Memiliki payudara kendur merupakan mimpi buruk bagi banyak wanita, baik yang belum menikah maupun yang sudah. Ada beberapa alasan kenapa payudara jadi kendur. Yuk, simak di sini!

Payudara terbentuk dari jaringan lemak. Di antara jaringan lemak ini, terdapat kelenjar-kelenjar yang bertanggung jawab untuk memproduksi ASI ketika kamu memiliki bayi.

5 Penyebab Payudara Kendur - Alodokter

Selain itu, payudara juga memiliki sekumpulan ligamen, yaitu semacam tali-temali yang memberikan bentuk pada payudara dan menopang payudara pada otot dada.

Sederet Penyebab Payudara Kendur

Setiap wanita ingin memiliki payudara yang kencang dan ideal. Ini tidak selalu untuk menarik perhatian pasangan saja, ya. Payudara yang indah dan sehat juga bisa membuat wanita merasa lebih cantik dan percaya diri.

Lalu, sebenarnya apa, sih, penyebab payudara kendur? Berikut ini adalah sederet hal-hal yang bisa menyebabkan payudaramu tidak kencang lagi:

1. Perubahan ukuran payudara

Walau ditopang oleh ligamen, kulit di sekitar payudara rentan sekali mengalami peregangan sehingga jadi terlihat kendur. Hal ini bisa terjadi ketika ukuran payudaramu berubah akibat perubahan jumlah lemak di dalamnya.

Perubahan jumlah lemak dalam payudara bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain diet dan kehamilan. Namun, biasanya penyebab payudara kendur adalah kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis.

2. Penuaan

Selain karena ukuran payudara, ligamen yang menopang payudara pun bisa mengendur seiring bertambahnya usiamu. Saat mengalami penuaan, kadar hormon reproduksimu pun akan berubah, khususnya hormon estrogen.

Jumlah estrogen yang berkurang ini bisa menyebabkan kulit dan jaringan di sekitar payudara tidak terhidrasi dengan baik sehingga menjadi kurang elastis dan akhirnya kehilangan kekencangannya secara alami.

3. Faktor keturunan

Faktor genetik berperan cukup besar dalam menentukan bentuk, ukuran, hingga kekuatan ligamen pada payudara. Jadi, payudara kendur juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Jika ibumu atau anggota keluarga lainnya memiliki payudara yang kendur, kemungkinan kamu memiliki payudara yang kendur juga akan lebih besar.

4. Gaya gravitasi

Gaya gravitasi membuat payudara tertarik ke arah bawah. Semakin kuat gaya gravitasi, semakin meregang pula ligamen yang menopang payudara. Hal ini dipengaruhi oleh ukuran payudara dan postur tubuh.

Payudara yang besar lebih mudah tertarik ke bawah, sehingga lebih mudah juga mengendur. Selain itu, postur tubuh yang membungkuk juga dapat menguatkan gaya gravitasi untuk menarik payudara ke bawah.

5. Kebiasaan merokok

Seperti telah banyak diketahui, merokok sangat tidak baik untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan payudara.

Faktanya, merokok mampu menyebabkan kulit payudara kehilangan elastisitasnya. Jadi, jangan heran bila wanita perokok lebih berisiko memiliki payudara yang kendur, meskipun ia masih muda.

Selain kelima penyebab di atas, payudara kendur juga bisa disebabkan oleh rutinitas olahraga yang terlalu banyak memberikan gerakan pada payudara, sehingga ligamen di sekitar payudara terus meregang dan menyebabkan payudara tidak kencang seperti sebelumnya.

Agar payudara selalu kencang dan padat, penting bagi kamu untuk selalu menjaga berat badan dengan baik, tidak merokok, menggunakan bra yang tepat sesuai ukuran payudara, mengonsumsi makanan sehat, menjaga postur tubuh yang tegap, dan mencukupi kebutuhan cairan setiap hari.

Selain cara-cara mengencangkan payudara di atas, kamu juga bisa melakukan operasi pengencangan payudara atau mastopeksi. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan hal ini, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi dan hasil yang tidak sesuai keinginanmu.