Tanganmu yang Kotor Bisa Memperparah Komedo Hitam

Memiliki wajah dengan produksi minyak berlebih biasanya akan rentan untuk terkena jerawat. Salah satu bagian dari jerawat adalah komedo hitam atau disebut juga komedo terbuka.

Komedo berkepala hitam mengalami oksidasi karena terpapar secara langsung dengan udara luar. Saat udara bersentuhan dengan sebum, maka akan menghasilkan warna kehitaman di bagian kepala komedo. Sebum sendiri adalah material yang disekresi kulit dengan tujuan melindungi dan menjaga kelenturan kulit. Namun saat produksinya terlalu banyak, sebum cersama sel epidermis yang mati dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

tanganmu yang kotor bisa memperparah komedo hitam - alodokter

Meski gemas menghadapi jerawat hitam yang bercokol di wajah, jangan mengambil tindakan sembrono untuk menghilangkannya. Alih-alih langsung menghilangkan, cobalah beberapa tindakan di bawah ini agar kondisinya tidak makin memburuk.

Menyentuh wajah sembarangan

Menyentuh komedo hitam dengan tangan telanjang, meski dengan tangan sendiri, sebaiknya dihindari. Tangan merupakan salah satu bagian yang paling sering bersentuhan dengan benda lain. Hal ini membuat tangan kemungkinan menjadi sarang bakteri dan berbagai kotoran. Jadi, jangan sampai tangan mentransfer kumpulan bakteri ke wajah dan menimbulkan komedo.

Memencet komedo dengan jari

Jika menyentuh sembarangan saja sebaiknya dihindari, apalagi jika memencet komedo hitam dengan tangan terbuka. Jari-jari yang dipakai untuk memencet komedo bisa jadi justru membuat komedo makin parah. Kotoran dan bakteri di jari tangan sangat mungkin bermigrasi ke pori-pori wajah. Selain itu, memencet komedo rentan menumbuhkan benjolan pada kulit wajah.

Memakai pembersih komedo yang salah

Saat jalan-jalan ke pusat perbelanjaan sering ditawarkan alat penghilang komedo dari alat berbahan logam? Pertimbangkanlah efek negatif yang mungkin hadir dari alat yang bisa digunakan sendiri di rumah ini. Memakai alat ini secara mandiri cukup berisiko mengingat alat ini adalah media yang ramah bagi kuman. Alasan lain yang membuat seseorang sebaiknya menjauhi alat ini adalah karena dapat menyebabkan jaringan parut.

Memakai pengelupas kulit yang ultra abrasif

Memakai produk yang bisa mengelupas sel-sel mati kulit mungkin berguna untuk menghilangkan komedo hitam. Hanya saja, sebaiknya hindari memakai produk ini yang bersifat ultra-abrasif terutama jika memiliki kulit sensitif. Pemakaian produk sabun pembersih semacam itu bisa mengakibatkan iritasi pada kulit dan berujung kepada kian parahnya komedo. Salah satu tanda produk pengelupas bersifat ultra-abrasif adalah menimbulkan sakit saat digunakan.

Jarang mencuci wajah

Rutin mencuci wajah berperan menjadikan seseorang terlihat lebih menawan. Selain membuat kulit wajah lebih bersih, kebiasaan yang bagus ini dapat meminimalkan risiko wajah terkena komedo. Sebagaimana kita tahu, komedo betah berdiam diri di kulit kotor. Oleh karenanya, mencuci wajah setidaknya dua kali sehari di waktu pagi dan malam sebaiknya rutin dilakukan.

Jika dalam keseharian selalu menggunakan kosmetik, maka sebaiknya bersihkan hingga tuntas menjelang tidur. Pergi tidur tanpa riasan di wajah sangat dianjurkan agar komedo tidak makin parah. Agar kulit terhindar dari produksi minyak berlebih, lanjutkan dengan mengaplikasikan pelembap pada wajah.

Enggan Mencuci Sarung Bantal

Meski sudah mencuci muka sebelum tidur, wajah tetap memungkinkan mengandung bakteri dan sel-sel kulit mati. Lalu di manakah mereka bersarang saat seseorang terlelap di malam hari? Sarung bantal jawabannya. Oleh karena itu, jangan biarkan kotoran dan bakteri dari wajah menumpuk terlalu lama di sarung bantal yang digunakan. Mencucinya setidaknya seminggu sekali dapat membantu mengurangi risiko makin parahnya komedo hitam.

Selain menghindari aneka tindakan yang bisa memperburuk kondisi komedo hitam di wajah di atas, menghindari pakaian dan kosmetik yang membuat kulit terisolasi juga sebaiknya dihindari. Hindari pula kondisi yang membuat tubuh mengeluarkan keringat berlebih dan ruangan dengan kolembapan yang terlalu tinggi.