Aktivitas yang padat kerap membuat tidur siang menjadi terlewatkan. Padahal, manfaat tidur siang sangatlah beragam, mulai dari memulihkan energi tubuh hingga meningkatkan konsentrasi. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, tidur siang perlu dilakukan dengan cara yang benar.

Tidur siang yang cukup tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental.  Untuk mendapatkan berbagai manfaat tidur siang ini, Anda disarankan untuk tidak tidur telalu lama dan memilih waktu yang tepat, misalnya saat sedang luang atau tidak ada jadwal penting di kantor.

Inilah 5 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter

Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan

Berikut ini adalah berbagai manfaat tidur siang yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan

Suatu riset menyebutkan bahwa tidur siang yang cukup dapat meningkatkan energi dan kelancaran aliran darah, termasuk di otak.

Sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang tidur siang selama 15–30 menit, akan terlihat lebih segar, mudah fokus, dan produktif, daripada orang yang kelelahan saat bekerja. Selain itu, tidur siang yang cukup juga dapat meningkatkan kelancaran aliran darah, termasuk di otak.

2. Memperbaiki suasana hati

Tidur siang juga baik untuk memperbaiki suasana hati. Jika Anda sedang merasa stres, cemas, atau gelisah, cobalah untuk melakukan relaksasi dengan tidur siang sejenak.

Saat stres telah terkendali, Anda pun akan merasa lebih santai dan suasana hati bisa membaik. Hal ini dapat mengurangi risiko Anda terkena gangguan mental, seperti depresi.

3. Meningkatkan daya ingat

Manfaat tidur siang diketahui baik untuk menambah energi dan kinerja otak. Suatu riset menyebutkan bahwa rutin tidur siang bisa bermanfaat untuk menambah daya ingat atau memori dan kemampuan untuk mengolah informasi atau mempelajari hal-hal baru.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mempelajari atau menghafal materi, sebaiknya dilakukan setelah tidur siang. Hal ini mampu membuat Anda lebih fokus dan mudah mengingatnya. Tidur siang pun dipercaya baik untuk mencegah pikun atau demensia.

4. Menurunkan tekanan darah

Selain kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, stres dan kelelahan juga bisa meningkatkan risiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Tidur siang diketahui bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Riset menyebutkan bahwa orang yang rutin tidur siang dan tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko lebih rendah terkena hipertensi.

Hal ini diduga karena tidur siang dapat mengurangi hormon stres kortisol, yaitu salah satu hormon yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

5. Menambah jam tidur

Sebagian orang mungkin bekerja secara shift atau jadwal yang bergantian, sehingga kurang tidur di malam hari. Untuk mencukupi waktu tidur tersebut, tidur siang bisa menjadi pilihan.

Untuk orang yang sulit tidur di malam hari karena kesibukan tertentu, pembagian waktu tidur menjadi 1–1,5 jam di siang hari dan sekitar 6 jam di malam hari, bisa menjadi pilihan. Pola tidur ini dinamakan tidur bifasik.

Kondisi yang Tidak Dianjurkan untuk Tidur Siang

Beberapa orang sulit tidur siang karena harus menyelesaikan pekerjaan dan memiliki aktivitas yang padat. Selain itu, penderita kondisi medis tertentu juga tidak dianjurkan untuk tidur siang karena dapat memperburuk gejala yang dialami. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dimaksud:

Gangguan tidur

Bagi sebagian orang, tidur siang yang singkat umumnya tidak akan memengaruhi kualitas atau jam tidur malam hari. Namun, hal ini dapat menjadi masalah bagi para penderita insomnia atau orang yang sering susah tidur di malam hari.

Tidur siang terlalu lama atau terlalu sering justru dapat mengganggu waktu tidur malam, sehingga penderita insomnia tidak dianjurkan untuk tidur siang.

Inersia tidur

Inersia tidur adalah gangguan tidur yang membuat seseorang merasa pusing dan linglung setelah bangun tidur. Karena keluhan tersebut bisa mengganggu kenyamanan saat beraktivitas, seseorang dengan inersia tidur tidak dianjurkan untuk tidur siang.

Tips Tidur Siang yang Efektif

Tidak semua orang bisa merasa nyaman saat tidur siang. Sebagian orang merasa bahwa tidur siang membuat tidur malam menjadi lebih sulit, sedangkan sebagian lainnya tidak terbiasa dengan tidur siang.

Jika merasa lelah di siang hari dan ingin memanfaatkan jam istirahat siang untuk tidur, Anda bisa mencoba mengikuti beberapa tips tidur siang berikut ini:

1. Perhatikan waktu tidur

Tidur siang sebaiknya tidak terlalu lama. Agar bisa merasa lebih semangat dan bertenaga saat bangun tidur, Anda disarankan untuk tidur siang selama 15–20 menit.

Tidur siang yang terlalu lama justru bisa membuat Anda semakin mengantuk, kurang fokus, dan berisiko mengganggu tidur pada malam hari.

2. Pasanglah alarm

Agar bisa bangun tepat waktu saat tidur siang, cobalah pasang alarm. Sesuaikan jam tidur siang hingga tidak melebihi waktu yang dianjurkan. Misalnya, bila Anda ingin tidur siang pada jam 12 siang, nyalakan alarm pada pukul 12.20 atau paling telat pukul 12.30.

3. Buatlah perencanaan

Menunda tidur siang saat mulai merasa ngantuk bisa menimbulkan rasa gelisah, tidak nyaman, dan bahkan membahayakan diri Anda, misalnya saat menyetir kendaraan. Oleh karena itu, agar lebih nyaman dan aman, buatlah jadwal tidur siang yang teratur sesuai kesibukan Anda sehari-hari.

4. Hindari konsumsi kafein

Kafein memiliki efek stimulan yang dapat membuat Anda tetap terjaga dan sulit tidur. Efek ini umumnya muncul sekitar 30 menit setelah mengonsumsi minuman berkafein, misalnya kopi atau minuman berenergi. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kafein bila hendak tidur siang.

5. Pilih waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah pukul 2–3 siang. Saat itu, kemungkinan Anda mulai merasa mengantuk setelah makan siang. Jika Anda ingin tidur siang, sebaiknya tunggu hingga 1 jam setelah makan siang.

Bila kondisi memungkinkan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memanfaatkan waktu tidur siang. Namun, ingatlah untuk tidak tidur siang terlalu lama atau memaksakannya di saat sedang ada kesibukan tertentu.

Jika Anda merasa sulit untuk tidur siang atau tidur di malam hari, terlebih apabila sudah membuat Anda merasa kelelahan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter.