Yuk, Coba Terapi Jeruk Nipis untuk Menjaga Kesehatan

Diperkirakan, Indonesia dan negara di Asia Tenggara merupakan daerah pertama tempat tumbuhnya jeruk nipis, jadi tidak heran jika sudah sejak lama buah ini digunakan sebagai bumbu pelengkap makanan dan minuman.

Beruntung bagi yang suka menambahkan jeruk nipis ke dalam minuman atau makanan karena ternyata kebaikan dari segi kesehatan yang didapatkan tidak sedikit. Mulai dari membersihkan air putih dan melawan bakteri. Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk membersihkan wajah dari jerawat.

yuk coba terapi jeruk nipis untuk menjaga kesehatan - alodokter

Beberapa hal di bawah ini adalah potensi manfaat dari buah yang memiliki kandungan gula dan asam lebih banyak dari lemon ini secara lebih lengkap.

  • Kombinasikan dengan sinar matahari untuk memurnikan air

Bagi yang berniat melakukan terapi jeruk nipis boleh berbangga hati karena sudah ada temuan medis yang menguatkan manfaatnya. Studi tersebut menyebutkan bahwa buah ini mampu membunuh bakteri berbahaya, seperti E. Coli yang mencemari air minum. Cukup tambahkan jeruk nipis pada air dan biarkan air tersebut terpapar sinar matahari.

Kombinasi sinar matahari dan jeruk nipis dapat mengurangi jumlah bakteri secara signifikan hanya dalam waktu 30 menit saja. Berbeda jika hanya mengandalkan sinar matahari saja, waktu yang diperlukan untuk membersihkan air dari kuman bisa membutuhkan waktu enam jam. Jika pancaran sinar matahari terhalang awan, maka waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 48 jam.

Walau demikian, ketika berada jauh dari sumber air yang aman, sebaiknya tetap rebus air hingga mendidih untuk memastikan air bebas dari kuman dan aman untuk diminum.

  • Memiliki sifat antibakteri

Jeruk nipis juga memiliki potensi antibakteri. Manfaat tersebut juga bisa tetap ada ketika buah ini dikombinasikan dengan jahe atau bawang putih. Terapi jeruk nipis untuk tujuan menjaga kesehatan secara umum mungkin juga bisa dilakukan mengingat buah ini kaya kandungan vitamin C dan sumber antioksidan. Nilai vitamin C dari buah ini adalah 35 persen dari nilai harian dalam tiap 100 gram. Selain itu, jeruk nipis merupakan sumber serat makanan yang baik serta memiliki kandungan aneka nutrisi lainnya.

  • Berpotensi menyembuhkan jerawat saat hamil

Terapi jeruk nipis berpotensi efektif untuk menghilangkan jerawat. Hal ini mungkin untuk dilakukan jika mengingat jeruk nipis mengandung asam hidroksi alfa. Asam hidroksi alfa membantu membuka penyumbat pori-pori dan menghilangkan sel kulit mati ketika dioleskan langsung pada kulit wajah yang berjerawat.

Sifat dari asam hidroksi alfa dalam jeruk nipis adalah sebagai antibakteri dan bisa membuat sel kulit mengalami kontraksi sehingga efektif untuk dijadikan pengelupas kulit. Cara pemakaiannya pun mudah sekali, cukup dengan memeras jeruk nipis, lalu oleskan langsung pada kulit wajah yang berjerawat dengan memakai kapas. Biarkan selama 10 menit atau hingga kering, kemudian bilas dengan air.

Hanya saja, menerapkan air perasan jeruk nipis secara langsung pada kulit membutuhkan antisipasi juga. Disarankan untuk melakukan tes alergi dahulu karena sebagian orang berkemungkinan memiliki kulit yang sensitif terhadap air perasan jeruk nipis. Jika ternyata menyebabkan alergi pada kulit, maka bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari dan menimbulkan interaksi.

Melihat potensi manfaat di atas, tidak ada salahnya mencoba terapi jeruk nipis melalui air minum yang diberi perasannya, setidaknya efektif dalam membunuh kuman di dalamnya.

Sedikit mengenai terapi jeruk nipis dengan tujuan mempercepat kehamilan, belum ada penelitian terhadap manusia yang bisa dijadikan acuan hingga saat ini. Lebih jauh lagi, pada sebuah penelitian terhadap tikus betina menunjukkan bahwa air perasan jeruk nipis justru menyebabkan siklus hormon tidak teratur, menghalangi ovulasi, dan kemungkinan bisa membahayakan kesuburan. Oleh karenanya, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk membuktikan efek ini.