Bila Anda sedang mencari-cari cara mudah dan praktis untuk menyehatkan tubuh serta pikiran, maka yoga bisa menjadi pilihan yang tepat. Awalnya, yoga dikenal sebagai olahraga meditasi, tapi kini sejumlah penelitian turut memercayai yoga sebagai cara menurunkan berat badan sebagaimana lebih banyak kalori yang bisa dibakar berkat praktik olahraga ini.

Yoga merupakan bentuk olahraga meditasi yang belakangan ini kian populer. Makin banyak kaum mapan di kota-kota besar yang meminatinya karena yoga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Masyarakat yang melakukan yoga pada umumnya ingin merelaksasi tubuh dari kesibukan aktivitas di keseharian.

Memanfaatkan Yoga untuk Menurunkan Berat Badan - Alodokter

Latihan yoga bertujuan menantang ketahanan fisik yang berfokus kepada pengaturan napas yang disertai ketenangan batin. Latihan yoga pun dinilai sebagai bentuk olahraga pengembangan kesadaran diri karena menitikberatkan kepada kemampuan fisik diri sendiri. Latihan yoga secara rutin dapat membantu meningkatkan kekuatan otot , ketahanan tubuh dan fleksibillitas, serta melatih agar tubuh lebih peka terhadap rasa lapar dan kenyang.

Yoga untuk Menurunkan Berat Badan? Ini Fakta-faktanya

Sejumlah peneliti memercayai manfaat yoga untuk menurunkan berat badan karena olahraga ini mampu mengecilkan bagian tubuh yang berlemak. Yoga menerapkan latihan yang mengombinasikan postur tubuh dan gerakan-gerakan tertentu. Gerakan-gerakan ini umumnya berupa peregangan dan penguatan otot-otot organ tubuh melalui meditasi relaksasi serta mengatur pernapasan. Banyaknya kalori di dalam tubuh yang hilang akan bergantung kepada frekuensi dan intensitas gerakan-gerakan yoga yang dilakukan.

Walau demikian, gerakan yoga yang berat sekalipun tidak dapat menandingi latihan aerobik dalam membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh. Pembakaran kalori ketika melakukan yoga tergolong lebih sedikit dibandingkan aktivitas lain, seperti berjalan kaki, berlari, atau berenang. Sebagai contoh, orang yang memiliki berat badan 65 kg akan membakar 65 kalori dalam melakukan gerakan yoga ringan selama satu jam. Sedangkan berjalan kaki cepat selama satu jam akan membakar 311 kalori. Maka dari itu, Anda disarankan untuk memilih metode dan frekuensi latihan sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh.

Cara-cara Melakukan Yoga agar Manfaatnya Lebih Terasa

Para ahli sepakat bahwa yoga merupakan bentuk aktivitas awal yang baik sebagai bentuk pengenalan ke dunia kebugaran. Namun, bagaimana menentukan gerakan-gerakan yoga telah dilakukan dengan benar? Jangan cemas, berikut cara-cara yang tepat dalam melakukan yoga agar manfaatnya menjadi lebih terasa.

  • Mulai latihan di ruang tanpa cermin dan fokuskan untuk mengenal diri dari dalam daripada penampilan luar
  • Ketahui bermacam-macam postur atau gerakan-gerakan yoga yang memberi sensasi merelaksasi dan menguatkan otot-otot anggota badan. Melakukan gerakan yoga tidak mudah. Maka dari itu, hargai usaha diri sendiri dan berikan pujian terhadap pencapaian yang telah dicapai hari ini.
  • Tidak hanya menggerakkan tubuh, tetapi upayakan untuk mengembangkan kualitas diri sendiri dalam melatih kesabaran, disiplin, kebijakan, kemurahan hati, dan rasa bersyukur. Coba tantang tubuh untuk melakukan gerakan hingga batas maksimal tanpa membuat tubuh kewalahan. Lakukan gerakan-gerakan ini sambil membuka pikiran dan penuh ketenangan.
  • Kembangkan latihan yoga dengan melihat contoh yang tepat melalui tatap muka dengan instruktur atau video arahan yang berkualitas di dunia maya.
  • Ingat frekuensi dan intensitas latihan yang rutin akan membuatmu makin terbiasa sehingga meraup manfaatnya juga lebih mudah.
  • Usaha yoga pantang menyerah yang Anda lakukan akan membuahkan hasil. Menyadari hal ini tidak hanya menginspirasi diri sendiri tetapi juga orang lain seiring dengan selarasnya Anda dan tubuh Anda.
  • Berikan waktu istirahat ketika tubuhmu mulai terasa lelah.

Yoga dapat diterapkan pada segala usia tanpa memandang karakter atau bentuk tubuh. Terutama bagi seorang pemula, utamakan untuk melakukan postur atau gerakan-gerakan yoga yang praktis untuk diaplikasikan, setidaknya terdapat 8 gerakan yoga yang wajib diketahui pemula.

Kondisi-kondisi Kesehatan yang Melarangmu Melakukan Yoga

Walau melakukan yoga terbilang aman bagi orang sehat, namun terdapat sejumlah kondisi yang justru berisiko menjadi lebih buruk jika melakukan yoga. Berikut ini sejumlah kondisi yang berlawanan dengan manfaat yoga, yaitu:

  • Herniated disc atau adanya penonjolan bantalan di antara dua tulang belakang.
  • Risiko tinggi terhadap pembekuan darah
  • Kondisi mata tertentu, seperti glaukoma.
  • Tekanan darah yang tidak terkontrol.
  • Osteoporosis atau menurunnya kepadatan tulang, terutama pada tingkatan yang sudah parah.
  • Gangguan keseimbangan yang parah hingga membutuhkan penanganan medis.
  • Kehamilan. Walau umumnya wanita hamil dinilai aman untuk melakukan yoga, tapi terdapat sebagian postur atau gerakan-gerakan yoga yang wajib dihindari. Konsultasikan kepada dokter bersalin atau instruktur yoga bersertifikasi untuk memastikan gerakan-gerakan tersebut.

Jika Anda menderita diabetes, gangguan jantung, atau tekanan darah tinggi, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter. Dapatkan saran yang tepat dari dokter Anda sebelum memulai dan meraih manfaat yoga untuk menurunkan berat badan.