Memilih sampo bukanlah perkara mudah, karena setiap orang bisa memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Pemilihan sampo yang tidak tepat justru dapat membuat rambut mudah rusak. Oleh karena itu, Anda perlu lebih selektif dalam memilih jenis sampo yang akan digunakan.

Pada dasarnya, semua sampo mengandung bahan-bahan yang memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk membersihkan dan melembutkan rambut. Berbagai kandungan lain juga ditambahkan dan disesuaikan dengan jenis rambut serta kulit kepala yang cocok dengan sampo tersebut.

Memilih Sampo yang Tepat Sesuai Jenis Rambut - Alodokter

Memilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

Langkah awal dalam memilih sampo yang tepat adalah dengan mengenali jenis dan masalah pada rambut. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu apakah rambut Anda kering, berminyak, tipis, mudah rontok, atau sering diwarnai.

Berikut ini adalah cara memilih sampo sesuai dengan jenis rambut:

1. Rambut kering

Rambut kering biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang tidak dapat memproduksi cukup minyak atau sebum untuk melembapkan rambut, sehingga rambut menjadi kering, kusam, dan sulit diatur.

Hindari penggunaan sampo yang banyak mengandung detergen dan alkohol, sebab bahan-bahan ini bisa membuat rambut semakin kering dan rusak.

Sebagai gantinya, gunakan sampo berbahan lembut dengan kandungan minyak alami, seperti minyak kelapa, minyak argan, alpukat, atau biji anggur, yang dapat berfungsi sebagai pelembap.

Anda juga bisa menggunakan kondisioner setelah keramas, agar rambut menjadi lebih lembut dan mudah diatur.

2. Rambut berminyak

Rambut berminyak disebabkan oleh produksi sebum berlebih di kulit kepala. Hal ini membuat jenis rambut tersebut sering disertai dengan masalah lain, yaitu ketombe.

Untuk mengurangi minyak dan ketombe di kulit kepala, Anda bisa menggunakan sampo yang telah diperkaya dengan kandungan asam salisilat, selenium sulfida, zinc pyrithione, atau ketoconazole.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk mencuci rambut setidaknya 1 kali sehari, terutama setelah rambut terasa berminyak dan berkeringat. Hindari kebiasaan terlalu sering mencuci rambut karena justru akan memicu kelenjar minyak di kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak sebum.

3. Rambut tipis

Bagi Anda yang memiliki rambut tipis, gunakan sampo dengan kandungan panthenol yang bermanfaat untuk melebatkan rambut. Sampo dengan kandungan keratin juga bisa Anda pilih untuk membuat rambut terlihat lebih tebal dan bervolume.

Selain itu, apabila Anda ingin memakai kondisioner, pastikan untuk menggunakannya pada bagian akar rambut saja. Hal ini dikarenakan penggunaan kondisoner yang terlalu banyak dapat membuat rambut tipis terlihat sangat lemas, rapuh, dan tidak bervolume.

4. Rambut rontok

Salah memilih jenis dan kandungan dalam sampo dapat membuat rambut rontok semakin parah. Anda disarankan untuk menghindari produk sampo yang mengandung sulfur.

Meski berguna untuk membersihkan rambut, sulfur dapat menghilangkan minyak dari kulit kepala dan menyebabkan rambut menjadi kering, patah, serta mudah rontok.

Sebagai gantinya, gunakan sampo berbahan lembut dengan kandungan asam salisilat, biotin, keratin, atau ketoconazole, yang mampu mengurangi kerontokan rambut.

5. Rambut yang telah diwarnai

Berbeda dengan jenis rambut lainnya, rambut yang diwarnai membutuhkan sampo khusus yang dapat membantu warna rambut tetap tahan lama. Gunakan sampo tanpa kandungan sulfat dengan tingkat pH di bawah 5,5 untuk menjaga warna rambut agar tidak cepat pudar.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba sampo berbahan alami, seperti sampo dengan kandungan minyak dan rumput laut, yang juga dipercaya dapat melindungi warna rambut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sampo

Banyak orang memilih produk sampo karena promosi yang terkesan meyakinkan dan dianggap dapat mengatasi masalah pada rambut. Padahal, tidak ada sampo yang seketika dapat menyelesaikan masalah rambut Anda.

Menggunakan sampo dengan bahan kimia yang terlalu keras atau kuat justru dapat menghilangkan minyak alami rambut, sehingga rambut dan kulit kepala menjadi kering.

Tak hanya itu, pastikan juga sampo Anda bebas bahan kimia tertentu, seperti formaldehyde, 1,4-dioxane, dan cocamide diethanolamine (cocamide DEA). Bahan-bahan kimia tersebut tergolong berbahaya dan berpotensi meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Hal paling penting untuk dilakukan adalah selalu membiasakan diri membaca kandungan yang tertera pada produk sampo sebelum membelinya. Dengan demikian, Anda pun dapat memilih sampo sesuai kebutuhan rambut dan kulit kepala serta menghindari kandungan yang berbahaya.

Bila masih memiliki pertanyaan seputar cara memilih sampo yang tepat untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.