Sama seperti namanya, baby oil biasa digunakan untuk kepentingan bayi, misalnya untuk memijat bayi atau menjaga kulitnya tetap lembut. Namun, ada juga beragam manfaat baby oil untuk orang dewasa, lho. Yuk, ketahui apa saja kegunaannya.

Baby oil merupakan salah satu produk bayi yang cukup mudah ditemukan di mana pun. Produk ini mengandung minyak mineral dan biasanya bebas dari bahan kimia keras, seperti paraben dan wewangian, sehingga berisiko lebih rendah untuk memicu reaksi iritasi dan alergi (hipoalergenik).

5 Manfaat Baby Oil untuk Orang Dewasa - Alodokter

Karena kandungannya yang lembut, baby oil aman untuk digunakan oleh segala usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Ini Manfaat Baby Oil untuk Orang Dewasa

Selain baik untuk kulit bayi, faktanya baby oil juga memiliki banyak manfaat untuk orang dewasa. Berikut adalah beberapa kegunaan baby oil yang bisa kamu dapatkan:

1. Melembapkan kulit

Baby oil bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering di wajah, tangan, kaki, dan tubuh. Selain melembapkan, baby oil bisa membantu menjaga kulit tetap kencang dan elastis, lho. Minyak ini juga bersifat non comedogenic, yang artinya tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga aman digunakan pada kulit wajah.

Namun, jika kulit wajahmu termasuk kulit berminyak, penggunaan baby oil sebaiknya dihindari karena justru bisa menimbulkan jerawat. Jadi, sesuaikan penggunaannya dengan jenis kulitmu, ya.

2. Memperkuat dan memperbaiki kerusakan rambut

Selain bermanfaat untuk kulit, baby oil juga memiliki khasiat bagi kesehatan rambut. Di antaranya adalah untuk memberikan kelembapan pada rambut, mencegah rambut kering dan rontok, serta menghaluskan dan memperkuat rambut.

Baby oil juga baik untuk melembapkan kulit kepala sekaligus mencegah iritasi di kulit kepala dan munculnya ketombe.

3. Mengatasi bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah bisa membuat orang yang mengalaminya merasa kurang nyaman, karena bibir menjadi kering, terluka, atau bahkan berdarah. Keluhan ini juga bisa mengganggu penampilan.

Guna mengatasinya, kamu dianjurkan untuk melembapkan bibirmu dengan produk yang mengandung minyak mineral, bebas pewangi, dan hipoalergenik, seperti petroleum jelly atau baby oil.

4. Menghapus riasan wajah

Manfaat baby oil untuk orang dewasa yang berikutnya adalah untuk menghapus riasan wajah atau makeup remover. Karena baby oil mengandung bahan-bahan yang aman terhadap kulit bayi, kamu tidak perlu khawatir untuk mengaplikasikannya pada wajahmu, ya.

5. Membersihkan kotoran telinga

Kotoran yang mengeras dan menumpuk di telinga bisa membuat telinga terasa kurang nyaman serta mengganggu pendengaran. Untuk membersihkan kotoran telinga yang susah keluar, kamu bisa menggunakan obat tetes telinga atau baby oil.

Baby oil dapat melunakkan tekstur kotoran telinga sehingga lebih mudah dikeluarkan. Namun, jika setelah menggunakan baby oil kotoran telinga masih sulit keluar, kamu sebaiknya ke dokter THT untuk membersihkannya, ya.

Itulah beberapa manfaat baby oil untuk orang dewasa yang perlu kamu ketahui. Selain aneka manfaat di atas, baby oil juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu minyak pilihan untuk memijat.

Kendati memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit dan rambut, ada sebagian orang yang mungkin bisa mengalami reaksi alergi ketika kulitnya terpapar baby oil. Reaksi ini biasanya lebih berisiko terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif.

Jika setelah menggunakan baby oil kamu mengalami gejala alergi di kulit, seperti muncul ruam, bentol-bentol, atau kulit terasa gatal, segera hentikan penggunaan baby oil. Bila gejala tersebut tidak kunjung membaik, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.