Banyaknya mitos yang mengatakan bahwa makan jamur saat hamil berbahaya mungkin membuat Bumil khawatir. Padahal, jamur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kehamilan, lho. Supaya tidak keliru, simak penjelasan berikut ini.

Makan jamur saat hamil sebenarnya aman, kok, justru malah dianjurkan. Hal ini karena jamur mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat, baik bagi Bumil maupun Si Kecil dalam kandungan. Ditambah lagi, rasanya yang lezat dan gurih bisa membuat Bumil lebih nafsu makan.

Amankah Makan Jamur Saat Hamil? - Alodokter

Selain itu, jika Bumil seorang vegetarian, jamur juga merupakan pilihan yang pas untuk diolah menjadi pengganti daging.

Tips Makan Jamur Saat Hamil

Meskipun dinilai aman dan baik bagi kesehatan ibu hamil, ada beberapa tips yang bisa Bumil terapkan jika ingin makan jamur saat hamil, yaitu:

  • Pilih jamur yang mudah dibedakan dari jenis jamur beracun, seperti jamur kancing, jamur madu, jamur tiram, dan jamur porcini.
  • Beli jamur yang masih segar.
  • Bersihkan jamur dengan benar dan masak hingga matang.
  • Hindari makan jamur kalengan atau jamur yang diasinkan karena berisiko menyebabkan keracunan.

Manfaat Makan Jamur Saat Hamil

Di bawah ini adalah kandungan nutrisi dalam jamur dan berbagai manfaatnya yang bisa diperoleh:

1. Vitamin B

Jamur adalah sumber alami vitamin B kompleks yang bermanfaat bagi calon ibu dan bayi yang dikandungnya. Vitamin B1 dan B3 pada jamur dapat mempercepat perkembangan otak bayi. Selain itu, vitamin ini juga dapat meredakan kelelahan, meningkatkan energi, dan melindungi kesehatan jantung Bumil

2. Antioksidan

Jamur kaya akan antioksidan bernama selenium. Antioksidan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Bumil bisa lebih kebal terhadap segala jenis penyakit selama kehamilan. Tidak hanya itu, antioksidan juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

3. Tembaga

Tembaga merupakan mineral yang banyak ditemukan pada jamur. Mineral ini dapat membantu pembentukan sel darah merah yang bermanfaat untuk mengantar oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, mineral ini juga penting untuk mendukung perkembangan jantung, pembuluh darah, dan sistem saraf bayi di dalam kandungan.

4. Vitamin D

Jamur merupakan salah satu sumber vitamin D. Dengan makan jamur saat hamil,  Si Kecil dalam kandungan bisa mendapatkan banyak manfaat dari vitamin ini. Vitamin D baik untuk kesehatan tulang, fungsi sistem imun, dan pertumbuhan jaringan yang sehat pada janin. Selain itu, memenuhi kebutuhan vitamin D juga dapat menurunkan risiko ibu hamil mengalami preeklamsia.

5. Kalium

Kalium berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit pada sel-sel dalam tubuh. Kalium menjadi lebih penting untuk ibu hamil karena cairan tubuh meningkat hingga 50% saat hamil.

Jadi, makan jamur saat hamil adalah pilihan yang tepat. Selain itu, mengonsumsi jamur juga dapat mencegah terjadinya kram kaki yang sering terjadi pada ibu hamil akibat kekurangan kalium.

Meski jamur memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, Bumil tetap harus berhati-hati karena beberapa orang memiliki alergi terhadap jamur. Jadi, jika sebelumnya Bumil belum pernah mengonsumsi jamur, waspadai munculnya reaksi alergi, ya, seperti gatal, bibir atau kelopak mata bengkak, bahkan sesak napas.

Jika masih ragu untuk makan jamur saat hamil, Bumil bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Saat berkonsultasi, Bumil juga bisa sekaligus menanyakan makanan sehat apa saja yang baik dikonsumsi selama kehamilan.