Cara menyuburkan rambut dapat dilakukan dengan mengonsumsi sumber nutrisi yang mampu merangsang pertumbuhan rambut baru. Tak hanya dari dalam, perawatan rambut dari luar pun perlu dilakukan agar rambut tidak rusak dan mudah rontok.

Rambut rontok bisa terjadi karena siklus pertumbuhan rambut, penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras, stres, hingga demam tinggi.

7 Cara Menyuburkan Rambut yang Mudah Dilakukan - Alodokter

Beberapa keluhan rambut rontok bisa membaik dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Namun, jika rambut Anda terus-menerus rontok hingga menyebabkan kebotakan, Anda perlu mencoba beberapa cara menyuburkan rambut untuk mengatasinya.

Berbagai Cara Menyuburkan Rambut

Cara menyuburkan rambut yang paling utama adalah menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Memenuhi asupan protein

Protein merupakan komponen utama pembentuk rambut. Dengan memenuhi asupan hariannya, Anda dapat mengatasi keluhan rambut rontok yang dialami. Jika kekurangan asupan protein, rambut akan mudah rapuh dan menjadi kusam.

Anda bisa memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi makanan sumber protein, seperti daging rendah lemak, daging unggas, ikan, kacang, telur, dan produk susu rendah lemak.

2. Memenuhi kebutuhan vitamin B 

Tak hanya protein, kekurangan vitamin B juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kebutuhan vitamin B dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi biji-bijian, kacang almond, daging, ikan, makanan laut, dan sayuran hijau.

3. Melengkapi asupan vitamin D

Melengkapi asupan vitamin D juga dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut pada folikel rambut. Untuk melengkapi asupan vitamin D, Anda dapat mengonsumsi ikan salmon, jamur, biji-bijian utuh, jus jeruk, dan susu rendah lemak yang diperkaya vitamin D.

4. Memenuhi kebutuhan zinc

Zinc berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut. Zinc juga menjaga kelenjar minyak di sekitar folikel bekerja dengan baik. Cara menyuburkan rambut dengan memenuhi asupan zinc bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi daging merah, tiram, bayam, dan biji labu.

5. Mengonsumsi sumber makanan asam lemak omega-3

Mengonsumsi sumber makanan asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, ikan sarden, yoghurt, keju, salad, dan sereal, dapat merangsang folikel rambut dan kelenjar minyak. Selain itu, omega-3 juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kulit kepala.

6. Mengoleskan minyak esensial

Selain asupan makanan bergizi, cara menyuburkan rambut juga bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak esensial. Minyak ekstrak biji anggur dipercaya dapat menyuburkan rambut karena mengandung asam linoleat.

Selain itu, minyak rosemary juga bisa digunakan untuk menstimulasi akar rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan menjaga kelembapan di kulit kepala.

7. Menghindari produk penyebab rambut menipis

Cara menyuburkan rambut yang tak kalah penting adalah menghindari produk pengering, pewarna, dan pelurus rambut.

Berbagai produk tersebut dapat menyebabkan rambut kering, rapuh, dan menipis. Rambut yang menipis dan lemah akan lebih mudah mengalami kerontokan.

Tak hanya sekadar mengatasi keluhan rambut rontok, cara menyuburkan rambut di atas juga dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala serta mewujudkan rambut yang bersih dan berkilau.

Jika beberapa cara menyuburkan rambut tersebut belum berhasil mengatasi keluhan yang Anda alami, konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat untuk menyuburkan rambut Anda.