Baik pimpinan perusahaan maupun karyawan perlu memiliki cara agar lebih bahagia di kantor. Sebab, kebahagiaan di kantor sangat berpengaruh terhadap produktivitas dalam pekerjaan dan juga kesehatan diri. Selain itu, hal ini juga berpengaruh pada kualitas hidup.

Beratnya beban pekerjaan sering kali membuat para pekerja mengalami stres karena pekerjaan. Mereka yang rentan mengalami stres kebanyakan belum menyadari pentingnya melakukan pengelolaan terhadap stres. Parahnya, stres ini kadang diperburuk dengan masalah ekonomi dan lingkungan kerja yang tidak sehat.

Ada 5 Cara Agar Lebih Bahagia di Kantor - Alodokter

Cara Agar Lebih Bahagia di Kantor

Untuk meminimalikan risiko stres akibat beban pekerjaan, berikut ini adalah beberapa cara agar lebih bahagia di kantor yang bisa Anda coba:

1. Menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja

Sebuah penelitian mengatakan bahwa salah satu cara terbaik agar bahagia di kantor adalah dengan menjalin pertemanan yang baik dengan rekan kerja. Hal ini cukup beralasan karena hubungan baik dengan rekan kerja dapat membuat Anda makin semangat untuk beraktivitas di kantor.

Selain itu, ikatan Anda dengan perusahaan akan makin erat dengan banyaknya rekan kerja yang menjadi teman. Jika Anda merasa memiliki ikatan yang baik dengan perusahaan dan orang-orang di dalamnya, rutinitas bekerja tidak akan menjadi beban.

2. Hindari berusaha menyenangkan semua orang

Salah satu cara agar lebih bahagia di kantor adalah dengan mengambil pekerjaan sesuai porsi. Hindari selalu menyetujui apa yang ditugaskan oleh atasan, padahal sebenarnya Anda tidak sanggup. Berkata “tidak” sesekali perlu dilakukan, terutama apabila pekerjaan tersebut tidak mampu Anda selesaikan.

Jujurlah kepada atasan jika Anda merasa tidak sanggup melaksanakan sebuah pekerjaan, karena hal tersebut dapat membuat Anda lebih bahagia. Namun, tentu saja tidak semua pekerjaan harus ditolak. Sebaliknya, sesekali Anda perlu mengajukan diri untuk mengerjakan tugas yang memang sanggup Anda kerjakan.

3. Yakin bahwa jabatan dan posisi Anda berarti

Percayalah bahwa tiap jabatan dan posisi memiliki makna di perusahaan. Jadi, apa pun posisi pekerjaan Anda, temukan alasan kenapa harus melakukannya sebaik mungkin. Jika alasan tersebut telah Anda temukan, maka bukan hal yang sulit untuk dapat merasakan kebahagiaan di kantor.

Wajar jika Anda pernah merasa bosan dengan aktivitas sehari-hari hingga melupakan tujuan di balik makna dari pekerjaan itu sendiri. Terjebak rutinitas yang sama memang terkadang dapat mengaburkan alasan sesungguhnya Anda memilih pekerjaan yang dijalani saat ini.

Untuk menemukan kembali hal tersebut, tidak ada salahnya Anda meluangkan waktu sejenak untuk mengingatkan diri mengenai betapa berartinya pekerjaan yang Anda jalani saat ini.

4. Hindari membawa masalah pribadi ke kantor

Masalah pribadi juga dapat menambah beban pikiran dan membuat Anda stres. Sisi psikologis yang satu ini ternyata juga bisa berdampak buruk kepada tingkat kebahagiaan Anda di kantor.

Sebaiknya, singkirkan masalah pribadi ketika Anda berada di kantor agar ketenangan dan kenyamanan bekerja bisa dipertahankan. Namun, jika masalah pribadi yang Anda alami begitu penting, tidak ada salahnya untuk mengambil cuti. Jangan sampai fokus Anda terbagi dua antara urusan pribadi dan tugas di kantor.

5. Hindari menunda pekerjaan

Cara lain agar lebih bahagia di kantor yang sebenarnya cukup mudah dilakukan adalah tidak menunda-nunda pekerjaan. Meski terkesan sepele, nyatanya hal ini bisa mengganggu produktivitas dan tingkat kebahagiaan Anda di kantor.

Mengerjakan tugas kantor sesuai jadwal bisa mendatangkan rasa bangga pada diri sendiri sehingga menimbulkan kepuasan. Sebaliknya, menunda pekerjaan akan membuat Anda terbenam ke dalam tumpukan pekerjaan untuk dikerjakan secara terburu-buru, yang pada akhirnya memicu stres.

Selain tidak menangguhkan pekerjaan, pilihlah tugas untuk diselesaikan berdasarkan prioritas.

Luangkan Waktu untuk Berlibur dan Merawat Diri

Jangan paksakan diri untuk terus mengerjakan pekerjaan di kantor, terlebih jika stres sudah mulai mengusik fokus Anda. Untuk mengatasi stres saat kerja, sesekali ambillah jatah cuti untuk berlibur, atau Anda bisa memanfaatkan waktu di akhir pekan untuk berlibur.

Cobalah untuk mengistirahatkan pikiran Anda dari hal-hal terkait pekerjaan, misalnya dengan tidak memeriksa surel saat di rumah atau ketika sedang berlibur, dan mematikan ponsel saat sudah berada di rumah.

Selain itu, jangan lupa merawat diri dan kesehatan Anda dengan menerapkan pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, rajin berolahraga, dan memastikan istirahat atau tidur yang cukup.

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke psikolog maupun psikiater jika Anda tetap tidak merasa bahagia saat bekerja atau merasakan stres yang sangat berat, meskipun sudah menerapkan cara agar lebih bahagia di kantor, seperti yang dijelaskan di atas.