Ada banyak manfaat liburan yang bisa kamu peroleh saat cuti. Salah satunya adalah meningkatkan semangat dan produktivitasmu dalam bekerja. Manfaat ini bahkan telah didukung oleh banyak penelitian, lho.

Pekerjaan yang tidak ada habisnya bisa membuat seseorang merasa jenuh, tertekan, cemas, stres, atau bahkan depresi. Nah, jika kamu mengalaminya, mungkin kamu perlu mengambil cuti untuk liburan dan beristirahat sejenak dari rutinitas harianmu, agar kamu bisa kembali semangat dan fokus dalam bekerja.

Dapatkan 4 Manfaat Liburan Ini dengan Cuti: Kerja Justru Jadi Lebih Produktif - Alodokter

Berbagai Manfaat Liburan

Tak ada salahnya jika kamu mengambil cuti lalu berlibur di tengah-tengah hari sibukmu, sebab berlibur akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan secara fisik dan mental. Jadi, jangan sia-siakan manfaat liburan berikut ini:

1. Mengurangi rasa lelah

Terlalu banyak bekerja dan kurang istirahat akan membuatmu kelelahan dan sulit berkonsentrasi. Nah, meluangkan waktu untuk bersantai atau berlibur dapat memberikanmu kesempatan untuk beristirahat lebih lama dan tidak perlu begadang. Dengan begitu, kamu bisa lebih kreatif dan produktif saat kembali bekerja.

2. Meredakan stres

Penelitian membuktikan bahwa 3 hari setelah liburan, keluhan fisik, gangguan tidur, dan suasana hati akan membaik dibandingkan dengan sebelum liburan, apalagi jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu dengan me time. Dengan begitu, stres juga akan berkurang serta tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

3. Mengembalikan semangat kerja

Dengan stres dan rasa lelah yang berkurang, kualitas hidupmu akan meningkat. Hal ini sejalan dengan peningkatan fokus, semangat, dan motivasimu dalam bekerja.

4. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Ketika kamu melakukan sesuatu yang membuatmu bahagia, seperti pergi berlibur, otak akan memproduksi lebih banyak dopamin, yaitu hormon yang membuatmu merasa lebih baik secara mental.

Dengan kesehatan mental yang baik dan stres yang berkurang, kamu juga akan terlindungi dari berbagai penyakit kronis, misalnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan penurunan imunitas tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa manfaat di atas tidak bisa kamu dapatkan dengan maksimal jika kamu masih membawa pekerjaanmu saat liburan. Bisa-bisa, kamu malah semakin stres dan tambah penat saat pulang liburan.

Selain itu, tetaplah jaga kesehatan selama berlibur, agar kamu bisa mengambil manfaat liburan dengan optimal dan pulang dengan pikiran dan badan yang benar-benar segar.

Tips Mengambil Jeda di Sela-Sela Pekerjaan

Jika kamu belum bisa mengambil cuti atau hari libur nasional belum kunjung tiba, jangan khawatir. Kamu tidak perlu liburan yang jauh, beristirahat yang cukup di rumah saat akhir pekan pun juga diketahui memiliki manfaat yang sama.

Selain itu, kamu juga perlu tahu cara istirahat singkat di sela pekerjaan untuk memulihkan pikiran dan tubuh menjadi lebih segar. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu coba:

  • Tarik napas panjang dan perlahan setidaknya selama 30 detik untuk membantu menenangkan pikiran dan menyegarkan tubuh.
  • Berjalanlah keluar ruangan untuk menggerakan otot dan mengistirahatkan pikiran.
  • Lakukan interaksi dengan rekan kerja.
  • Manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sejenak guna menjaga stamina, semangat, dan konsentrasimu.
  • Minum kopi atau teh bila perlu untuk mengusir kantuk.

Intinya, meluangkan waktu sejenak untuk menjauh dari tekanan kehidupan sehari-hari bisa membuatmu kembali fokus dan lebih siap untuk menghadapi tantangan yang akan datang.

Namun, jika kamu tetap menunjukkan gejala stres dan penurunan semangat kerjamu sudah sangat mengganggu, konsultasikan dengan psikolog untuk mendapat solusi yang tepat.