Nyeri dada sebelah kiri dapat diatasi sesuai penyebabnya. Bila disebabkan kondisi medis tertentu, misalnya penyakit jantung, penanganan medis perlu segera diberikan. Namun, jika penyebabnya masalah medis lain yang tidak berbahaya, cara penanganan di rumah berikut ini dapat Anda lakukan.

Nyeri dada sebelah kiri sering dihubungkan dengan gejala serangan jantung. Namun, penyebabnya juga bisa berasal dari masalah lain, seperti penyakit asam lambung atau GERD, batuk terus-menerus, cedera, atau gangguan kecemasan.

6 Cara Menangani Nyeri Dada Sebelah Kiri di Rumah - Alodokter

Apabila nyeri dada sebelah kiri masih tergolong ringan dan tidak disertai tanda lain yang mengarah ke penyakit jantung, kondisi ini umumnya bisa diatasi melalui beberapa cara penanganan di rumah.

Berbagai Cara Menangani Nyeri Dada Sebelah Kiri di Rumah

Berikut ini beberapa cara mengatasi nyeri dada sebelah kiri yang dapat dilakukan di rumah:

1. Menegakkan posisi tubuh

Nyeri dada, baik sebelah kiri atau kanan, bisa terjadi akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat terjadi bila penderita penyakit asam lambung langsung berbaring setelah makan.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk meredakan nyeri dada karena asam lambung naik adalah segera menegakkan tubuh, baik duduk atau berdiri. Tujuannya agar asam dari lambung tidak naik ke kerongkongan.

2. Mengompres dingin bagian dada

Nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh ketegangan otot. Kondisi ini bisa terjadi karena mengangkat benda terlalu berat atau terjatuh. Mengompres dingin bagian dada yang sakit dapat mengurangi ketegangan otot tersebut.

3. Mengonsumsi minuman hangat

Mengonsumsi minuman hangat bisa menjadi solusi untuk mengurangi rasa nyeri di dada kiri akibat perut kembung. Kondisi ini sangat umum dialami oleh penderita GERD atau dispepsia.

4. Mengonsumsi kunyit

Konsumsi air rebusan kunyit dianggap baik untuk mengatasi nyeri dada sebelah kiri akibat batuk kronis maupun peradangan di kerongkongan. Kunyit mengandung bahan aktif berupa kurkumin yang bisa mengurangi peradangan dalam tubuh.

Tak hanya itu, sensasi hangat yang ditimbulkan juga bisa menenangkan tenggorokan maupun dada yang sakit akibat batuk berulang.

5. Mengonsumsi jahe

Sama seperti kunyit, jahe juga merupakan rempah-rempah yang mudah ditemukan di rumah dan bisa menjadi pengobatan alternatif untuk meredakan nyeri dada sebelah kiri.

Jahe diduga memiliki kandungan antiradang dan antioksidan yang memiliki banyak manfaat, misalnya mengurangi ketegangan otot di saluran pencernaan dan meredakan perut kembung.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara praktis, Anda bisa langsung mengonsumsi air seduhan jahe. Meski manfaatnya banyak, konsumsi jahe jangan berlebihan karena justru bisa memperburuk peradangan di saluran cerna.

6. Mengonsumsi asam lemak omega-3

Meski tidak mengatasi nyeri dada sebelah kiri secara langsung, konsumsi omega-3 dianggap baik untuk mencegah sekaligus menjaga kesehatan jantung. Dengan begitu, jantung bisa berfungsi secara optimal dan terhindar dari penyakit.

Selain dalam bentuk suplemen, omega-3 bisa diperoleh dari berbagai makanan, misalnya ikan salmon, tongkol, makerel, tuna, serta minyak zaitun, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Nah, itulah beberapa cara untuk meredakan nyeri dada sebelah kiri di rumah. Namun, perlu diingat perawatan di atas hanya untuk gejala nyeri dada yang tidak berbahaya.

Apabila orang yang mengalami nyeri dada sebelah kiri memiliki riwayat gangguan jantung atau pembuluh darah, seperti stroke atau tekanan darah tinggi, penderita harus segera dibawa ke rumah sakit.

Selain itu, jika nyeri dada sebelah kiri sering muncul, apalagi saat beraktivitas berat, terasa seperti diremas atau tertekan benda berat, atau disertai sesak napas, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan sesuai penyebabnya.