Bagi para acne fighter, acne patch tentu bukanlah sesuatu yang asing. Penggunaan produk ini terbilang cukup praktis dan diklaim dapat menghilangkan jerawat dalam sekejap. Sebenarnya, seberapa efektifkah penggunaan acne patch dalam mengatasi jerawat?

Untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan terhindar dari jerawat, kamu disarankan untuk terus menjaga kebersihan wajah, rutin menggunakan pelembab dan sunscreen, serta menerapkan pola hidup sehat, termasuk mengelola stres dengan baik.

Acne Patch, Solusi untuk Membasmi Jerawat - Alodokter

Nah, selain cara-cara tersebut, para acne fighter tentu sudah tidak asing dengan obat totol jerawat, krim, atau bahkan treatment khusus. Satu lagi yang pastinya tidak ketinggalan adalah acne patch atau stiker jerawat.

Mengenal Acne Patch Lebih Jauh

Ada dua tipe acne patch yang bisa kamu temukan di pasaran, yaitu acne patch tanpa obat dan yang ditambahkan obat. Acne patch tanpa obat terbuat dari bahan hidrokoloid. Produk ini cocok digunakan bagi kamu yang mengalami komedo putih (whiteheads).

Saat kamu menggunakan stiker jerawat tanpa obat, stiker yang ditempelkan di jerawat ini akan menarik dan membuat cairan yang ada di dalam jerawat terangkat. Walaupun tidak mengandung obat, acne patch tipe ini dapat mencegah munculnya infeksi, mempercepat proses penyembuhan, dan mencegah bekas jerawat.

Sedangkan acne patch dengan obat umumnya mengandung asam salisilat atau tea tree oil. Stiker jerawat ini cocok digunakan pada jerawat nodul (jerawat batu) karena dapat meredakan pembengkakan, kemerahan, dan nyeri, serta mencegah jerawat bertambah parah.

Beberapa merek acne patch juga dilengkapi dengan aloe vera dan vitamin A yang dapat memberikan efek menenangkan kulit serta meredakan peradangan.

Selain itu, saat menggunakan acne patch, kemungkinan jari atau tangan untuk menyentuh jerawat juga bisa dihindari. Seperti yang kamu tahu, kebiasaan menyentuh jerawat bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan peradangan.

Apabila kulit wajah sampai mengalami infeksi atau peradangan, maka proses penyembuhan jerawat pun menjadi lebih lama dan bahkan bisa menimbulkan bekas jerawat.

Ingat, ya, meski bisa dimanfaatkan untuk membasmi jerawat, tidak semua jenis jerawat bisa teratasi oleh acne patch. Jerawat yang sudah tergolong parah, seperti jerawat kistik, tidak bisa hilang hanya dengan menggunakan stiker ini.

Cara Menggunakan Acne Patch

Acne patch bisa dengan mudah ditemukan di apotek atau toko obat dan bisa kamu beli tanpa resep dokter. Kamu bisa memilih jenis stiker jerawat yang sesuai dengan kondisi jerawatmu. Untuk waktu penggunaannya juga lebih fleksibel, tetapi memang lebih baik pada malam hari sebelum tidur.

Ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti saat akan menggunakan acne patch, yaitu:

  • Cuci wajah dengan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu lalu keringkan dengan tisu.
  • Pilih stiker yang ukurannya sesuai dengan jerawat.
  • Tempelkan stiker di atas jerawat secara perlahan.
  • Pastikan permukaan stiker menutupi jerawat dan sudah menempel dengan sempurna.
  • Lanjutkan memakai rangkaian skin care rutinmu, seperti toner, pelembap, essence, atau serum.
  • Tunggu selama beberapa jam atau semalaman, setelah itu lepaskan stiker secara perlahan.

Acne patch memang bisa menjadi solusi untuk membasmi jerawat dengan praktis. Namun, pastikan kamu menggunakannya dengan tepat dan tetap menerapkan langkah perawatan wajah berjerawat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika jerawat yang kamu alami tak kunjung hilang atau justru bertambah banyak dan parah, segeralah berkonsultasi ke dokter spesialis kulit. Dokter akan menentukan pengobatan yang tepat sesuai dengan jenis jerawat dan kondisi kulitmu.