Cara mengatasi rambut lepek dapat dimulai dengan keramas menggunakan sampo yang tepat secara rutin. Lalu, ubahlah beberapa kebiasaan yang turut berkontribusi terhadap produksi minyak berlebih di kulit kepala yang memicu rambut menjadi lepek.

Kelenjar minyak (sebasea) di kulit kepala akan memproduksi minyak yang berguna untuk melembapkan kulit kepala dan rambut, serta mencegah infeksi kulit. Namun, kelenjar ini terkadang bisa memproduksi minyak secara berlebihan, sehingga membuat rambut menjadi lepek dan berminyak.

9 Cara Mengatasi Rambut Lepek yang Ampuh - Alodokter

Rambut lepek memang bukan kondisi yang serius, tetapi bisa mengganggu penampilan. Oleh karena itu, atasi kondisi ini dengan menerapkan berbagai cara mengatasi rambut lepek agar mahkota kepala ini terlihat sehat.

Cara Mengatasi Rambut Lepek

Ada banyak cara mengatasi rambut lepek yang dapat dilakukan. Cara-cara tersebut tergolong mudah dilakukan dan ampuh dalam mengatasi rambut lepek dan berminyak. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Mencuci rambut secara rutin

Cara mengatasi rambut lepek yang pertama adalah keramas setiap hari. Hal ini berguna untuk mengangkat minyak berlebih, kotoran, serta sisa produk perawatan rambut yang ada di kulit kepala. Keramas bisa dilakukan sebanyak 1 kali sehari, terutama jika rambut terasa berminyak, kotor, atau banyak berkeringat.

2. Memakai sampo khusus rambut berminyak

Perhatikan juga sampo yang digunakan sebagai cara mengatasi rambut lepek. Pemilik rambut lepek dianjurkan untuk menggunakan sampo khusus rambut berminyak. Sampo jenis ini sudah diformulasikan untuk membersihkan kulit kepala dan rambut tanpa membuatnya menjadi terlalu lembap.

Sampo dengan kandungan asam alfa hidroksi (AHA) dan ketoconazole bisa membersihkan kulit kepala dan mengangkat minyak berlebih dengan baik. Namun, hindari sampo yang mengandung minyak atau silikon karena bisa membuat rambut menjadi cepat lepek.

3. Mencuci rambut secara lembut

Cuci rambut dan kulit kepala secara lembut menjadi bagian dari cara mengatasi rambut lepek yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya, menggosok kulit kepala secara kasar justru bisa memicu iritasi yang akhirnya merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak secara berlebih. Efeknya, rambut menjadi berminyak dan lepek.

4. Memakai kondisioner dengan tepat

Setelah selesai keramas, gunakanlah kondisioner agar kelembapan rambut tetap terjaga. Namun, cara mengatasi rambut lepek ini sebaiknya hanya diterapkan ke ujung rambut, jangan sampai ke kulit kepala. Mengoleskan kondisioner ke kulit kepala membuat rambut menjadi lebih mudah lepek.

Setelah mengoleskan kondisioner ke rambut, jangan lupa untuk membilasnya sampai bersih. Tujuannya adalah agar tidak ada sisa residu yang menempel di rambut dan membuat rambut menjadi mudah lepek dan kotor.

5. Mencuci sisir secara rutin

Agar rambut tidak sering lepek, jagalah kebersihan sisir rambut Anda dengan baik. Sisir yang jarang dicuci cenderung menyimpan kotoran dan minyak. Jika digunakan, rambut menjadi mudah kotor dan lepek.

6. Membatasi kebiasaan menyentuh rambut

Cobalah untuk membatasi kebiasaan menyentuh, memainkan, atau menyisir rambut, apalagi jika tangan Anda kotor dan berminyak. Hal ini juga menjadi bagian dari cara mengatasi rambut lepek karena kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa merangsang kelenjar minyak di kulit kepala memproduksi minyak berlebih.

7. Membatasi penggunaan hair dryer

Untuk mengatasi rambut lepek, Anda juga perlu membatasi penggunaan hair dryer maupun alat penata rambut lainnya. Panas yang dihantarkan oleh alat-alat ini dapat mengiritasi kulit kepala, sehingga merangsang produksi minyak berlebih. Dampaknya, rambut menjadi rentan untuk lepek dan berminyak.

8. Mengganti sarung bantal secara rutin

Cara mengatasi rambut lepek dan berminyak selanjutnya ialah mengganti sarung bantal secara rutin setiap seminggu sekali. Ini perlu untuk dilakukan karena minyak dan kotoran yang ada di rambut bisa menempel di sarung bantal.

Nah, minyak dan kotoran yang menempel ini bisa mengotori rambut jika Anda kembali berbaring di bantal tersebut usai keramas. Hal inilah yang akhirnya membuat rambut menjadi mudah lepek.

9. Menggunakan topi saat beraktivitas di bawah matahari

Tidak hanya kulit, rambut juga bisa mudah rusak ketika terlalu banyak terpapar sinar matahari. Rambut yang sering terpapar sinar matahari akan lebih mudah rusak, kusam, lepek, dan rontok. Oleh karena itu, saat beraktivitas di bawah terik matahari, gunakanlah pelindung rambut berupa topi.

Setelah beraktivitas di bawah terik matahari, segeralah cuci rambut agar keringat dan minyak berlebih yang menempel di rambut bisa hilang. Biarkan rambut kering secara alami dan jangan menggunakan hair dryer karena bisa membuat rambut menjadi mudah rusak.

Rambut lepek bisa mengganggu penampilan sehingga penting untuk menerapkan cara mengatasi rambut lepek tersebut. Namun, jika langkah penanganan sudah diterapkan tetapi masalah rambut lepek tak juga kunjung teratasi atau disertai ketombe, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan cara mengatasi rambut lepek yang sesuai agar rambut sehat dan indah bisa segera dimiliki.