Sebelum melakukan yoga untuk pertama kalinya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu informasi terkait yoga untuk pemula, termasuk tips dalam melakukannya. Dengan begitu, manfaat yoga bisa Anda rasakan secara optimal

Yoga adalah olahraga tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik.

Yoga untuk Pemula - Alodokter

Olahraga yang berasal dari India ini memang sudah dipraktikkan sejak lama dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi. Bagi pemula, dianjurkan untuk melakukan jenis dan variasi gerakan yoga yang mudah terlebih dulu.

Berbagai Manfaat Yoga untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah beberapa manfaat yoga yang bisa Anda rasakan bila melakukannya dengan tepat dan rutin.

  • Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh
  • Mengurangi risiko akibat penyakit kronis
  • Meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh
  • Meningkatkan keseimbangan
  • Menurunkan berat badan

Tidak hanya kesehatan fisik, yoga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental, seperti meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik serta membantu mengelola gejala kecemasan, stres, dan depresi.

Informasi Penting Seputar Yoga untuk Pemula

Jika memang Anda belum pernah melakukan yoga, benak Anda mungkin penuh dengan pertanyaan dan kekhawatiran. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul beserta jawabannya.

1. Apakah ada batasan usia tertentu untuk melakukan yoga?

Tidak. Beberapa orang bahkan baru mulai melakukan yoga di usia 70 tahun karena olahraga ini sebenarnya dapat dilakukan siapa saja, termasuk anak-anak. Jika memungkinkan, Anda dapat mencari kelas yoga sesuai golongan usia Anda.

2. Apakah yoga hanya dapat dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman?

Tidak. Yoga justru membantu Anda yang ingin mulai melatih tubuh agar menjadi lebih fleksibel dan bugar. Namun, ada tahapan, jenis, dan postur yoga yang memang diperuntukkan bagi orang yang sudah terbiasa melakukan gerakan dasarnya.

Sebagai permulaan, Anda dapat mencoba hatha yoga. Hatha yoga merupakan rangkaian postur yoga yang sederhana dan banyak direkomendasikan untuk pemula.

3. Apakah yoga dapat menyebabkan cedera?

Cedera saat melakukan yoga umumnya disebabkan oleh peregangan yang dipaksakan. Namun, risiko ini dapat diperkecil dengan melakukan yoga bersama instruktur yang telah memiliki sertifikasi dan bergabung dalam kelas yang sesuai dengan kemampuan Anda.

4. Apakah ada kondisi tertentu yang membuat seseorang sebaiknya tidak melakukan yoga?

Secara umum, yoga dapat dipraktikkan oleh siapa saja. Namun, orang dengan kondisi kesehatan tertentu perlu memeriksakan diri terlebih dahulu sebelum melakukan yoga, seperti:

  • Wanita hamil
  • Penderita hernia
  • Penderita gangguan pembekuan darah
  • Penderita osteoporosis tingkat lanjut
  • Penderita gangguan mata (termasuk glaukoma)
  • Orang yang mengalami penurunan fungsi tubuh
  • Orang yang memiliki tekanan darah tidak terkontrol
  • Orang dengan gangguan keseimbangan yang parah

5. Yoga jenis apa yang sebaiknya diikuti?

Selain hatha yoga yang biasanya diperuntukkan bagi kalangan umum dan pemula, terdapat banyak jenis yoga lainnya yang meliputi yoga Iyengar, yoga Ashtanga, yoga Bikram, yoga Kundalini, dan yoga Kripalu.

Bagi seorang pemula, Anda dianjurkan untuk melakukan yoga dengan bantuan instruktur atau mengikuti kelas yoga. Saat Anda menyurvei studio yoga, ada beberapa contoh pertanyaan yang mungkin bisa Anda ajukan sebagai pertimbangan, misalnya:

  • Apakah instrukturnya berpengalaman? Apakah sudah memiliki sertifikasi? Berapa lama sudah melatih yoga?
  • Apakah instruktur yang ada memiliki pengalaman dalam menangani orang dengan kondisi tertentu, seperti asma atau nyeri punggung?
  • Apakah kelas tersebut memang mengakomodasi pemula?
  • Apakah kelas dan instruktur yang ada sesuai dengan kebutuhan Anda?

Bila studio yoga yang Anda survei dirasa cocok dan sesuai dengan harapan Anda, jangan tunggu lama lagi untuk segera mendaftar.

Tips Mengikuti Kelas Yoga untuk Pemula

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda sebelum melakukan yoga untuk pertama kalinya:

1. Pilih instruktur yang disukai

Ketika Anda berlatih dengan instruktur yang nyaman, latihan pun semakin menyenangkan. Pastikan pelatih tersebut benar-benar memberikan latihan yoga untuk pemula.

2. Pilih jenis yoga yang sesuai

Sebagai pemula, pilihlah jenis yoga yang mudah untuk dilakukan, seperti hatha yoga. Setelah Anda terbiasa melakukannya, barulah Anda bisa mengikuti jenis yoga lainnya secara bertahap.

3. Sesuaikan dengan kemampuan

Lakukan gerakan yoga untuk pemula semampu Anda. Gunakan juga alat bantu selama berlatih, seperti balok, tali atau handuk kecil, agar Anda tidak terlalu banyak melakukan peregangan tubuh. Jangan lupa minta bantuan pelatih.

4. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Kemampuan berlatih yoga tiap orang berbeda-beda, terlebih jika Anda masih pemula. Jangan membandingkan kemampuan Anda dengan kemampuan peserta lain saat sedang berlatih. Karena membandingkan diri dengan orang lain yang sudah mahir hanya akan membuat Anda stres.

5. Tidak memaksakan diri

Wajar jika Anda ingin cepat menguasai gerakan-gerakan yoga yang indah dan penuh manfaat. Namun, jangan memaksakan diri. Jika Anda merasa sakit, itu adalah tanda bahwa Anda harus berhenti.

Setelah mengetahui beragam informasi dan tips tentang yoga untuk pemula seperti di atas, diharapkan Anda semakin tertarik mengikuti kelas yoga. Bila perlu, ajak teman Anda untuk sama-sama melakukannya.

Hal lainnya yang perlu Anda pahami adalah apabila Anda ingin menjadikan yoga sebagai terapi alternatif untuk menangani masalah kesehatan Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter untuk mendapat saran maupun rekomendasi jenis yoga yang tepat.