Seperti namanya, bantal hamil adalah bantal yang didesain sesuai dengan postur dan kebutuhan tubuh ibu hamil. Namun, apakah ibu hamil memang benar-benar perlu menggunakan bantal hamil? Nah, untuk tahu jawabannya, simak di artikel ini ya, Bumil.

Perubahan tubuh saat hamil tak jarang membuat para ibu hamil merasa tidak nyaman, termasuk saat tidur. Hal ini kemudian berpotensi membuat kualitas tidur Bumil menurun. Padahal, mendapatkan waktu tidur yang berkualitas merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Bantal Hamil, Perlukah Penggunaannya? - Alodokter

Oleh karena itu, Bumil perlu mencari cara agar kualitas tidur selama masa kehamilan tetap terjaga. Nah, salah satu cara yang dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur selama kehamilan adalah dengan menggunakan bantal hamil.

Perlukah Menggunakan Bantal Hamil?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bantal hamil adalah bantal yang dirancang khusus untuk menopang tubuh, terutama perut ibu hamil yang kian membesar seiring waktu.

Dengan menggunakan bantal ini, Bumil bisa terbantu untuk tidur dengan lebih aman dan nyaman. Pasalnya, Bumil akan merasakan berbagai manfaat seperti berikut:

  • Lebih mudah menyesuaikan diri dengan posisi tidur yang direkomendasikan untuk ibu hamil, yaitu posisi miring ke kiri
  • Leher, punggung, dan pinggul tetap sejajar saat tidur
  • Kaki tetap sejajar satu sama lain, sehingga tekanan di sekitar pinggul dan tulang kemaluan bisa berkurang
  • Sirkulasi darah lebih lancar
  • Terhindar dari risiko berguling telentang secara tidak sengaja saat tidur
  • Berkurangnya berbagai keluhan selama kehamilan, seperti mulas, hidung tersumbat, dan kram kaki

Jika berbicara tentang perlu atau tidaknya menggunakan bantal khusus ibu hamil, ini kembali lagi ke kebutuhan Bumil masing-masing, ya. Bumil sebenarnya juga bisa-bisa saja kok hanya menggunakan bantal biasa untuk menopang tubuh saat tidur selama hamil.

Namun kekurangannya, bantal biasa tidak dirancang untuk menyesuaikan lekuk tubuh wanita yang sedang hamil. Jadi, Bumil lebih berpotensi untuk mengalami sakit punggung, sakit panggul, kram kaki, bahkan mengalami insomnia, terlebih saat memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Maka dari itu, menggunakan bantal hamil selama kehamilan boleh saja jika Bumil memang membutuhkannya, sehingga kenyamanan Bumil saat tidur bisa lebih terjaga. Harga bantal hamil di pasaran juga bervariasi kok, jadi Bumil bisa sesuaikan biayanya dengan anggaran yang Bumil miliki.

Beragam Jenis Bantal Hamil

Meski secara umum manfaat bantal hamil memang sama, tetapi setiap jenis bantal hamil memiliki keistimewaannya masing-masing. Nah, apabila Bumil berminat membeli bantal hamil, yuk ketahui tiga jenis bantal hamil yang paling banyak tersedia di pasaran, yaitu:

1. Bantal hamil U-shaped

Seperti namanya, bantal hamil U-shaped berbentuk seperti huruf U. Umumnya, bantal hamil U-shaped memiliki ukuran sebesar tubuh seorang wanita dewasa, sebab bantal ini berguna untuk menopang seluruh badan, mulai dari kepala, leher, punggung, pinggul, kaki, dan tentu saja perut Bumil.

Bantal hamil jenis U-shaped dirancang untuk digunakan secara terbalik, yaitu dengan dasar huruf U untuk menyenderkan kepala, dan tubuh Bumil berada di tengah-tengahnya.

2. Bantal hamil C-shaped

Mirip dengan bantal hamil U-shaped, bantal jenis C-shaped juga berukuran besar dan mampu memeluk seluruh tubuh Bumil. Bantal jenis ini didesain untuk digunakan saat tidur dengan posisi menyamping, jadi sangat cocok untuk ibu hamil yang sudah memasuki trimester kedua dan ketiga.

Untuk menggunakannya, Bumil hanya perlu menyenderkan kepala di bagian atas bantal, dan tidur menyamping menghadap ke bagian bantal yang terbuka.

3. Bantal hamil wedges

Ini adalah jenis bantal hamil yang paling praktis, karena bentuknya cenderung kecil, sehingga lebih mudah juga untuk dipindakan. Jika dibandingkan dengan dua jenis bantal hamil sebelumnya, bantal hamil yang satu ini biasanya juga dipasarkan dengan harga yang lebih murah.

Bantal hamil wedges dirancang untuk menopang bagian tubuh yang ditargetkan saja, seperti pada area punggung, perut, atau di antara lutut. Cara menggunakannya juga mudah, yaitu dengan menyelipkan bantal hamil wedges di area yang Bumil inginkan, misalnya di bawah perut untuk meringankan beban saat Bumil tidur menyamping.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Bumil ketahui seputar bantal hamil. Apabila Bumil merasa membutuhkannya, tidak ada salahnya untuk membelinya, karena mengingat manfaatnya yang memang tidak sedikit.

Sebelum membelinya, Bumil juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar dokter bisa merekomendasikan jenis bantal hamil yang paling sesuai dengan kondisi Bumil.