Tak hanya terasa gatal, ketombe juga dapat memicu kerontokan rambut dan mengganggu rasa percaya diri. Cara alami menghilangkan ketombe berikut bisa dicoba agar masalah rambut dan kulit kepala berketombe yang Anda alami dapat segera teratasi.

Ketombe merupakan salah satu masalah pada rambut dan kulit kepala yang cukup umum terjadi. Ketombe bisa lebih sering muncul pada orang yang jarang berkeramas atau kurang menjaga kebersihan rambutnya.

Berbagai Cara Alami Menghilangkan Ketombe - Alodokter

Selain itu, munculnya ketombe juga bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari produksi minyak atau sebum berlebih di kulit kepala, stres, perubahan hormon, hingga penyakit tertentu, seperti infeksi jamur di kulit kepala, psoriasis, dan dermatitis seboroik.

Meski demikian, ketombe bukanlah kondisi yang berbahaya dan bisa diatasi dengan sampo antiketombe atau bahan-bahan alami.

Bahan-Bahan Alami untuk Menghilangkan Ketombe

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe, antara lain:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang sudah lama digunakan secara tradisional untuk menghilangkan ketombe. Jenis minyak ini dapat melembapkan kulit kepala dan rambut serta mencegah kulit kepala kering dan mengelupas.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi ketombe cukup mudah. Oleskan minyak kelapa ke kulit kepala, kemudian pijat secara perlahan dan diamkan selama 15–20 menit. Selain dapat menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga baik untuk menghaluskan dan menyuburkan rambut.

2. Soda kue

Soda kue dapat digunakan untuk mengurangi gatal-gatal dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. Bahan ini juga dapat membasmi jamur penyebab munculnya ketombe.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, taburkan soda kue secukupnya ke rambut yang basah secara merata, kemudian diamkan selama 1–2 menit sebelum keramas.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan antiradang dan antijamur pada lidah buaya diketahui dapat mengatasi peradangan di kulit kepala yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Untuk menghilangkan ketombe, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya atau lidah buaya segar yang telah dihaluskan ke kulit kepala, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Gunakan lidah buaya secara rutin selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasilnya.

4. Cuka apel

Zat asam pada cuka apel dapat mengangkat sel kulit mati di kepala yang merupakan penyebab munculnya ketombe. Cuka apel juga dapat menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH kulit kepala sehingga mampu mengurangi dan menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai antiketombe, Anda perlu mencampurkan setengah gelas cuka apel dengan 1 gelas air, lalu oleskan di kulit kepala secara merata. Setelah itu, tunggu selama 15 menit dan cuci rambut hingga bersih.

Selain menggunakan bahan-bahan alami, ketombe juga dapat diatasi dengan sampo antiketombe. Pilihlah sampo yang mengandung natrium lauril sulfat (SLS), natrium lauret sulfat (SLES), dimethicone, zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan natrium benzoat.

Berbagai kandungan tersebut dipercaya dapat menghilangkan ketombe yang muncul dan mencegah kulit kepala kering yang dapat memicu munculnya ketombe.

Selain itu, beberapa sampo antiketombe juga ditambahkan kandungan mentol sehingga tidak hanya sekadar menghilangkan ketombe, tetapi juga mengatasi gatal pada kulit kepala akibat ketombe dan menyegarkan kulit kepala.

Beberapa Cara Alami untuk Menghilangkan Ketombe

Jika penggunaan bahan-bahan alami tersebut dirasa kurang efektif, Anda juga bisa mengikuti tips-tips menghilangkan ketombe berikut ini:

  • Mengelola stres untuk mencegah ketombe semakin memburuk
  • Menjalani pola makan sehat dan perbanyak asupan nutrisi, seperti vitamin B dan omega-3
  • Membersihkan rambut secara rutin, terutama saat rambut terasa berminyak atau berkeringat

Sebagian besar masalah ketombe dapat diatasi dengan produk perawatan rambut khusus maupun bahan-bahan alami.

Namun, bila berbagai perawatan di rumah dan cara alami menghilangkan ketombe di atas tidak juga membuahkan hasil, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menentukan jenis penanganan yang tepat, sesuai kondisi yang Anda alami.