Bayi 3 bulan umumnya sudah dapat meraih benda yang menarik perhatiannya. Selain itu, ia juga sudah bisa menggulingkan badannya saat berbaring. Melihat perkembangan bayi 3 bulan memang menyenangkan, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mencegah bahaya atau cedera.

Setelah melewati usia 2 bulan dan memasuki usia 3 bulan, tumbuh kembang bayi akan semakin terlihat, terutama dari berat badan dan tinggi badannya. Berat badan ideal untuk bayi 3 bulan adalah 5,1–7,9 kg untuk jenis kelamin laki-laki dan 4,6–7,4 kg untuk jenis kelamin perempuan.

Bayi 3 Bulan: Meraih Benda yang Menarik Perhatian - Alodokter

Selain itu, bayi berjenis kelamin laki-laki umumnya memiliki tinggi badan 57,6–65,3 cm. Sementara, bayi perempuan memiliki tinggi badan 55,8–63,8 cm. Kemampuan motoriknya pun kian berkembang dan ditandai dengan kemampuan untuk meraih benda di dekatnya.

Kemampuan Motorik Bayi 3 Bulan

Salah satu kemampuan motorik bayi 3 bulan adalah dapat menegakkan kepala dan dadanya ketika dalam posisi tengkurap. Posisi ini menjadi awal dirinya dapat membalikkan badan sendiri.

Selain itu, ada beberapa perkembangan motorik lain pada bayi 3 bulan, di antaranya:

Aktif bermain-main

Bayi 3 bulan sering kali menggunakan tangannya sendiri sebagai mainan pertamanya. Ia dapat mengamati dan memainkan jari-jarinya, menyatukan kedua tangan, membuka tutup jari-jarinya, serta memasukkannya ke mulut.

Koordinasi tangan dan mata terus berkembang

Orang tua bisa melatih bayi dengan memegang sebuah mainan dan melihat apakah ia bisa menjangkau mainan tersebut. Selain itu, bayi 3 bulan juga mampu menendang lebih kencang, karena sendi lutut dan panggulnya semakin fleksibel.

Bayi mulai dapat meraba dan merasakan berbagai permukaan kasar, halus, berbulu, atau berongga. Ia pun mulai bisa menggenggam benda. Pada saat inilah orang tua bisa memberikan berbagai macam mainan, seperti boneka lembut, mainan berbentuk cincin dari bahan plastik atau karet, dan mainan dengan bunyi.

Meski demikian, jauhkan bayi dari benda-benda yang berisiko membahayakan, misalnya benda berukuran kecil, memiliki sudut tajam, mudah pecah, dan berbahaya jika tertelan. Untuk mengantisipasinya, jangan tinggalkan bayi sendirian ketika sedang bermain dengan benda di sekelilingnya.

Kemampuan meniru

Bayi dapat meniru jika orang tua menjulurkan lidah atau mengeluarkan suara dari mulutnya. Pada tahap ini, orang tua dapat membimbing bayi agar lebih aktif bergerak.

Menjelang usia 4 bulan, orang tua mungkin akan terkejut karena bayi mulai berguling atau membalikkan badan sendiri.

Kemampuan Bicara Bayi 3 Bulan

Saat mendengar seseorang bicara, bayi 3 bulan biasanya langsung menatap mata orang yang berbicara dan bergumam seakan-akan ingin menjawab.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang sering diajak berbicara, nantinya akan memiliki kosakata lebih banyak dan IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang jarang diajak bicara.

Orang tua dapat mengajaknya bicara sambil menunjuk benda-benda yang ada di sekitar. Meski belum dapat dipahami oleh bayi, tetapi kata-kata itu akan terekam dalam ingatannya.

Kemampuan Sosial Bayi 3 Bulan

Seiring perkembangan otaknya, kemampuan bayi untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitar juga semakin berkembang. Berikut ini adalah beberapa perkembangan kemampuan sosial bayi usia 3 bulan:

  • Bayi mulai mengenali orang tua dan kerabat dekatnya. Ia pun mulai memilih dengan siapa ia mau berinteraksi.
  • Di tengah keramaian, bayi dapat mencari dan mengenali wajah orang-orang di sekelilingnya. Ia pun dapat tersenyum atau menggerak-gerakkan tangannya saat melihat orang yang dikenalnya datang.
  • Bayi mulai berceloteh dengan berusaha meniru suara dan ekspresi orang tua atau orang lain yang sedang mengajaknya bermain.
  • Bayi juga mulai tertarik untuk mengamati berbagai hal, termasuk bayi lain, binatang peliharaan, dan bahkan refleksi dirinya sendiri di cermin.

Dalam hal interaksi sosial, bayi akan merasa nyaman ketika orang tua memegang dan mendekapnya, terutama ketika ia sedang merasa terganggu, lelah, atau lapar. Dengan demikian, ia akan merasa aman dan dicintai.

Jadwal tidur bayi 3 bulan mulai terlihat lebih stabil. Sebagian bayi bahkan sudah dapat tidur tanpa terbangun sepanjang malam. Jam tidur bayi pun mulai sedikit berkurang, sehingga ia akan terjaga lebih lama dan memiliki lebih banyak waktu untuk bermain.

Hal-Hal yang Perlu Diwaspadai pada Bayi 3 Bulan

Kemampuannya bermain dan berinteraksi akan makin berkembang saat bayi berusia 3 bulan. Namun, orang tua perlu waspada bila bayi 3 bulan menunjukkan tanda-tanda berikut:

  • Tidak dapat menegakkan kepalanya
  • Tidak dapat memfokuskan penglihatannya ke objek tertentu
  • Tidak tersenyum
  • Tidak dapat menggenggam benda
  • Tidak merespons suara kencang

Bila hal tersebut dialami oleh Si Kecil, Anda disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter agar dapat dilakukan penanganan bila memang diperlukan. Dengan begitu, Si Kecil dapat tumbuh dan berkembang sesuai usianya.