Tanyakan Ini Kepada Dokter Bedah Sebelum Prosedur Operasi

Merasa gugup sebelum prosedur operasi adalah hal yang wajar. Guna mengatasi rasa stres atau gugup sebelum operasi, aktiflah menanyakan beberapa hal seputar operasi yang akan Anda jalani kepada dokter bedah sebelum tiba saatnya masuk ke ruang operasi.

Setelah dokter Anda menyatakan bahwa penyakit yang Anda alami perlu dioperasi, tahap selanjutnya adalah memilih dokter bedah yang sesuai dengan kondisi Anda. Karena, setiap dokter bedah memiliki spesialisasinya masing-masing. Barulah setelah itu, Anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter bedah tersebut. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa Anda tanyakan kepada dokter bedah pilihan Anda untuk mengurangi rasa gugup sebelum operasi.

tanyakan ini kepada dokter bedah sebelum prosedur operasi - alodokter

  • Apakah saya perlu menjalani operasi ini?
    Meski dokter Anda sudah menyatakan bahwa Anda memerlukan operasi untuk mengatasi penyakit Anda. Anda tetap dapat menanyakan kepada dokter bedah, apakah kondisi tersebut sungguh memerlukan operasi atau ada cara lain untuk mengatasinya. Dokter bedah yang akan memberikan pilihan pengobatan lain dan risikonya pada setiap pilihan. Anda juga bisa bertanya pada ahli kedua, selain dokter bedah pertama, pilihan pengobatan apa yang hasilnya bisa sama baiknya dengan pilihan pembedahan. Sekaligus Anda juga benar-benar mengerti risiko dari setiap pilihan yang Anda buat.
  • Apakah manfaat, risiko, dan efek sampingnya?
    Mengetahui ketiga hal ini merupakan hal yang penting. Dengan memahami ketiga hal itu, Anda akan tahu apa yang mungkin akan terjadi jika Anda menjalani operasi tersebut. Tanyakan risiko apa yang umumnya terjadi dan seberapa besar kemungkinan komplikasi itu terjadi.
  • Persiapan apa saja yang perlu dilakukan?
    Sebelum melakukan operasi, penting bagi Anda untuk mengetahui dengan jelas apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum tiba saatnya menjalani operasi. Misalnya apakah perlu puasa atau tidak, berapa lama puasa yang dibutuhkan, adakah tes kesehatan lain yang perlu dilewati, dan apakah perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu. Jika dokter bedah Anda meminta Anda untuk puasa, tanyakan dengan jelas berapa lama Anda harus puasa dan kapan waktu yang tepat untuk memulai puasa. Adanya cairan atau makanan di dalam perut dapat menimbulkan bahaya komplikasi dan bisa menyebabkan mual atau muntah sesudah atau selama operasi.
  • Bagaimana proses operasi berjalan?
    Sebelum melakukan operasi, ada baiknya Anda mengetahui apa yang akan terjadi selama operasi dan bagaimana prosesnya. Seperti jenis obat bius dan teknik operasi apa yang akan digunakan.
  • Siapa saja yang terlibat dalam operasi?
    Dalam sebuah operasi, akan ada tim yang ikut andil dalam prosesnya. Agar Anda lebih tenang dalam menjalani operasi, tentu tidak ada salahnya menanyakan siapa saja yang ada dalam tim dokter bedah Anda. Anda mungkin ingin tahu apakah tim dokter tersebut memiliki banyak pengalaman dan sebagainya.

Mengetahui tubuh Anda akan dibedah bukanlah perkara mudah untuk diterima, terlepas dari itu operasi kecil atau besar. Tidak hanya rasa gugup, tapi juga memicu stres karena memikirkan mengenai risiko atau komplikasi yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, jika Anda sudah menentukan siapa dokter bedah yang akan menangani Anda, tanyakan apa pun yang ingin Anda ketahui. Gali informasi sebanyak mungkin agar Anda dapat lebih tenang dan lebih mempersiapkan diri.