Harap berhati-hati apabila ibu atau bayi memiliki kondisi seperti gagal jantung, masalah pada paru, atau kondisi jantung tertentu.
  • Konsultasikan dengan dokter jika pernah mengkonsumsi tembakau, rokok, alkohol atau melalui pengobatan tertentu sebelum atau saat hamil.
  • Ikuti saran dokter untuk makanan, minuman, aktivitas dan pengobatan yang perlu diberikan atau dilakukan pada bayi saat atau setelah pengobatan nitrit oksida agar efek obat dapat dirasakan sepenuhnya.
  • Hindari penggunakan obat-obatan lain, termasuk vitamin, mineral atau obat herbal bersama dengan nitrit oksida tanpa petunjuk dari dokter karena dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah menggunakan nitrit oksida, segera temui dokter.

Dosis Nitrit Oksida

Pengobatan nitrit oksida hanya diberikan di rumah sakit dan dengan pengawasan dokter. Dosis dan waktu yang diperlukan akan ditentukan oleh dokter sesuai dengan kondisi yang dialami pasien.

Menggunakan Nitrit Oksida Dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan nitrit oksida sebelum menggunakannya. Obat ini harus diberikan oleh seorang dokter atau petugas medis profesional.

Pastikan gas nitrit oksida diberikan dengan bantuan ventilator dan mudah dihirup bayi melalui hidung atau mulut.

Umumnya, pengobatan nitrit oksida diberikan dalam jangka waktu 14 hari, untuk kemudian diturunkan secara perlahan. Namun jangka waktu pemberian bervariasi tergantung hasil pengamatan dokter seperti kondisi pernapasan bayi, tekanan darah, kadar oksigen dan kondisi lainnya.

Jangan hentikan pengobatan secara mendadak. Ikuti anjuran dokter agar kondisi yang dialami tidak kambuh kembali.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Nitrit Oksida

Sama seperti obat-obat lain, nitrit oksida juga berisiko menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping ringan yang mungkin terjadi adalah:
  • Penglihatan buram.
  • Linglung.
  • Mual
  • Pusing hingga pingsan.
  • Berkeringat berlebih.
  • Cepat merasa lelah dan lemas.
Selain itu, ada juga beberapa efek samping berat yang dapat terjadi, walau jarang, meliputi:
  • Warna kulit atau bibir menjadi kebiruan.
  • Dada merasa tidak nyaman hingga sesak.
  • Kesulitan bernapas.
Segera temui dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat jika mengalami efek samping, baik ringan maupun berat setelah menggunkan obat ini.