Obat mencret alami dapat digunakan untuk mengatasi diare ringan atau belum disertai komplikasi, seperti dehidrasi. Jenisnya pun beragam, mulai dari buah-buahan hingga rempah-rempah yang mudah ditemukan di pasar atau dapur rumah.

Mencret atau diare dapat menimbulkan gejala berupa sering buang air besar dengan tinja yang berair. Penderitanya juga bisa mengalami gejala lain, seperti muntah, sakit perut, dan demam. Kondisi ini dapat terjadi akibat konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri atau virus.

7 Macam Obat Mencret Alami untuk Redakan Diare - Alodokter

Untuk menghentikan diare, seseorang dapat mengonsumsi obat diare medis yang dijual bebas atau diresepkan oleh dokter. Namun, sebelum menggunakan obat medis, Anda juga bisa mencoba obat mencret alami bila diare baru saja terjadi atau bersifat ringan.

Berbagai Jenis Obat Mencret Alami

Konsumsi obat mencret alami dari tanaman herbal, buah, atau rempah tertentu diyakini mampu meredakan mencret karena memiliki efek antidiare. Berikut ini adalah beberapa jenis obat mencret alami yang bisa Anda gunakan:

1. Buah Pisang

Obat mencret alami yang paling terkenal adalah buah pisang. Buah ini dapat mencegah kram perut dan membuat feses menjadi lebih padat, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diare.  

2. Kunyit

Kunyit memilik sifat antiradang yang dapat mengurangi peradangan di usus dan mengatasi mencret. Untuk memperoleh manfaat kunyit sebagai obat mencret alami, konsumsilah satu gelas air hangat yang dilarutkan dengan sejumput bubuk kunyit.

3. Kayu manis

Kayu manis juga dipercaya mampu mengatasi mencret karena memilik efek antidiare. Anda bisa coba minum 1 gelas air hangat dengan sejumput bubuk kayu manis dan perasan air lemon untuk meredakan mencret.

4. Daun kelor

Daun kelor mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid, tanin, dan alkaloid. Ketiga senyawa tersebut dapat memberikan efek antiradang, antibakteri, dan antidiare yang baik untuk melawan infeksi bakteri di saluran pencernaan.

5. Biji buah delima

Studi menyatakan bahwa kandungan metanol dalam biji buah delima berkhasiat untuk mengatasi diare. Namun, manfaat tersebut baru diuji pada hewan sehingga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

6. Pala

Selain bisa menambah cita rasa pada makanan, pala juga bermanfaat untuk mengatasi mencret. Rempah tersebut mengandung senyawa antiradang, sehingga mengurangi sakit perut dan meredakan diare.

Untuk menggunakannya sebagai obat mencret alami, Anda hanya perlu mengonsumsi 1 sendok mentega yang dilelehkan dengan sejumput serbuk pala.

7. Biji bunga lotus

Kandungan flavonoid pada minyak biji bunga lotus diyakini memiliki efek antidiare dan mampu mencegah pertumbuhan infeksi bakteri penyebab mencret. Contohnya, Salmonella dan Escherichia coli.

Terlepas dari manfaatnya, beberapa obat mencret alami di atas masih memerlukan uji klinis dan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keamanan dan efektivitasnya. Ini karena masih sangat terbatas data mengenai efeknya untuk mengatasi diare.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat mencret alami, sebaiknya tanyakan lebih dulu ke dokter, terutama jika Anda juga sedang mengonsumsi obat-obatan untuk kondisi medis tertentu. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya reaksi interaksi obat yang bisa menimbulkan efek samping.

Bila setelah mengonsumsi obat mencret alami di atas kondisi diare yang Anda alami tidak kunjung membaik hingga 3 hari, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.