Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, manfaat minyak kelapa untuk kulit dan kecantikan juga tidak perlu diragukan lagi. Minyak ini telah lama digunakan untuk melembapkan kulit dan mencegah berbagai masalah pada kulit. 

Buah kelapa dapat diolah dan diproses menjadi berbagai macam bentuk dan salah satunya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa tidak hanya sekadar dijadikan sebagai bahan untuk memasak, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit.

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Beserta Cara Tepat Memilihnya - Alodokter

Ragam Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit

Ada beragam manfaat minyak kelapa untuk kulit yang dapat Anda peroleh, antara lain:

1. Meredakan peradangan kulit

Beberapa penyakit kulit, seperti psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim, diketahui dapat memicu munculnya peradangan pada kulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab minyak kelapa bisa meredakannya.

Minyak kelapa diketahui memiliki sifat antiinflamasi, sehingga baik untuk mengatasi peradangan pada kulit. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga baik untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Meski demikian, penting untuk diingat bahwa sebagian besar penelitian tentang minyak kelapa hingga saat ini masih terbatas. Oleh karena itu, Anda perlu lebih hati-hati dalam menggunakannya, terutama jika ingin digunakan sebagai bahan pengobatan, baik dikonsumsi atau dioleskan ke area kulit yang meradang.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa diketahui dapat membantu proses penyembuhan luka ringan. Minyak kelapa juga diketahui dapat meningkatkan kadar antioksidan dan kadar kolagen pada kulit.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa minyak kelapa yang dikombinasikan dengan antibiotik efektif untuk menyembuhkan luka bakar. Selain mempercepat penyembuhan luka, sifat antimikroba pada minyak kelapa juga dapat mencegah infeksi.

3. Melembapkan kulit

Menjaga asupan cairan tubuh merupakan hal yang penting dilakukan agar kulit terhidrasi dengan baik. Untuk memaksimalkannya, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke kulit, terutama bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering.

Menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi dapat mempertahankan fungsi kulit sebagai penghalang masuknya bakteri, mempercepat penyembuhan bekas luka, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

4. Mengobati jerawat

Ada anggapan bahwa minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori kulit. Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa justru dapat mencegah penyumbatan pori-pori, sehingga dapat mencegah dan mengatasi jerawat.

Minyak kelapa memiliki senyawa antiinflamasi, sehingga dapat meredakan berbagai jenis peradangan pada kulit, termasuk jerawat. Selain itu, sifat antibakteri dari jenis asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa juga dapat mengurangi timbulnya jerawat.

Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa kandungan asam laurat dan asam kaprat dalam minyak kelapa telah terbukti mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

5. Menjaga kesehatan rambut

Rambut yang sehat adalah rambut yang memiliki kadar protein yang baik di setiap helainya. Namun, penggunaan produk perawatan atau pewarnaan rambut yang mengandung bahan kimia diketahui dapat merusak protein tersebut, sehingga rambut pun bisa rusak.

Namun, dengan penggunaan minyak kelapa pada rambut diketahui dapat bermanfat untuk melindungi rambut dari kehilangan proteinnya, sehingga rambut tetap sehat dan kuat.

Tips Memilih Minyak Kelapa untuk Kulit dan Kecantikan

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda disarankan untuk memilih produk minyak kelapa murni atau disebut juga virgin coconut oil (VCO). Nah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli produk minyak kelapa murni, yaitu:

  • Perhatikan label kemasan dan pastikan terdapat tulisan virgin/murni, organik, non-hidrogenasi, dan non-GMO atau tanpa modifikasi secara genetik.
  • Pilih minyak kelapa yang berwarna putih kekuningan dan bersih.
  • Pastikan produk minyak kelapa tersebut tidak disertai dengan bahan kimia tambahan.
  • Minyak kelapa murni memiliki aroma kelapa khas yang tidak menyengat. Oleh karena itu, pilih produk minyak kelapa yang tidak berbau menyengat.

Mengingat manfaatnya yang beragam untuk kecantikan dan kesehatan kulit, sepertinya tidak ada salahnya mencoba minyak kelapa murni sebagai alternatif untuk berbagai masalah kesehatan kulit Anda.

Namun, perlu diingat bahwa di balik beberapa manfaat tersebut, terdapat efek samping yang juga bisa saja terjadi pada saat pemakaian. Misalnya, penyumbatan pori-pori pada pemilik kulit berminyak, iritasi pada pemilik kulit sensitif, gatal, bengkak, dan kemerahan.

Konsultasikan ke dokter jika Anda merasakan beberapa gejala di atas setelah pemakaian produk minyak kelapa. Hal ini dilakukan agar kondisi yang Anda alami tidak semakin parah. Anda juga bisa bertanya kepada dokter untuk mengetahui lebih jauh manfaat minyak kelapa untuk kulit.