Rasa tak nyaman akibat adanya dahak berlebih pada tenggorokan memang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, tak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengeluarkan dahak secara alami yang bisa Anda coba lakukan dengan mudah di rumah.

Dahak merupakan lendir yang diproduksi oleh tenggorokan untuk melindungi dan membersihkan saluran pernapasan dari benda asing, seperti asap rokok, debu, serta bakteri dan virus penyebab terjadinya penyakit.

4 Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami - Alodokter

Pada kondisi tertentu, seperti saat Anda terserang penyakit batuk pilek, produksi dahak di tenggorokan dapat meningkat. Hal ini kemudian akan membuat dahak menumpuk, bahkan mengental, sehingga sulit dikeluarkan dan membuat tenggorokan terasa tidak nyaman.

Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami

Agar tenggorokan kembali lega, ada beberapa cara mengeluarkan dahak secara alami yang bisa Anda coba lakukan di rumah, antara lain:

1. Perbanyak konsumsi cairan

Cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan dahak sekaligus meredakan rasa nyeri pada tenggorokan adalah minum air hangat.

Namun, selain air putih, campuran air hangat dengan madu dan lemon atau jahe, jus buah, dan sup hangat, juga bisa menjadi pilihan Anda untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak, sehingga tenggorokan terasa lebih lega.

2. Berkumur dengan air garam

Garam telah lama dikenal sebagai antiseptik alami yang efektif untuk membunuh kuman, termasuk yang terdapat di tenggorokan. Tak hanya itu, garam juga bisa mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan.

Untuk mendapatkan manfaat garam yang satu ini, Anda dapat mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, aduk dan berkumurlah hingga larutan garam tersebut mengenai tenggorokan selama 30–60 detik,

Anda bisa berkumur dengan air garam sebanyak 2 hari sekali atau hingga tenggorokan terasa lega.

3. Konsumsi makanan yang baik untuk saluran pernapasan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan makanan tertentu, seperti bawang putih dan akar manis atau licorice, memiliki sifat antiradang dan mampu melawan kuman penyebab infeksi pada saluran pernapasan, sehingga baik dikonsumsi untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan.

Tak hanya itu, buah-buahan dan sayuran, seperti jeruk, tomat, jambu biji, wortel, dan bayam, kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit pada tenggorokan, termasuk mengusir dahak di tenggorokan secara alami.

4. Hirup uap hangat

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan dahak secara alami adalah menghirup uap hangat. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan alat pelembap ruangan atau humidifier, mandi air hangat, atau bernapas menggunakan handuk yang telah diperas setelah dicelupkan ke dalam air hangat.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga disarankan untuk memperbanyak istirahat, berhenti merokok, menghindari paparan polusi udara, dan menjaga kebersihan udara di dalam rumah, agar gejala penyakit saluran pernapasan yang Anda alami, termasuk adanya dahak pada tenggorokan, lebih cepat teratasi.

Bila beberapa cara mengeluarkan dahak secara alami di atas kurang efektif atau Anda merasakan keluhan lainnya, seperti dahak semakin mengental dan mengalami perubahan warna, demam, mengi, nyeri dada, bahkan sesak napas, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan penanganan yang sesuai.