Munculnya benjolan di pergelangan tangan sering kali memicu rasa khawatir. Pasalnya, anggapan yang masih banyak dipercaya adalah benjolan merupakan kanker. Padahal, tidak selalu demikian. Ada beragam jenis benjolan di pergelangan tangan dan penyebabnya juga tidak hanya kanker.

Ada beberapa jenis benjolan di pergelangan tangan. Umumnya benjolan tersebut tidak berbahaya dan disebabkan oleh kista maupun lipoma yang tidak menimbulkan gejala, termasuk nyeri. Namun, pemeriksaan untuk memastikan penyebab benjolan di pergelangan tangan masih tetap diperlukan.

4 Jenis Benjolan di Pergelangan Tangan yang Umum Terjadi - Alodokter

Berbagai Jenis Benjolan di Pergelangan Tangan

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan munculnya benjolan di pergelangan tangan:

1. Lipoma

Lipoma merupakan benjolan berisi lemak yang menumpuk di antara kulit dan lapisan otot. Meski bisa muncul di bagian tubuh mana pun, benjolan ini paling sering ditemukan pada area leher, bahu, ketiak, termasuk di pergelangan tangan.

Salah satu penyebab benjolan di pergelangan tangan ini sering kali tidak bergejala, sehingga kehadirannya tidak disadari. Beberapa karekteristik lipoma yang membedakan dengan benjolan lainnya, adalah sebagai berikut:

  • Pertumbuhannya sangat lambat
  • Konsistensinya kenyal
  • Mudah digoyangkan
  • Serupa dengan warna kulit sekitarnya

Tidak ada perawatan khusus untuk menangani lipoma. Meski demikian, jika ukuran lipoma makin membesar atau menimbulkan rasa sakit, ada beberapa pilihan penanganan yang bisa dilakukan, seperti operasi pengangkatan lipoma.

2. Kista ganglion

Kista ganglion merupakan salah satu penyebab benjolan di pergelangan tangan yang paling sering terjadi. Benjolan akibat kista ganglion bisa tumbuh di sepanjang tendon dan sendi pergelangan tangan. Selain di pergelangan tangan, kista ganglion juga dapat ditemukan pada bagian tubuh lain, seperti kaki terutama pergelangan kaki.

Ukuran kista ganglion dapat bervariasi, mulai dari seukuran kacang polong hingga sebesar bola golf.

Kista ganglion dapat Anda kenali dari ciri-ciri berikut:

  • Berbentuk bulat atau lonjong
  • Ukuran bisa berubah, semakin membesar seiring waktu dan pergerakan sendi
  • Tidak menimbulkan rasa sakit saat disentuh

Sebagian besar kista ganglion dapat hilang dengan sendirinya, sehingga tidak memerlukan penanganan khusus. Namun, jika kista ganglion menimbulkan nyeri bahkan hingga menggangu aktivitas, dokter mungkin akan melakukan penyedotan cairan atau operasi pengangkatan kista.

3. Kutil

Kondisi lain yang bisa menyebabkan munculnya benjolan di pergelangan tangan adalah kutil. Kutil disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV) di kulit.

Virus penyebab kutil dapat menular dengan sangat mudah ketika kulit terluka dan bersentuhan langsung dengan kulit penderita atau benda yang terkontaminasi oleh virus HPV.

Berikut adalah ciri-ciri benjolan di pergelangan tangan akibat kutil:

  • Benjolan kecil dan seperti daging
  • Memiliki titik-titik hitam yang terlihat seperti biji
  • Memiliki tekstur kasar

Sebagian besar kutil bisa hilang dengan sendirinya. Namun, langkah pengobatan tetap perlu dilakukan, terlebih jika kutil menyebar ke bagian tubuh lain dan menimbulkan rasa sakit. Salah satu penanganannya adalah dengan mengoleskan salep yang mengandung asam salisilat, maupun dengan cryosurgercy atau operasi pengangkatan kutil.

4. Kista epidermoid

Kista epidermoid juga bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di pergelangan tangan. Kista ini tumbuh ketika sel-sel kulit mati terjebak di dalam kulit, sehingga membentuk sebuah benjolan.

Selain di kulit pergelangan tangan, kista epidermoid dapat muncul di kulit kepala, wajah, leher, pergelangan tangan, punggung, dan area kelamin.

Secara fisik, kista epidermoid ini bisa Anda kenali dengan mengamati ciri-cirinya, seperti:

  • Benjolannya memiliki komedo hitam di puncak benjolan.
  • Jika mengalami peradangan, area di sekitar kista epidermoid bisa menjadi kemerahan dan bengkak.
  • Bila pecah, kista epidermoid akan mengeluarkan cairan kental berwarna kuning yang berbau tak sedap.

Walaupun sebagian besar kista epidermoid tidak membutuhkan penanganan khusus, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter bila kista epidermoid yang Anda miliki semakin membesar, mengganggu penampilan, bahkan pecah.

Kebanyakan benjolan yang muncul di pergelangan tangan memang tidak berbahaya. Kendati demikian, Anda tetap tidak boleh menganggapnya sepele. Segera periksakan diri ke dokter apabila benjolan di pergelangan tangan tidak kunjung hilang dalam beberapa bulan, bahkan hingga menimbulkan rasa sakit.