Retinoid adalah kelompok obat yang struktur kandungannya berhubungan dengan vitamin A. Retinoid merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh yang umumnya digunakan untuk merawat kesehatan mata, pertumbuhan, kekebalan tubuh (imun), dan reproduksi.

Selain itu, retinoid juga dapat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Misalnya, mengatasi jerawat, kerutan, menjaga elastisitas kulit, serta mencerahkan flek hitam (hiperpigmentasi) akibat paparan sinar matahari.

alodokter-retinoic-acid

Obat ini bekerja dengan cara memicu proses sel-sel kulit mati secara cepat dan menyeluruh, agar bisa digantikan dengan sel-sel kulit yang baru. Jenis-jenis obat yang termasuk golongan obat retinoid yang tersedia di Indonesia adalah:

  • Adapalene
  • Isotretinoin
  • Retinol
  • Tretinoin

Peringatan:

  • Ibu hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk tidak menggunakan produk obat retinoid jika tidak ada anjuran dari dokter.
  • Bila memiliki masalah kulit serius, seperti eksim hingga kanker kulit, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum menggunakan obat ini.
  • Tanyakan kepada dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat ini kepada anak-anak.
  • Harap berhati-hati dalam menggunakan obat ini jika sedang menderita penyakit ginjal, penyakit hati, atau anoreksia.
  • Harap berhati-hati juga dalam menggunakan obat ini jika memiliki kulit sensitif terhadap sinar matahari, gangguan mental (misalnya depresi), diabetes, obesitas, osteoporosis, kelainan tulang, atau sedang menjalani perawatan kulit (misalnya peeling atau dermabrasi)
  • Untuk menghindari gejala kelebihan vitamin A, hindari menggunakan obat ini bersama dengan suplemen vitamin A.
  • Beri tahu dokter jika sedang menggunakan obat-obat lain, termasuk suplemen dan produk herba, untuk menghindari interaksi yang tidak diinginkan.
  • Jika terjadi reaksi alergi dan overdosis, segera temui dokter.

Efek Samping Retinoid

Reaksi orang terhadap sebuah obat akan berbeda-beda. Efek samping yang dapat terjadi setelah menggunakan obat-obatan retinoid adalah kulit kemerahan, seperti terbakar, seperti disengat, kesemutan, gatal, kering, bengkak, terkelupas, iritasi, hingga perubahan warna kulit.

Jenis-Jenis, Merek Dagang, serta Dosis Retinoid

Berikut ini adalah jenis-jenis obat yang termasuk ke dalam kelompok obat retinoid.

Untuk mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai efek samping, peringatan, atau interaksi dari masing-masing obat retinoid, silahkan lihat pada Obat A-Z.

Jenis obat Merek dagang Bentuk obat Kondisi Dosis
Adapalene Acucel, Alendion, Evalen, Palenox, Pharmalene Krim dan gel Jerawat (acne vulgaris) Dewasa: Dosis krim atau gel yang mengandung adapalen 0,1% atau 0,3% adalah ambil obat secukupnya dengan ujung jari telunjuk, lalu oleskan 1 kali sehari di bagian yang berjerawat pada malam hari setelah bagian tersebut dibersihkan terlebih dahulu.
Isotretinoin Ivory Gel Jerawat Dewasa: Dosis gel yang mengandung 0,05% isotretinoin adalah ambil secukupnya dengan ujung jari telunjuk, lalu oleskan 1-2 kali sehari, selama 6-8 minggu.
Retinol (Suplemen vitamin A) Vitamin A, Vitamin A Palmitate, Corovit, Cernevit, Cendo Asthenof, Lisovit, Lycalvit, Oculenta, Tivilac, Vitalipid-N Adult Tablet dan sirop Defisiensi vitamin A Dewasa: 10000-20000 unit per hari, selama 2 bulan.

Anak usia 1-8 tahun: 17500-35000 unit per hari, selama 10 hari.

Bayi baru lahir: 7500-15000 unit per hari, selama 10 hari.

Mengatasi penyakit retinitis pigmentosa Dewasa: 15000 unit per hari
Mengurangi rabun senja ketika hamil Dewasa: 23000 unit per minggu
Tretinoin topical Clinoin, Melavita, Retion 0,025%, Retion 0,05%, Retion 0,1%, Skinovit-CP, Trentin 0,1%, Trentin 0,05%, Tricodion, Trequinon Krim, gel, dan cairan obat luar Flek hitam, kulit berkerut, kasar, dan rusak karena paparan sinar matahari Dewasa: Dosis krim tretinoin yang mengandung 0,02% atau 0,05% adalah ambil secukupnya dengan ujung jari telunjuk, lalu oleskan secara merata di daerah kulit yang ingin diobati, 1 kali sehari.
Acne vulgaris Dewasa: Dosis krim/gel/cairan yang mengandung tretinoin 0,01-0,1% adalah oleskan secukupnya 1-2 kali sehari sebelum tidur pada daerah kulit yang berjerawat.