Manfaat pepaya untuk ibu hamil ada beragam, mulai dari memperkuat sistem imun hingga mampu meringankan keluhan kram kaki. Tak hanya itu, buah ini juga dapat memberikan beragam nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang janin, lho!

Buah pepaya atau Carica papaya adalah salah satu jenis buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Buah pepaya memiliki rasa yang manis dan tekstur yang cukup lembut ketika dimakan. Tak hanya bisa dikonsumsi langsung, buah papaya juga bisa diolah menjagi beragam hidangan, seperti jus, rujak, hingga es buah.

6 Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil - Alodokter

Pepaya mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, yaitu:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, tembaga, mangan, dan selenium
  • Vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K

Tak hanya itu, papaya juga mengandung folat dan antioksidan, seperti lutein, likopen, dan kolin.

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Selain rasanya yang nikmat, buah pepaya juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin, antara lain:

1. Meringankan keluhan kram kaki

Kram kaki saat hamil merupakan hal yang sering dikeluhkan oleh sebagian ibu hamil. Biasanya keluhan ini terjadi pada trimester kedua dan ketiga. Kendati bukan hal yang berbahaya, kram kaki tentu bisa membuat Bumil merasa tidak nyaman.

Guna mengatasinya, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium, seperti buah pepaya. Mineral ini diketahui dapat mencegah dan membantu mengatasi keluhan kram otot selama hamil.

Selain dengan mengonsumsi buah papaya, Bumil juga dianjurkan untuk tetap aktif bergerak dan minum air yang cukup agar tetap fit dan terbebas dari kram kaki.

2. Memperkuat imunitas tubuh

Buah pepaya adalah sumber antioksidan dan beragam vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, Bumil tidak akan mudah jatuh sakit. Imunitas tubuh yang kuat juga penting untuk membentuk daya tahan tubuh janin, lho.

3. Melancarkan pencernaan

Selama hamil, Bumil akan mengalami perubahan hormon secara alami. Hal ini bisa membuat gerakan usus menjadi lebih lambat, sehingga Bumil bisa lebih mudah mengalami sembelit.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi banyak serat dan minum air putih yang cukup. Salah satu pilihan makanan yang mengandung banyak serat dan air adalah buah papaya. Inilah alasannya mengapa buah papaya terkenal baik untuk melancarkan pencernaandan mengatasi sembelit.

4. Mencukupi kebutuhan nutrisi harian

Karena mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, seperti karbohidrat, serat, protein, serta aneka vitamin dan mineral, buah papaya baik dikonsumsi untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian Bumil dan janin.

Namun, selain makan buah pepaya, pastikan Bumil juga mengonsumsi beragam jenis makanan sehat lainnya, ya. Jangan lupa juga untuk rutin minum vitamin prenatal, agar tumbuh kembang janin terjaga dengan baik.

5. Membantu meringankan morning sickness

Buah papaya baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang mengalami morning sickness. Beberapa riset menunjukkan bahwa kandungan vitamin B6 dan folat pada buah papaya dapat meredakan gejala mual saat hamil. Tak hanya itu, buah ini juga banyak mengandung air, sehingga bisa untuk mencegah dehidrasi.

6. Mendukung pembentukan mata janin

Agar mata janin dapat terbentuk dan berkembang dengan baik, dibutuhkan asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Nah, di dalam buah papaya, terdapat beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan janin, yaitu vitamin A, folat, lutein, dan kolin.

Tak hanya baik untuk mata, kolin juga berperan penting untuk membentuk saraf dan otak janin.

Meski manfaat pepaya untuk ibu hamil ada banyak, Bumil harus cermat dalam memilih buah pepaya untuk dikonsumsi, ya. Pastikan Bumil hanya mengonsumsi pepaya yang benar-benar matang. Ini karena papaya yang belum matang mengandung getah atau lateks.

Jika terkonsumsi saat hamil, lateks bisa memicu kontraksi rahim dan dianggap bisa menyebabkan keguguran. Lateks juga sering kali bisa menimbulkan reaksi alergi, sehingga bisa membuat Bumil merasakan gejala alergi, seperti gatal-gatal, sakit perut, dan diare.

Selain itu, pastikan pula bahwa Bumil memilih pepaya yang tidak memiliki cacat pada bagian kulitnya, mencucinya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya, dan memakannya dalam jumlah yang tidak berlebihan, ya.

Itulah beragam manfaat dan tips mengonsumsi buah papaya untuk ibu hamil. Jika Bumil masih memiliki pertanyaan seputar asupan nutrisi saat hamil atau ingin tahu lebih banyak tentang manfaat buah papaya untuk ibu hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.