Selain bisa menghilangkan dahaga, air kelapa juga dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun, apakah air kelapa aman bila diberikan untuk anak? Cari tahu jawabannya di sini, yuk, Bun.

Air kelapa yang biasa kita konsumsi umumnya berasal dari buah kelapa yang berusia sekitar 6–7 bulan. Air ini mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin C, kalium, mangan, magnesium, kalsium, zat besi, dan fosfor. Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak gula, sehingga rasanya manis dan disukai banyak orang.

Amankah Memberikan Air Kelapa kepada Anak? - Alodokter

Air Kelapa Boleh Diberikan kepada Anak

Sama seperti orang dewasa, sebenarnya tidak ada larangan bagi anak untuk menikmati lezatnya air kelapa. Sesekali memberikan air kelapa kepada buah hati, boleh-boleh saja, kok, Bun. Namun, ia harus sudah berusia di atas 6 bulan atau telah mendapatkan MPASI.

Alasannya karena sejak lahir hingga berusia 6 bulan, anak hanya boleh mengonsumsi ASI atau susu formula. Bahkan, air putih di usia ini pun masih dilarang untuknya.

Air kelapa memiliki rasa yang manis dan pasti disukai oleh sebagian besar anak-anak. Jadi, air kelapa bisa dijadikan alternatif yang baik untuk minuman bersoda atau minuman manis yang bisa mengganggu kesehatan mereka. Ditambah lagi, air ini juga mengandung banyak manfaat untuk anak.

Manfaat Air Kelapa untuk Anak

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh anak dari mengonsumsi air kelapa, di antaranya:

Mencegah dehidrasi

Air kelapa sangat ideal diminum untuk mencegah dehidrasi pada anak, terutama saat ia mengalami diare. Air kelapa pun dipercaya mampu mengembalikan elektrolit yang hilang setelah anak berolahraga atau melakukan aktivitas cukup berat, yang menyebabkan ia banyak berkeringat.

Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi

Seperti yang telah dipaparkan di atas, air kelapa mengandung berbagai macam mineral dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Jadi, meminum air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Namun, pastikan Si Kecil juga memperoleh nutrisi dari sumber makanan dan minuman sehat lainnya, ya, Bun.

Menangkal bahaya paparan radikal bebas

Tanpa Bunda sadari, setiap hari Si Kecil bisa terpapar radikal bebas yang berasal dari asap rokok, asap kendaraan, asap dari dapur, hingga makanan yang terkontaminasi pestisida. Kehadiran radikal bebas ini bisa merusak sel-sel tubuh anak dan memicu timbulnya penyakit serius di kemudian hari.

Air kelapa diduga mengandung antioksidan yang bisa melindungi anak dari dampak radikal bebas. Namun, manfaat ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Dengan mengetahui informasi di atas, kini Bunda tidak usah ragu memberikan air kelapa kepada anak, ya. Air ini sangat cocok dikonsumsi pada siang hari, ketika matahari bersinar sangat terik.

Akan tetapi, lebih baik Bunda hanya memberikan air kelapa murni yang baru dipetik dari pohon. Jika terlalu lama didiamkan setelah dipetik, air kelapa berisiko terkontaminasi kuman dan berkurang kandungan nutrisinya.

Selain itu, hindari memberikan air kelapa yang mengandung gula tambahan. Kelebihan konsumsi gula pada anak bisa menyebabkan ia mengalami obesitas. Kondisi ini tentunya akan berpengaruh pada kesehatannya hingga masa tuanya.

Pemberian air kelapa untuk anak tergolong aman. Namun, bila setelah anak minum air kelapa timbul reaksi alergi, seperti mual, muntah, gatal-gatal, muncul ruam, hingga kehilangan kesadaran, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.