Biotin merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Manfaat biotin sangatlah beragam, mulai dari menjaga kadar gula darah tetap stabil hingga memelihara kesehatan rambut. Untuk mengetahui lebih jauh seputar manfaat biotin, simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Biotin atau dikenal juga dengan vitamin B7 merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks. Vitamin yang tergolong dalam jenis vitamin larut air ini berfungsi sebagai enzim yang dapat merubah lemak dan karbohidrat dalam makanan menjadi energi, serta menghasilkan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

5 Manfaat Biotin untuk Kesehatan dan Kecantikan - Alodokter

Tak hanya itu, biotin juga diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Beragam Manfaat Biotin

Berikut ini adalah beberapa manfaat biotin untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Mencegah kelainan bawaan pada janin

Selama berada di dalam kandungan, janin membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk pembentukan organ dan jaringan tubuhnya. Aneka nutrisi tersebut meliputi asam folat, karbohidrat, protein, dan biotin.

Beberapa studi menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi saat hamil, termasuk biotin, dapat meningkatkan risiko janin mengalami cacat bawaan lahir (kelainan kongenital) dan berat badan lahir rendah.

Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, tak terkecuali asupan biotin. Jika perlu, ibu hamil bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan suplemen biotin tambahan selama kehamilan.

2. Menjaga gula darah tetap stabil

Biotin merupakan salah satu jenis nutrisi yang dapat mendukung kerja hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin. Beberapa studi pun membuktikan bahwa asupan biotin yang tercukupi dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 2 dan kerusakan saraf akibat penyakit tersebut.

3. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Selain baik untuk mencegah dan mengontrol penyakit diabetes, asupan biotin yang disertai dengan pola makan dan gaya hidup sehat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat biotin yang satu ini.

4. Memelihara kekuatan kuku

Apakah kuku kaki atau tangan Anda rapuh dan mudah patah? Jika iya, Anda bisa mengonsumsi suplemen biotin sebagai salah satu cara untuk mengatasinya. Pasalnya, biotin diketahui dapat mendukung pertumbuhan jaringan kuku dan menjaganya tetap kuat.

5. Mengatasi rambut rontok

Beberapa studi menunjukkan bahwa penggunaan suplemen atau produk perawatan rambut yang mengandung biotin bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Biotin juga disebut dapat menebalkan dan membuat rambut lebih berkilau serta mencegah kerontokan rambut.

Sayangnya, beberapa klaim manfaat biotin di atas masih perlu diteliti lebih lanjut. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencukupi kebutuhan biotin dari makanan bergizi seimbang atau suplemen biotin sesuai rekomendasi dokter.

Rekomendasi Asupan Biotin Sehari-hari

Orang dewasa usia di atas 18 tahun disarankan untuk memenuhi asupan biotin sebanyak 30–100 mikrogram per hari. Vitamin ini bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan, misalnya roti dan sereal gandum, hati sapi, kacang-kacangan, salmon, ayam, telur, serta produk olahan susu.

Pada orang yang sehat dan rutin menjalani pola makan sehat bergizi seimbang, kekurangan biotin tergolong jarang terjadi. Akan tetapi, Anda tetap perlu memperhatikan gejala kekurangan biotin berikut ini:

  • Rambut menipis
  • Warna rambut semakin pudar
  • Ruam merah di sekitar mata, hidung, dan mulut
  • Rasa geli atau kesemutan pada tangan dan kaki
  • Depresi
  • Halusinasi

Agar asupan biotin Anda tercukupi, Anda dapat mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menggunakan suplemen biotin.

Meski demikian, konsumsi suplemen ini harus melalui konsultasi dokter terlebih dahulu, terutama bagi anak-anak atau wanita yang berencana hamil, sedang hamil, atau menyusui. Selain itu, suplemen biotin bisa efektivitas obat-obatan tertentu, seperti antibiotik dan obat epilepsi.