Tanggung jawab seorang wanita sebagai istri, orang tua, dan bahkan pencari nafkah, terkadang bisa menimbulkan tekanan dan menyebabkan stres. Agar tidak berdampak lebih jauh terhadap kondisi psikologis, penting bagi Bunda meluangkan waktu untuk diri sendiri atau “me time” dan menenangkan pikiran.

Dibandingkan pria, wanita mungkin lebih sering melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu sekaligus atau multitasking. Ketika sering melakukan banyak aktivitas atau pekerjaan, hal ini bisa membuat seseorang lebih mudah merasa stres.

Bunda, Luangkan Waktu “Me Time” Agar Tetap Bahagia - Alodokter

Kesibukan yang padat membuat wanita sering lupa beristirahat dan tidak memerhatikan diri sendiri, bahkan tidak menyadari bahwa stres bisa berdampak buruk pada kesehatannya.

Padahal, stres yang dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan berbagai masalah psikologis, misalnya depresi. Pada ibu yang baru melahirkan, munculnya stres berat bisa menimbulkan baby blues atau bahkan depresi pascamelahirkan.

Jadi, jika Bunda mulai merasa penat dan tubuh terasa sangat lelah, ini bisa menjadi “alarm” agar Bunda beristirahat sejenak untuk memulihkan kondisi fisik dan mental.

Redakan Stres dengan Me Time

Suatu penelitian menyebutkan bahwa wanita pada masa kini banyak yang merasa kurang bahagia, jika dibandingkan wanita di era 40 tahun yang lalu. Salah satu hal yang mungkin menjadi penyebabnya adalah kurangnya waktu me time alias waktu untuk diri sendiri.

Padahal, waktu luang ini sangat dibutuhkan oleh wanita untuk menjaga kesehatan mental setelah sepanjang hari mengurus rumah, anak-anak, pekerjaan, dan bahkan tak sedikit yang harus merawat orang tuanya.

Tanpa adanya kesempatan untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri, seorang wanita bisa mudah merasa lelah dan tentunya rentan mengalami stres. Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk me time bisa menghilangkan stres, sehingga Bunda bisa menyegarkan pikiran untuk kembali fokus mengurus keluarga dan bekerja.

Waktu me time bisa Bunda isi dengan beberapa hal yang Bunda sukai, seperti:

  • Duduk santai sambil minum kopi atau teh sejenak selama beberapa menit
  • Berbincang dengan teman, saudara, atau kerabat dekat melalui telepon atau video call
  • Bermain dengan binatang peliharaan kesayangan
  • Putar musik atau lagu favorit
  • Mandi berendam di bath tub sambil menyalakan aromaterapi
  • Perawatan kecantikan seperti facial atau perawatan kuku di rumah

Saat menjalani me time, Bunda juga bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga atau melakukan aktivitas yang bisa membuat Bunda lebih rileks, misalnya dengan latihan yoga atau meditasi.

Tips Meluangkan Waktu Me Time

Berbagai kesibukan yang tiada henti, sering kali membuat seorang wanita menunda untuk melakukan me time. Supaya dapat mewujudkan dan memanfaatkan waktu luang, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Bunda lakukan:

Prioritaskan diri sendiri

Di tengah kesibukan yang sangat menyita waktu dan pikiran, Bunda mungkin akan merasa kesulitan mencari waktu yang tepat untuk diri sendiri. Terlebih jika Bunda harus mengurus keluarga dan pekerjaan.

Dalam hal ini Bunda dianjurkan untuk tidak memaksakan diri bila sudah terlalu lelah dan lebih memprioritaskan diri sendiri. Bunda harus bisa berhenti sesaat dan meluangkan waktu untuk menenangkan diri dan melepaskan beban pikiran.

Melakukan relaksasi sangat penting bagi pikiran dan tubuh, sehingga Bunda akan merasa lebih segar dan kembali bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Satu hal yang perlu Bunda ingat bahwa memprioritaskan diri sendiri bukanlah hal yang egois, apalagi bila terkait kesehatan fisik dan mental Bunda.

Buatlah perencanaan

Tandai semua tanggal-tanggal penting yang harus dihadiri, seperti ulang tahun, acara sekolah, atau liburan keluarga, beberapa hari sebelum waktunya tiba. Dengan demikian, Bunda dapat merencanakan kapan waktu me time yang tepat.

Semua orang membutuhkan keseimbangan dalam hidup, termasuk seorang ibu. Jika Bunda merasa kewalahan dalam melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari, janganlah ragu untuk meminta bantuan pasangan atau anggota keluarga lain. Saat sudah mendapatkan bantuan, Bunda bisa meluangkan waktu sejenak untuk me time.

Nikmati saat me time dan jangan merasa bersalah meluangkan waktu untuk diri sendiri ya, Bun. Hal ini dikarenakan seorang ibu yang bahagia pasti akan membuat anak-anak dan keluarganya lebih bahagia.

Jika Bunda sudah meluangkan waktu untuk me time namun masih merasa stres, cemas, tidak merasa lebih baik dari kondisi sebelumnya, atau justru menunjukkan gejala depresi depresi, ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat.