Salah satu manfaat vitamin B bagi tubuh yang paling dikenal adalah membantu tubuh menghasilkan energi serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh. Di samping itu, masih ada banyak manfaat vitamin B lainnya penting untuk Anda ketahui.

Vitamin B terdiri dari 8 jenis dan keseluruhan vitamin B ini disebut dengan vitamin B kompleks. Masing-masing jenis vitamin B memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Sebagian besar nutrisi ini mudah ditemukan dalam berbagai makanan sehari-hari, terutama sumber makanan hewani.

Beragam Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan - Alodokter

Jenis-Jenis Vitamin B dan Manfaatnya

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan dari masing-masing jenis vitamin B:

1. Vitamin B1 (thiamine)

Vitamin B1 bermanfaat untuk menjaga sistem saraf tetap sehat, serta membantu kinerja metabolisme tubuh dalam menghasilkan energi dan nutrisi. Selain itu, vitamin B1 juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi sel dan jaringan tubuh.

Jumlah asupan vitamin B1 yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah sekitar 1,1−1,2 miligram per hari. Anda bisa melengkapi kebutuhan harian vitamin B1 dari berbagai makanan sehari-hari, seperti nasi merah, roti gandum, pisang, jeruk, kacang-kacangan, dan sereal.

2. Vitamin B2 (riboflavin)

Asupan vitamin B2 yang tercukupi berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya kulit, mata, dan sistem saraf, serta membantu proses pencernaan karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu meningkatkan energi.

Jumlah kecukupan vitamin B2 yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah sekitar 1,1–1,2 miligram per hari. Anda bisa mendapatkan sumber vitamin B2 yang baik dari kuning telur, susu, daging, tuna, ikan salmon, kedelai, kacang almond, dan gandum.

3. Vitamin B3 (niacin)

Manfaat vitamin B3 antara lain menjaga fungsi sistem saraf, menjaga kesehatan kulit, dan membantu tubuh menghasilkan energi. Sumber terbaik vitamin B3 bisa ditemukan pada daging, ikan, dan telur. Jumlah asupan vitamin B3 yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah sekitar 14–16 miligram per hari.

4. Vitamin B5 (pantothenic acid)

Vitamin B5 berperan penting dalam proses pertumbuhan dan mendukung produksi hormon di dalam tubuh. Jumlah asupan vitamin B5 yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah sekitar 5 miligram per hari. Vitamin ini dapat ditemukan hampir di semua sayuran, makanan gandum, dan daging.

5. Vitamin B6 (pyridoxine)

Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, yakni komponen sel darah merah yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam mengubah protein dan karbohidrat dari makanan menjadi energi.

Jumlah asupan vitamin B6 yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah sekitar 1,3 miligram per hari. Vitamin B6 bisa didapat dari kacang-kacangan, susu, kentang, ikan, daging ayam, dan pisang.

6. Vitamin B7 (biotin)

Vitamin B7 juga bermanfaat untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, vitamin B7 diketahui berperan dalam menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, hati, dan sistem saraf, serta merupakan nutrisi yang penting selama kehamilan guna mendukung pertumbuhan janin yang sehat.

Jumlah kebutuhan asupan vitamin B7 bagi orang dewasa adalah sekitar 30 mikgrogam (mcg) per hari. Anda bisa mendapatkan vitamin B7 dengan mengonsumsi kuning telur, jeroan, kacang-kacangan, biji-bijian, kembang kol, pisang, jamur, sereal.

7. Vitamin B9 (folic acid)

Vitamin B9 atau asam folat memiliki peran besar dalam produksi sel darah merah. Selain itu, vitamin ini juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, terutama janin.

Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil guna menurunkan risiko terjadinya cacat lahir tabung saraf pada bayi, seperti spina bifida, dan mendukung tumbuh kembang janin yang sehat.

Jumlah asupan vitamin B9 yang disarankan untuk orang dewasa adalah sekitar 400 mikrogram, sedangkan pada ibu hamil adalah sekitar 600 mikrogam. Sumber vitamin B9 bisa mudah ditemukan dalam berbagai makanan, seperti brokoli, kangkung, bayam, buncis, kacang merah, kacang polong, dan sereal.

8. Vitamin B12 (cobalamin)

Manfaat vitamin B12 antara lain untuk memproduksi sel darah merah, memproses vitamin B9 (asam folat), mengubah makanan menjadi sumber energi, dan menjaga sistem saraf dan imunitas tubuh tetap sehat.

Jumlah asupan vitamin B12 yang diperlukan oleh orang dewasa adalah sekitar 4 mikrogram per hari. Anda bisa mendapatkan sumber vitamin B12 dari ikan, daging, susu, keju, dan telur.

Berbagai Gejala Kekurangan Vitamin B

Kebutuhan vitamin B penting untuk tercukupi untuk mendukung kesehatan tubuh, terlebih jika Anda sedang hamil atau menderita penyakit tertentu. Jika kekurangan vitamin B, Anda bisa berisiko terkena penyakit, seperti anemia atau kurang darah dan beri-beri.

Ketika tubuh kekurangan vitamin B, Anda bisa mengalami beberapa gejala berikut:

  • Bibir pecah-pecah
  • Lidah bengkak
  • Mudah lelah
  • Ruam kulit
  • Mual
  • Kram perut
  • Diare atau sembelit
  • Kesemutan atau mati rasa di lengan dan kaki

Jika Anda sedang hamil, kekurangan vitamin B tak hanya berisiko terhadap kesehatan tubuh Anda, tetapi juga terhadap tumbuh kembang dan kondisi janin.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin B, Anda perlu menerapkan pola makan dengan gizi seimbang yang mengandung beragam vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin B tambahan.

Namun, untuk menentukan dosis suplemen vitamin B yang sesuai kebutuhan dan kondisi Anda, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. Dengan begitu, manfaat vitamin B bagi kesehatan dapat Anda peroleh secara maksimal.