Jika Anda memiliki masalah rambut rontok, ada banyak cara alami mengatasi rambut rontok yang mudah dilakukan. Cara-cara alami ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami atau mencukupi asupan nutrisi tertentu guna memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

Rambut rontok merupakan kondisi yang umum terjadi. Dalam 1 hari, normalnya akan ada sekitar 50–100 helai rambut yang gugur. Jika jumlahnya lebih dari itu dan berlangsung terus-menerus, kondisi kerontokan rambut sudah dianggap berlebihan dan perlu diwaspadai.

Inilah 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok - Alodokter

Rambut rontok memang bisa ditangani dengan penanganan medis, misalnya dengan obat penumbuh rambut, terapi laser, atau prosedur transplantasi rambut. Namun, Anda juga bisa mencoba berbagai cara alami mengatasi rambut rontok yang mudah dilakukan di rumah.

Berbagai Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Meski kesannya sederhana, beberapa cara alami cukup efektif dalam mengatasi rambut rontok. Berikut ini adalah beberapa cara alami yang dapat Anda coba untuk mengurangi kerontokan rambut:

1. Tidak terlalu sering keramas

Banyak orang mengira keramas setiap hari dapat menjaga kondisi rambut tetap sehat. Padahal, penggunaan sampo yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut rusak, kering, mudah patah, dan terlihat lebih tipis.

Tak hanya itu, mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggosoknya secara kencang menggunakan handuk juga dapat membuat rambut mengalami kerontokan.

Oleh karena itu, agar rambut tidak mudah rontok, Anda disarankan untuk keramas sebanyak 1–3 kali seminggu saja dan mengeringkan rambut dengan handuk secara lembut.

2. Tata rambut dengan lembut

Berbagai metode penataan rambut, seperti mewarnai, mencatok, dan mengeriting rambut, dapat membuat rambut rusak dan kering serta mengiritasi kulit kepala.

Sementara itu, kebiasaan mengikat dan mengepang rambut terlalu kencang juga dapat menyebabkan akar rambut tertarik, sehingga rambut menjadi mudah rontok.

Untuk mengurangi kerontokan rambut dan menjaga kulit kepala tetap sehat, sebaiknya hindari penataan rambut yang telah disebutkan di atas.

Bila Anda hendak mengeringkan rambut dengan pengering rambut, hindari menggunakan suhu panas karena dapat membuat rambut cepat rusak.

3. Terapkan pola hidup sehat

Beberapa jenis penyakit, seperti kurang gizi dan anemia atau kurang darah, dapat menjadi penyebab rambut rontok. Selain itu, stres berlebihan juga kerap menjadi biang kerok kerontokan rambut.

Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, cobalah menjalani pola hidup sehat, yaitu dengan meredakan stres, berolahraga secara rutin, meluangkan waktu untuk meditasi, serta mencukupi waktu tidur.

4. Gunakan bahan-bahan alami

Lidah buaya dan minyak kelapa telah lama dipercaya berkhasiat dalam mengatasi rambut rontok dan merawat kulit kepala. Bahkan, lidah buaya juga diyakini dapat mengurangi ketombe dan produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Di sisi lain, minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menyerap ke dalam rambut dan menggantikan protein rambut yang hilang.

Selain lidah buaya dan minyak kelapa, ada beberapa bahan alami lain yang juga bisa Anda coba untuk mengatasi rambut rontok, di antaranya:

Lemon

Kandungan vitamin C pada lemon bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan jus atau minyak lemon ke kulit kepala setelah keramas.

Kuning telur

Kuning telur merupakan sumber vitamin A, biotin, asam amino, dan folat yang baik untuk melembapkan rambut kering serta membuat rambut tumbuh lebih cepat dan kuat. Hal ini menjadikan kuning telur sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk mengatasi rambut rontok.

Minyak rosemary dan minyak geranium                                                

Minyak rosemary dan geranium dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan dan memperkuat rambut. Untuk menggunakannya, oleskan minyak ini ke kulit kepala sebelum atau sesudah keramas.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen ginseng yang dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan melancarkan aliran darah pada kulit kepala, sehingga baik untuk mengatasi rambut rontok.

5. Cukupi asupan nutrisi

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, memenuhi asupan nutrisi juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Asupan nutrisi yang sehat dan seimbang merupakan bagian dari cara alami untuk mengatasi rambut rontok dari dalam.

Beberapa jenis nutrisi yang penting untuk rambut rontok meliputi:

Protein dan omega-3

Konsumsi makanan yang mengandung cukup protein dan asam lemak omega-3, seperti telur dan ikan salmon, agar kulit kepala menjadi lebih sehat serta rambut tumbuh kuat dan berkilau.

Vitamin

Ada banyak jenis vitamin yang baik untuk kesehatan rambut, di antaranya vitamin A, vitamin B, Vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Asupan vitamin tersebut diketahui dapat mencegah dan mengatasi rambut rontok, menjaga kesehatan kulit kepala, serta menyuburkan rambut.

Zinc

Zinc atau seng berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut serta menjaga kelembapan alami rambut. Kekurangan asupan zinc dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

Zat besi

Selain menyebabkan anemia, kekurangan zat besi juga bisa menjadi penyebab utama kerontokan rambut, terutama pada wanita.

Masalah rambut rontok tidak bisa diatasi hanya dalam waktu singkat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda perlu mencoba beberapa cara alami mengatasi rambut rontok secara rutin dan berkala.

Jika rambut masih juga rontok meski telah mencoba semua cara alami mengatasi rambut rontok seperti yang telah disebutkan di atas, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.