Blackhead atau komedo hitam adalah tonjolan kecil berwarna gelap yang tumbuh di pori-pori kulit. Blackhead umumnya muncul di bagian wajah, tetapi bisa juga tumbuh di bagian tubuh lainnya, seperti punggung, dada, leher, bahu, dan tangan.

Blackhead umumnya tidak menyebabkan nyeri layaknya jerawat, tetapi mudah sekali terlihat di permukaan kulit karena warnanya yang gelap. Oleh sebab itu, jika tumbuh pada permukaan kulit yang terbuka, seperti pada wajah, blackhead mungkin bisa mengganggu penampilan.

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Blackhead - Alodokter

Penyebab Blackhead

Blackhead bisa terbentuk karena adanya penumpukan dan penyumbatan sel-sel kulit mati dan minyak di folikel rambut pada permukaan kulit. Penumpukan ini kemudian bisa menonjol ke luar pori-pori dan menjadi blackhead setelah teroksidasi oleh udara.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan munculnya blackhead pada kulit, antara lain:

  • Iritasi pada folikel rambut
  • Produksi minyak yang berlebih
  • Penumpukan bakteri Propionibacterium acnes di kulit
  • Perubahan hormon, misalnya saat menstruasi atau akibat mengonsumsi pil KB atau obat-obatan tertentu

Selain itu, konsumsi makanan dan minuman tertentu juga disebut dapat memicu terbentuknya blackhead, misalnya berbagai produk olahan susu dan makanan yang banyak mengandung gula. Kendati demikian, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Cara Mengatasi Blackhead

Sebelum mengatasi blackhead, hal pertama yang harus Anda ingat adalah jangan sekali-sekali mengoreknya.

Alih-alih menyembuhkan, mengorek blackhead bisa menambah peradangan dan memperparah kondisi kulit. Pasalnya, ada banyak sekali bakteri dan kotoran di tangan yang bisa berpindah saat Anda mengorek blackhead.

Jika Anda sudah paham, berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi blackhead:

1. Gunakan produk yang mengandung asam salisilat

Saat membeli produk perawatan kulit, bacalah label di balik kemasannya, lalu pilihlah produk yang mengandung asam salisilat (salicylic acid). Kandungan ini memiliki kemampuan untuk membersihkan sel kulit mati dan minyak berlebih, sehingga blackhead pun jadi lebih mudah hilang.

2. Gunakan krim dan losion retinoid

Krim dan losion retinoid yang dibuat dari vitamin A juga mampu membuka pori-pori dan membantu regenerasi kulit. Namun, penggunaan retinoid bisa membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar UV, maka baiknya Anda menggunakan krim ini sesaat sebelum tidur pada malam hari.

Krim atau losion retinoid umumnya memerlukan resep dokter, tetapi ada juga beberapa produk yang bisa Anda beli secara bebas di apotek tanpa resep dokter.

3. Lakukan chemical peeling

Ini adalah metode perawatan kulit dengan menggunakan bahan kimia, seperti asam salisilat, asam glikolat, atau asam retinoat, yang kadarnya tinggi. Perawatan ini akan mengelupas lapisan teratas kulit Anda sehingga berganti dengan lapisan kulit yang lebih baru dan halus.

Dengan metode ini, minyak dan sel kulit mati yang menyebabkan blackhead juga bisa terangkat.

4. Jalani terapi laser

Terapi laser adalah metode perawatan kulit yang dilakukan dengan cara menembakkan laser ke kulit. Metode ini dilakukan untuk mengurangi produksi minyak dan membunuh bakteri pada kulit. Kelebihan terapi laser mampu mencapai bawah permukaan kulit tanpa merusak lapisan kulit bagian atas.

Tips Mencegah Blackhead

Memiliki blackhead, terutama di kulit wajah, tentu tidak menyenangkan. Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa mencoba tips di bawah ini:

  • Cuci muka saat bangun tidur dan sebelum tidur. Hindari mencuci muka lebih dari 2 kali sehari.
  • Bersihkan wajah menggunakan ujung jari dengan lembut, tidak perlu menggunakan spons atau sikat yang bisa mengiritas kulit.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung.
  • Hindari menyentuh wajah bila tidak diperlukan.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang bebas alkohol.
  • Gunakan pembersih wajah dengan scrub yang lembut. Hentikan pemakaian jika scrub mengiritasi kulit.
  • Gunakan produk skin care atau kosmetik yang tidak menimbulkan komedo (noncomedogenic).

Menjalani pola hidup yang sehat juga dapat menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Oleh karena itu, sebisa mungkin biasakan untuk selalu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, mencukupi kebutuhan cairan dengan air putih, rajin berolahraga, dan tidur yang cukup.

Anda bisa mencoba cara untuk mengatasi dan mencegah blackhead seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun, bila blackhead tak kunjung membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter bisa menyarankan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.