Ada beberapa tips khusus dalam memilih sunscreen untuk kulit berminyak. Hal ini penting diketahui agar penggunaan produk ini nantinya tidak memicu minyak berlebih pada kulit wajah dan menyebabkan munculnya komedo serta jerawat.

Pemilik kulit berminyak memiliki tantangan tersendiri dalam memilih produk perawatan kulit wajah, terutama sunscreen. Padahal, setiap tipe kulit wajah membutuhkan sunscreen agar terlindungi dari efek buruk sinar matahari, seperti penuaan dini, hiperpigmentasi, bahkan kanker kulit.

6 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak - Alodokter

Pemilihan jenis sunscreen untuk kulit berminyak tidak boleh sembarangan. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, mulai dari jenis, kandungan, hingga tekstur sunscreen.

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Berikut ini adalah beberapa tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak:

1. Pilih produk berlabel oil-free dan noncomedogenic

Untuk penggunaan sehari-hari, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih produk sunscreen yang bebas minyak atau oil-free. Produk ini bisa mencegah wajah dari sensasi licin karena minyak.

Selain itu, pilihlah produk yang berlabel noncomedogenic. Artinya, produk ini tidak mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori sehingga risiko munculnya jerawat bisa berkurang.

2. Pilih sunscreen berbentuk losion, gel, atau semprot

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih sunscreen untuk kulit berminyak adalah tekstur atau jenis sunscreen. Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih sunscreen berbentuk losion, gel, atau semprot.

Sunscreen bertekstur gel atau losion biasanya lebih cocok untuk kulit berminyak karena mampu menyerap sepenuhnya ke dalam kulit tanpa bekas. Dengan begitu, produk ini tidak membuat kulit terlihat makin berminyak.

Sementara itu, sunscreen dalam bentuk semprot umumnya bertekstur sangat ringan. Jadi, pastikan Anda menggunakannya secara menyeluruh ke wajah dan jangan sampai ada bagian kulit yang tidak terkena.

3. Pilih sunscreen yang memiliki formula dengan spektrum luas

Agar dapat memberikan perlindungan maksimal, gunakan produk sunscreen untuk kulit berminyak yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, yaitu yang mengandung SPF dan PA.

Pasalnya, beberapa sunscreen ada yang melindungi kulit dari UVB saja. Padahal, paparan sinar UVA juga dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini, bahkan kanker kulit.

4. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi

SPF merupakan ukuran yang menunjukkan kemampuan suatu produk dalam memberikan perlindungan dari sinar UVB. Makin tinggi SPF, makin banyak pula perlindungan yang dapat diberikan ke kulit.

Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Jika Anda lebih sering berada di luar ruangan, pilihlah sunscreen yang tahan air dan tahan keringat. Oleskan kembali sunscreen setiap 2 jam, terutama saat berkeringat atau berenang.

5. Hindari sunscreen dengan kandungan oxybenzone dan PABA

Bagi Anda pemilik kulit berminyak dan sensitif atau kondisi kulit tertentu, seperti eksim, psoriasis, dan rosacea, hindari penggunaan sunscreen yang mengandung bahan aktif oxybenzone dan PABA karena berisiko mengiritasi kulit.

Jika kulit Anda sangat sensitif terhadap produk tertentu, gunakanlah sunscreen berbahan alami. Selain itu, jangan gunakan sunscreen di kulit wajah yang ditujukan untuk badan. Pasalnya, jenis produk ini biasanya terlalu tebal, berat, berminyak, dan rentan menyebabkan jerawat.

6. Pilih pelembap wajah yang mengandung sunscreen

Saat ini, telah tersedia berbagai produk pelembap wajah yang mengandung sunscreen. Produk ini biasanya berbahan ringan, sehingga cocok untuk kulit berminyak. Selain itu, penggunaan pelembap sunscreen juga lebih praktis dan efisien.

Kombinasi pelembap sunscreen bisa memberikan perlindungan dari sinar matahari sama efektifnya dengan produk sunscreen itu sendiri. Namun, pastikan Anda tetap memilih produk yang memberikan SPF 30 serta mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB.

Selain memilih sunscreen yang tepat untuk kulit berminyak, penting juga untuk mengoleskannya secara menyeluruh ke kulit wajah. Jangan lupa pula untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa di kemasan produk.

Seperti halnya produk perawatan kulit lain, Anda mungkin memerlukan beberapa percobaan produk sunscreen hingga akhirnya menemukan produk yang paling cocok. Jika Anda masih ragu atau bingung memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang tepat, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter.