Berenang saat hamil relatif aman untuk dilakukan. Berenang memiliki risiko cedera yang rendah karena gerakannya cenderung ringan dan tidak berisiko membuat ibu hamil terjatuh. Meski begitu, tetap ada aspek keamanan yang perlu diperhatikan saat berenang. Yuk, cari tahu di sini.

Berenang saat hamil merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Ini sangat perlu dilakukan agar tubuh tetap fit, baik untuk ibu maupun untuk janin dalam kandungan.

Ini Tips Aman dan Nyaman Berenang Saat Hamil - Alodokter

Berenang saat hamil dapat memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, meningkatkan kualitas tidur ibu hamil, serta mengurangi penumpukan cairan pada jaringan tubuh yang sering menyebabkan kaki ibu hamil bengkak.

Tips Aman Berenang Saat Hamil

Jika sudah terbiasa berenang sebelum hamil, Bumil bisa langsung melanjutkan kebiasaan tersebut ketika hamil. Namun, kalaupun Bumil belum terbiasa berenang, olahraga ini tetap aman untuk dilakukan, kok. Berikut ini adalah tips aman dan nyaman berenang saat hamil:

1. Gunakan baju renang yang nyaman

Selama kehamilan, bentuk dan ukuran tubuh Bumil akan mengalami perubahan. Maka dari itu, gunakanlah baju renang yang ukurannya pas dan nyaman dipakai agar Bumil tetap bisa bergerak dengan bebas saat berenang.

2. Perhatikan langkah di sekitar kolam renang

Risiko jatuh di dalam kolam renang memang hampir tidak ada, namun risiko jatuh di lantai sekitar kolam renang yang licin bisa jadi sangat tinggi. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat berjalan di sekitar kolam renang. Gunakan sepatu atau sandal yang tidak licin ketika hendak berjalan pada permukaan yang basah.

Hati-hati juga saat Bumil akan memasuki kolam renang. Sebaiknya hindari melompat karena bisa memberikan tekanan yang cukup besar pada perut dan berisiko pada kehamilan.

3. Gunakan tabir surya dengan kadar minimal SPF 30

Agar kulit Bumil tidak terbakar sinar matahari langsung, gunakanlah tabir surya dengan minimal kadar SPF 30. Lebih baik hindari juga berenang di atas jam 10.00 pagi hingga jam 16.00 sore karena pada waktu tersebut sinar matahari bisa sangat menyengat kulit.

Matahari pagi hari sebelum jam 10.00 cenderung lebih teduh dan tidak menyengat. Selain itu, berenang pada jam ini juga baik untuk mencegah mual dan menambah energi, terutama bagi ibu hamil pada kehamilan trimester pertama.

4. Lakukan peregangan otot dan pilih gaya renang yang nyaman

Agar otot-otot tidak kaget, lakukan peregangan otot sebelum dan sesudah berenang. Saat berenang, pilihlah gaya renang yang ringan dan nyaman agar tidak mencederai leher, bahu, atau otot bagian belakang. Gaya dada adalah pilihan terbaik yang bisa Bumil lakukan. Dengan gaya ini, Bumil tidak perlu repot-repot memutar tubuh atau perut.

5. Tetaplah terhidrasi

Cukupi konsumsi air mineral agar Bumil tidak mudah lemas dan kelelahan karena dehidrasi. Walau Bumil tidak merasa haus saat sedang berenang, sempatkan untuk beristirahat sejenak dan minum beberapa teguk air mineral.

6. Selalu didampingi saat berenang

Mintalah untuk selalu didampingi saat Bumil sedang berenang. Hal ini perlu agar jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu hal yang membahayakan kehamilan Bumil, ada orang lain yang siaga dan bisa membantu Bumil.

7. Perhatikan suhu air kolam renang

Bila hari sedang terlalu panas, suhu air kolam renang bisa meningkat. Suhu air kolam renang yang ideal untuk berenang adalah 27–33 derajat Celsius. Suhu di atas itu tergolong berisiko karena bisa membuat suhu tubuh Bumil jadi terlalu tinggi.

Salah satu hal yang paling ditakutkan oleh ibu hamil ketika berenang adalah kandungan klorin pada air kolam renang yang dapat membahayakan ibu dan janin. Kenyataannya,  hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan bahwa klorin pada air kolam renang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran.

Jadi, tidak perlu lagi takut untuk bererenang saat hamil, ya, Bumil. Bumil bisa melakukan olahraga renang dengan menerapkan tips-tips di atas. Jika otot terasa sakit atau mengencang saat berenang, Bumil mungkin mengalami kram otot. Segera keluar dari kolam renang dan beristirahatlah sejenak.

Beberapa kondisi kehamilan membuat ibu hamil harus membatasi aktivitas fisik demi menjaga kehamilan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Bumil ingin berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk berenang saat hamil.