Cara menghilangkan gatal di selangkangan bisa dengan menggunakan bahan alami atau obat oles medis. Berbagai cara yang dilakukan ini perlu disesuaikan dengan penyebab gatal di selangkangan.

Ada beberapa cara menghilangkan gatal di selangkangan agar keluhan ini bisa cepat mereda. Baik pada pria maupun wanita, gatal di selangkangan biasanya disebabkan oleh iritasi kulit atau alergi. Keluhan ini juga bisa terjadi karena kurang menjaga kebersihan di area kemaluan, mengenakan celana dalam yang basah, atau ada perubahan hormonal.

7 Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan yang Efektif - Alodokter

Selain beberapa penyebab umum yang telah disebutkan, gatal di selangkangan juga bisa menjadi tanda infeksi. Kondisi ini tentu memerlukan penanganan yang sesuai.

Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan

Berikut ini adalah berbagai cara menghilangkan gatal di selangkangan yang bisa dicoba, baik secara alami maupun menggunakan obat medis:

1. Menghindari pemicu iritasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menghilangkan gatal di selangkangan adalah mengenali dan menghindari pemicunya.

Beberapa hal yang umumnya menjadi penyebab gatal di selangkangan adalah semprotan vagina, pembalut yang beraroma, kondom lateks, pelumas sintetis, maupun sabun yang mengandung pewangi, paraben, atau pewarna. Selain itu, mengenakan pakaian ketat atau mencukur area kemaluan juga bisa memicu gatal di selangkangan.

2. Menggunakan kompres dingin

Cara menghilangkan gatal di selangkangan yang juga bisa dicoba di rumah adalah menggunakan kompres dingin. Meletakan kompres dingin ke kulit yang gatal bukan untuk mengobati infeksi yang mungkin menjadi penyebab gatal, melainkan sebagai pertolongan pertama untuk menenangkan kulit sehingga gatal mereda.

Cara melakukannya pun mudah. Anda cukup membasahi kain lap bersih dengan air dingin dan letakkan di area selangkangan yang gatal.

3. Menggunakan krim lidah buaya

Krim lidah buaya juga bisa menjadi cara menghilangkan gatal di selangkangan yang ampuh dan cepat. Berbagai penelitian mengatakan bahwa mengoleskan lidah buaya tipis-tipis ke kulit dapat meredakan gatal sekaligus menenangkan kulit yang terasa perih akibat iritasi.

4. Mengoleskan minyak kelapa

Selain mengoleskan krim lidah buaya, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan gatal di selangkangan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membunuh pertumbuhan jamur di kulit.

Penelitian lain juga mengatakan efektivitas minyak kelapa dalam mengobati infeksi jamur sama seperti obat antijamur klotrimazol. Bahan alami ini juga bisa dioleskan di sekitar vulva sebagai pelembap untuk mengatasi gatal di selangkangan karena vagina kering. 

Namun, dikarenakan terbatasnya penelitian terkait efektivitas dan keamanan minyak kelapa untuk menghilangkan gatal di selangkangan ini, minyak kelapa sebaiknya digunakan hanya untuk pemakaian luar dan tidak sampai masuk ke dalam vagina.

5. Mengonsumsi krim antijamur

Jika rasa gatal tidak kunjung mereda dengan pengobatan alami, ada beberapa pilihan obat oles medis yang bisa dibeli di apotek. Salah satunya adalah krim antijamur, seperti klotrimazol atau miconazole.

Namun, sebelum menggunakan krim antijamur untuk menghilangkan gatal di selangkangan, Anda perlu memastikan bahwa penyebab gatal tersebut karena infeksi jamur. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

6. Minum obat antialergi atau antihistamin

Jika gatal di selangkangan disebabkan oleh paparan bahan alergen atau iritan, seperti sabun deterjen, pengobatan yang tepat adalah dengan obat minum antihistamin. Obat antihistamin, seperti loratadine, bekerja dengan cara menurunkan jumlah histamin yang dikeluarkan tubuh saat terpapar alergen sehingga gatal bisa segera mereda. Obat ini perlu dikonsumsi sesuai dengan resep dari dokter.

7. Menggunakan krim hidrokortison

Cara menghilangkan gatal di selangkangan dengan obat oles medis juga bisa dengan krim hidrokortison. Obat resep dokter ini tergolong sebagai kortikosteroid yang dapat mengurangi gatal-gatal sekaligus pembengkakan dan kemerahan di kulit. Krim hidrokortison biasanya digunakan untuk meredakan gatal akibat eksim atau iritasi.

Selain dengan melakukan berbagai cara menghilangkan gatal di selangkangan yang telah disebutkan, Anda juga perlu menerapkan beberapa tips lain dalam kehidupan sehari-hari agar gatal lebih cepat mereda, seperti:

  • Kenakan pakaian, terutama celana dalam, yang longgar.
  • Jaga area kemaluan tetap bersih dan kering.
  • Gunakan deterjen ringan tanpa pewangi untuk mencuci pakaian dalam dan bilas hingga bersih sebelum menjemurnya.
  • Hindari berhubungan seks tanpa kondom untuk sementara waktu hingga gatal sembuh.
  • Jangan terlalu lama mengenakan celana dalam yang lembap atau basah, misalnya setelah berenang atau berolahraga.
  • Setelah buang air kecil atau buang air besar, bersihkan vagina kemudian lap dari arah depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke dalam vagina.
  • Hindari penggunaan produk pembersih vagina atau semprotan kewanitaan karena bisa mengganggu keseimbangan asam pada vagina.
  • Hindari penggunaan produk pembalut atau pantyliner yang beraroma.

Jika telah melakukan semua cara menghilangkan gatal di selangkangan tetapi keluhan tidak membaik sampai 1 minggu atau bahkan disertai keluhan lain, seperti bisul, bengkak dan nyeri pada alat kelamin, atau perih saat buang air kecil atau berhubungan seks, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.