Gejala darah rendah dapat membuat tubuh terasa lemas dan mudah lelah. Namun jangan khawatir, sebab ada cara mengatasi darah rendah dengan cepat yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah.

4 Cara Mengatasi Darah Rendah dengan Cepat - Alodokter

Anda bisa mengatasi darah rendah dengan mengonsumsi obat-obatan dan menjalani pola hidup sehat. Konsumsi obat-obatan biasanya baru dilakukan jika darah rendah yang Anda alami adalah darah rendah yang parah.

Cara Mengatasi Darah Rendah dengan Cepat

Jika darah rendah yang Anda alami menunjukkan gejala yang ringan, Anda bisa menerapkan cara mengatasi darah rendah dengan cepat berikut ini:

1. Minum air putih

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah salah satu cara untuk mengatasi dan mencegah munculnya gejala darah rendah. Saat mengalami dehidrasi atau tubuh mengalami kekuran cairan, tekanan darah akan menurun yang berujung pada kondisi hipotensi ringan.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu minum cukup air putih untuk membantu mengatasi tekanan darah rendah dengan cepat sekaligus untuk menjaga Kesehatan tubuh secara umum.

2. Mengonsumsi makanan bergizi

Menurunnya tekanan darah bisa saja terjadi ketika nutrisi dalam tubuh tak seimbang. Jika tubuh kekurangan nutrisi seimbang, seperti vitamin B12, asam folat, dan zat besi, maka Anda akan berisiko terserang anemia.

Ketika tubuh tidak memproduksi darah yang cukup, Anda pun berisiko terserang hipotensi. Bila kondisi ini menyebabkan tekanan darah rendah yang Anda alami, Anda dapat mengatasinya dengan menerapkan pola dan pilihan makan yang mengandung gizi seimbang, atau suplemen sesuai dengan anjuran dokter.

3. Konsumsi makanan asin

Bagi Anda yang mengalami gejala darah rendah, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung garam. Sebab, sodium dalam garam dapat menaikkan tekanan darah.

Meski demikian, Anda tetap tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergaram atau terasa asin.

4. Rutin olahraga

Rutin berolahraga tentu dapat membuat tubuh menjadi segar dan berat badan pun ideal. Selain itu, berolahraga juga dapat mencegah Anda dari menurunnya tekanan darah. Sebab, aktivitas olahraga dapat menjaga aliran darah tetap lancar.

Namun, bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah sebaiknya hindari mengangkat beban terlalu berat.

Selain beberapa hal di atas, Anda juga bisa melakukan berbagai cara mengatasi darah rendah dengan cepat lainnya, seperti:

  • Menghindari posisi berdiri terlalu lama atau berganti posisi secara tiba-tiba
  • Menghindari mengejan terlalu keras
  • Menghindari minuman beralkohol
  • Sebisa mungkin ubah pola makan menjadi sedikit tetapi sering

Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti fludrokortison atau midodrin, untuk mengatasi darah rendah dengan cepat. Namun, sebaiknya konsultasikan dulu penggunaan obat-obatan tersebut kepada dokter.

Dokter akan memerika kondisi yang Anda alami terlebih dulu sebelum memberikan obat yang sesuai untuk penanganan darah rendah yang Anda alami.