Hatha yoga cocok dilakukan bila Anda baru pertama kali mencoba yoga. Ragam gerakan dan pose dalam hatha yoga umumnya tidak terlalu sulit dan dilakukan secara perlahan. Tak hanya itu, hatha yoga juga bermanfaat untuk meredakan stres hingga sakit punggung.

Hatha yoga merupakan dasar dari semua jenis yoga. Melalui hatha yoga, kekuatan dan kelenturan tubuh akan dilatih dengan berbagai gerakan dan posisi tubuh tertentu. Selain itu, hatha yoga juga melibatkan banyak teknik pernapasan dan meditasi sehingga juga dapat dilakukan sebagai metode relaksasi.

Mengenal Hatha Yoga, Dasar dari Segala Jenis Yoga - Alodokter

Siapa pun bisa mencoba hatha yoga. Namun, jenis yoga ini lebih cocok untuk orang yang gemar dengan olahraga santai atau termasuk ke dalam kelompok orang berikut ini:

  • Baru mengenal yoga (pemula)
  • Jarang berolahraga dan kurang bugar atau fit
  • Fokus untuk menguatkan tubuh dan memperbaiki postur tubuh
  • Ingin meredakan atau mengendalikan stres

Berbagai Hal yang Diajarkan dalam Hatha Yoga

Kelas hatha yoga umumnya berlangsung selama 45–90 menit. Kelas biasanya dimulai dengan pemanasan dan diakhiri dengan meditasi singkat. Dalam kelas hatha yoga, terdapat tiga hal utama yang akan menjadi fokus pembelajaran, yaitu:

Latihan pernapasan

Hatha yoga dimulai dengan latihan pernapasan. Instruktur yoga akan terus mengingatkan Anda untuk fokus pada teknik pernapasan dan mungkin memberikan latihan pernapasan yang berbeda untuk Anda coba.

Pose tubuh

Dalam hatha yoga, Anda akan melakukan berbagai pose atau serangkaian gerakan untuk meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan tubuh. Pose dalam hatha yoga sangatlah bervariasi, mulai dari yang mudah hingga sulit.

Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan suatu pose, instruktur akan mengajarkan pose yang lebih mudah untuk diikuti.

Meditasi

Sebagian besar kelas hatha yoga diakhiri dengan meditasi singkat. Meditasi bisa dilakukan dengan posisi tubuh berbaring telentang dan ditutupi selimut atau dengan cara lain, misalnya sambil mendengarkan musik yang menenangkan.

Manfaat Melakukan Hatha Yoga

Hatha yoga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengurangi stres

Hatha yoga menggunakan teknik pernapasan dan meditasi yang dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Oleh karena itu, Anda akan merasa lebih rileks setelah melakukan hatha yoga. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa hatha yoga efektif untuk mengurangi stres.

2. Meredakan sakit punggung dan leher

Selain baik untuk relaksasi dan mengatasi stres, hatha yoga juga banyak dipraktikkan sebagai salah satu cara mengatasi sakit punggung. Tak hanya itu, hatha yoga juga dipercaya dapat mengurangi intensitas nyeri leher sekaligus meningkatkan pergerakan leher yang sakit.

3. Meningkatkan durasi dan kualitas tidur

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa hatha yoga dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur seseorang. Orang yang rutin menjalani hatha yoga juga akan merasa lebih berenergi dan lebih segar setelah bangun tidur.

Tak hanya bisa dinikmati oleh orang muda dan sehat, manfaat yoga ini juga bisa dirasakan oleh orang dengan kondisi tertentu, seperti lansia, wanita hamil, wanita dengan gejala menopause, serta penderita penyakit seperti kanker dan radang sendi.

4. Melatih fleksibilitas tubuh

Hatha yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh. Menurut penelitian, melakukan yoga secara rutin selama 8 minggu, dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh hingga 35%.

Ketika melakukan berbagai pose yoga, termasuk hatha yoga, otot-otot tubuh akan meregang. Hal ini akan melatih tubuh bergerak dengan lebih bebas dan tidak kaku.

5. Meredakan gejala menopause

Hatha yoga juga baik untuk wanita yang tengah mengalami gejala menopause, seperti sering merasa kepanasan atau kegerahan, nyeri otot, sakit kepala, susah tidur, dan perubahan suasana hati.

Hal ini diduga karena hatha yoga dapat meningkatkan produksi hormon pengusir stres alami, yaitu hormon endorfin.

6. Menjaga kesehatan jantung

Yoga merupakan salah satu bentuk olahraga yang baik untuk menjaga fungsi dan kesehatan jantung. Berbagai riset membuktikan bahwa olahraga secara rutin, termasuk melakukan hatha yoga, bisa mengontrol tekanan darah dan menjaga irama jantung tetap stabil sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Tak hanya itu, yoga dan olahraga secara rutin juga baik untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, hatha yoga juga dapat menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan dan fungsi paru, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Agar lebih aman, setiap orang yang baru pertama kali mencoba hatha yoga sebaiknya mengikuti kelas hatha yoga yang dipandu oleh instruktur. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam melakukan pose atau gerakan yoga yang berisiko menimbulkan cedera.

Jika Anda sedang hamil, menderita penyakit tertentu, atau sudah berusia lanjut, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan instruktur yoga terlebh dahulu sebelum mengikuti kelas hatha yoga.