Suka Bermain Sepatu Roda, Ini Cedera yang Perlu Diwaspadai

Olahraga sepatu roda tidak hanya dapat membakar kalori, tapi juga bisa menjadi olahraga yang menyenangkan. Keseruan yang diberikan oleh olahraga sepatu roda inilah yang kemudian mampu menarik perhatian banyak orang. Bahkan anak kecil sekalipun. Tapi nyatanya, sama seperti olahraga lainnya, olahraga sepatu roda juga bisa menimbulkan cedera.

Apa pun olahraganya pasti tetap akan menimbulkan risiko tersendiri jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Nah, jika Anda termasuk orang yang tertarik dengan olahraga sepatu roda, berhati-hatilah dan gunakan pengaman khusus untuk olahraga ini

suka bermain sepatu roda, ini cedera yang perlu diwaspadai - alodokter

  • Cedera Lutut Saat melakukan olahraga sepatu roda, sering kali bagian lutut mendarat terlebih dulu saat terjatuh. Hal ini yang kemudian meningkatkan risiko terjadinya cedera lutut. Karena pembuluh darah dan saraf dapat rusak atau terjepit saat jatuh. Lebam, rasa sakit yang cukup parah, atau bengkak dapat muncul sesaat setelah terjatuh. Kaki bagian bawah atau lutut dapat mati rasa, pucat, membiru, lemah, atau mengalami sensasi rasa dingin. Kondisi cedera yang dapat terjadi antara lain, keseleo, ligamen (jaringan ikat antara tulang atau tulang rawan atau sendi) robek, patah tempurung lutut, dan dislokasi sendi dan tempurung lutut.Jika Anda mengalami cedera lutut pada saat bermain sepatu roda, segeralah lakukan pertolongan pertama. Pilihan pertolongan pertama antara lain istirahatkan kaki yang cedera, gunakan penyangga lutut atau bracing agar lutut tidak banyak bergerak, dan pergi ke dokter bila dirasa cedera cukup parah dan tidak kunjung membaik. Dokter bisa menyarankan terapi fisik, mengonsumsi obat, atau pada kondisi tertentu, dokter akan menganjurkan Anda melakukan operasi.
  • Cedera Pergelangan Tangan Tidak hanya seputar kaki, bermain sepatu roda juga dapat menimbulkan cedera pada bagian tangan. Pasalnya di saat terjatuh, bukan tidak mungkin tangan akan berusaha menahan. Cedera pergelangan yang dapat terjadi antara lain patah atau keseleo.Jika Anda mengalami keseleo pada bagian pergelangan tangan, cobalah untuk memberikan pertolongan awal dengan mengistirahatkan pergelangan tangan Anda dan berikan kompres es pada bagian tersebut. Anda juga bisa menggunakan obat pereda rasa sakit yang dijual bebas. Jika satu atau dua hari setelahnya bengkak dan rasa sakit tidak kunjung membaik dan justru memburuk, cobalah untuk mengonsultasikan hal ini kepada dokter.Biasanya dokter akan mengatasi masalah ini bersama terapis dan akan menyarankan latihan dan pengobatan khusus untuk mengatasi  masalah urat daging (tendon) atau cedera pergelangan tangan tersebut. Bila pergelangan tangan Anda keseleo karena hentakan berlebihan dan mendadak, maka belat akan berguna semasa penyembuhan. Belat dapat mencegah pergelangan tangan bergerak berlebihan yang berisiko melukai kembali tendon.  Hindari mengulur waktu atau sembarang mengobatinya. Karena jika tidak diatasi dengan tepat, maka risikonya antara lain, penyembuhan yang tidak sempurna, gerakan terbatas, dan cacat jangka panjang.
  • Cedera Siku Bermain sepatu roda bisa berisiko mengalami dislokasi siku atau pergeseran tulang siku. Dislokasi siku ini dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup parah, tidak bisa menggerakkan atau menekuk siku, serta mengalami pembengkakan. Dislokasi siku adalah cedera serius, karena di bawah siku terdapat saraf dan arteri. Jika Anda  mengalami cedera siku ketika bermain sepatu roda, dianjurkan segera mengompres dengan es pada bagian yang bengkak dan kurangi atau sebisa mungkin menghindari pergerakan siku Anda. Lalu segera ke dokter. Dokter akan melakukan teknik manipulasi untuk mengembalikan siku Anda pada posisinya. Prosesnya mungkin akan cukup menyakitkan, tapi biasanya dokter akan memberikan obat penenang atau obat bius lokal.
Olahraga sepatu roda memang bisa begitu menyenangkan. Tapi ingatlah untuk tetap berhati-hati dalam melakukan olahraga ini, pastikan juga Anda menggunakan pelindung pada saat melakukan olahraga ini. Misalnya pelindung bagian lutut, siku, dan helm khusus olahraga sepatu roda. Jangan sampai Anda membiarkan keseruan melakukan olahraga berkurang karena kurang hati-hati. Dan yang pasti, jika Anda mengalami cedera di atas, segeralah periksakan ke dokter.