Yoga belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati. Meskipun lebih sering dikenal sebagai olahraga meditasi, manfaat yoga tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tapi juga kesehatan fisik.

Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Yoga menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, serta pose dan gerakan yang dirancang untuk memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres.

Maksimalkan Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa dan Raga - Alodokter

Bagi Anda yang baru mencoba yoga, mungkin Anda akan sedikit bingung menentukan jenis yoga apa yang cocok untuk Anda. Semua jenis yoga pada dasarnya dapat membantu Anda menjadi lebih rileks, menghilangkan ketegangan tubuh, dan menenangkan pikiran.

Manfaat Yoga

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan yoga, tentu tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dulu apa saja manfaat yoga. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan melakukan yoga:

1. Mengurangi stres

Hampir semua jenis olahraga dapat membantu seseorang dalam mengatasi stres, begitu juga dengan yoga. Hal ini karena saat melakukan yoga, hormon kortisol yang diproduksi tubuh saat mengalami stres akan berkurang.

Studi menunjukkan bahwa yoga bisa mengurangi rasa gelisah, stres, serta memperbaiki mood dan kesejahteraan fisik maupun psikis seseorang. Bahkan, manfaat yoga juga dapat dirasakan pada seseorang yang mengalami gangguan cemas, skizofrenia, dan gangguan tidur.

2. Meningkatkan kebugaran

Tidak hanya dapat mengurangi stres, manfaat yoga lainnya adalah membuat tubuh menjadi lebih bugar, memperbaiki postur tubuh, serta menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak, dan kelenturan tubuh.

3. Baik untuk penderita sakit jantung

Jika Anda memiliki risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, yoga bisa menjadi olahraga yang cocok. Yoga dapat meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah, sehingga dapat meringankan beban kerja di jantung.

Studi menunjukkan, di samping pengobatan yang medis, pasien gagal jantung yang berlatih yoga mengalami peningkatan kesehatan jantung dan peningkatan kualitas hidup dibandingkan dengan pasien yang tidak melakukan yoga secara rutin.

4. Sakit punggung

Bagi Anda yang mengalami sakit punggung, yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat. Bahkan, jika Anda mengalami sakit punggung kronis sekalipun. Hal ini karena gerakan peregangan tubuh yang ada pada yoga dapat membantu Anda melenturkan tubuh.

5. Meringankan gejala asma

Asma yang kambuh dapat sangat mengganggu dan cukup menyiksa. Guna mengatasinya, cobalah untuk melakukan yoga secara rutin.

Sebuah studi yang dilakukan pada penderita asma ringan hingga sedang menunjukkan bahwa beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan, seperti Pranayama, dapat membantu meringankan gejala asma.

Akan tetapi, manfaat yoga untuk menangani asma dianggap belum signifikan secara klinis, jika dibandingkan efektivitas pengobatan asma konvensional.

Tidak hanya itu, yoga juga dipercaya dapat meringankan gejala nyeri, migrain, dan membantu mengatasi insomnia.

Selain beberapa manfaat yoga di atas, manfaat utama yang dicari banyak orang adalah terbakarnya lemak dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, lakukan yoga jenis ashtanga, power yoga, atau hot yoga, dikombinasikan dengan berjalan kaki, berlari, atau olahraga aerobik lainnya.

Lakukan yoga secara rutin demi kesehatan jiwa dan raga. Namun jika sebelumnya Anda menderita kondisi kesehatan tertentu, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai berlatih yoga.